--> Skip to main content

Tarif Intergrasi tol JORR terbaru september 2018

Om bro sudah tahu tentang planing dari Multilane Free Flow atau secara simplenya adalah transaksi tol menerus yang akan diberlakukan mulai tahun 2019 mendatang. Dan untuk menunjang planing MLFF tersebut mulai akhir september 2018 nanti ruas Jakarta Outer Ring Road (JORR) akan memberlakukan tarif terintegrasi om bro.


Tarif tol JORR setelah terintegrasi mulai akhir september 2018.
Tarif terintegrasi JORR

Yup gan, sepertiyang dilansir dalam Liputan6.com bahwa Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan bahwa penyamarataan tarif ini utamanya bertujuan meningkatkan standar pelayanan jalan tol, seperti kemantapan jalan, kecepatan tempuh, dan antrean transaksi tol. Untuk tahap sosialisasinya, bakal terus dilakukan sebelum peraturan resmi diberlakukan.

Nah kalo sudah terintegrasi transaksinya menjadi sistem terbuka, yang mana pengguna tol hanya melakukan transaksi pada gerbang tol masuk atau on-ramp payment. berbeda dengan sekarang yang menggunakan sistem tertutup yang artinya kita melakukan pembayaran 2-3 kali untuk jalur tol JORR sepanjang 76km yang ada 4 ruas tol dan dikelola oleh badan usaha jalan tol (BUJT) yang berbeda juga.

baca juga : hindari jalan tol Cikampek beberapa hari kedepan

Dengan transaksi terintegrasi seperti ini pengguna tol JORR jarak jauh akan diuntungkan dari perubahan tarif dibandingkan dengan pengguna tol jarak dekat karena untuk tarif Tarif rata-rata ruas tol tersebut dikalikan dengan penggunaan rata-rata jalan tol.  Sistem integrasi transaksi Tol JORR akan dilakukan mulai dari Seksi W1 (SS Penjaringan-Kebon Jeruk), Seksi W2 Utara (Kebon Jeruk-Ulujami), Seksi W2 Selatan (Ulujami-Pondok Pinang), Seksi S (Pondok Pinang-Taman Mini). Juga Seksi E1 (Taman Mini-Cikunir), Seksi E2 (Cikunir-Cakung), Seksi E3 (Cakung-Rorotan), Jalan Tol Akses Tanjung Priok (Rorotan-Kebon Bawang), dan Jalan Tol Ulujami-Pondok Aren.

Tarif Integrasi JORR

Penggunaan tol JORR sepanjang 76 km setelah integrasi akan dikenakan satu tarif, yaitu Rp 15 ribu untuk kendaraan golongan I, kendaraan golongan 2 dan 3 dikenakan tarif sama, yakni Rp 22.500, serta golongan 4 dan 5 juga membayar besaran tarif yang sama yakni Rp 30 ribu.

baca juga : jalur alternatif jika tol cikampek jakarta macet

Dan untuk kendaraan dari Simpang Susun Penjaringan yang menuju Tol Akses Pelabuhan Tanjung Priok, golongan I membayar sebesar Rp 34 ribu, sedangkan kendaraan golongan V sebesar Rp 94.500. Dengan pemberlakuan integrasi JORR, akan terdapat penurunan tarif tol, yaitu tarif golongan I turun sebesar Rp 19 ribu, sedangkan golongan V turun sebesar Rp 64.500.

Tapi untuk pengguna jalan tol ruas Ulujami-Pondok Aren dari Bintaro Viaduct menuju Bintaro tetap membayar tarif tol Ulujami-Pondok Aren sebesar Rp 3 ribu untuk golongan I. Adapun ruas tol Ulujami-Pondok Aren yang menuju Ulujami dikenakan tarif Rp 15 ribu, atau naik Rp 2.500 dari yang saat ini sebesar Rp 12.500.
 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar