Skip to main content

Menjelang Musim Hujan, Pastikan "Wiper" Bekerja Optimal. Inilah 5 hal yang harus di cek sebelum musim hujan

Semalam baru saja hujan untuk daerah Cikarang dan sekitarnya, sepertinya musim hujan akan segera datang. Bagi pengedara roda 4 masuknya musim hujan juga harus waspada dengan kondisi kendaraan kita terutama untuk bagian wipper dan komponennya, terlebih musim panas tahun ini juga cukup panjang.

Wipper adalah perangkat wajib yang harus nyala dan normal ketika berkendara saat hujan. Tanpa wipper kita tidak bisa melihat kedepan dengan jelas dan ini jelas sangat berbahaya untuk diri kita sendiri dan lingkungan sekitarnya. Bisa-bisa kita nabrak kendaraan didepannya.


Cara cek kualitas wiper mobil anda
Cara cek kualitas wiper mobil anda

Lamanya musim panas bisa saja membuat karet wipper ini mengeras dan sapuan kepada kaca mobil menjadi tidak maksimal. Cara pengecekan apakah karet wipper masih bagus atau tidak  yaitu dengan cara pertama dengan memperhatikan apakah ada bunyi decitan yang keluar saat wiper mulai menyapu, bila iya besar kemungkinan karetnya sudah mengeras. Kita coba saja dengan menyemprotkan air wipper dan menyapunya, jika harusnya bersih dana goresan-goresan air bisa jadi karet wipper ini masih bagus. Namun jika terdapat goresan-goresn air lebih baik ganti saja. Selain untuk pandangan yang kurang jelas, kondisi karet wipper yang keras juga akan membuat kaca mobil kita baret dan meninggalkan bekas.

Selain cek karet wipper, jangan lupa kita juga cek lubang untuk menyeprot air wipper. Biasanya karena musim kemarau lama dan kita tidak pernah menggunakannya debu-debu akan masuk dan menyumbat saluran airnya. Jika ternyata tidak berfungsi bisa kita bersihkan mulai dari selang saluran yang dari motor pompa wipper dibagian mesin. Kita lepaskan dulu selang-selangnya sekalian kita bersihkan. Untuk nozle nya kita coba semprot menggunakan angin kompressor atau air bertekanan.

Motor wipper juga harus di cek. Jangan sampai nanti pas kita sedang jalan dan tiba-tiba hujan ternyata motor wippernya mati, alhasil wipper kita tidak berfungsi. Motor pompa yang tidak berfungsi juga bukan karena rusak saja, bisa jadi karena kabelnya yang putus karena digigit tikus.

Jadi, untuk menjelang musim hujan langkah-langkah yang harus kita cek pada wipper mobil kita adalah :
1. Cek tangki penyimpanan air wipper, apakah masih ada air cadangannya atau tidak. kalaupun masih ada lebih baik ganti, karena air yang ada disana mungkin sudah terlalu lama dan sudah mengandung lumut atau jamur yang akan mengotori kaca mobil kita.
2. Cek selang-selangnya. Pastikan tidak ada kotoran yang menyumbat atau bahkan selangnya bocor karena terlalu lama tidak dipakai atau di gerogoti tikus.
4. Cek nozle. Jika terjadi penyumbatan bisa kita lepas dan kita bersihkan dengan menyeprotnya dengan angin kompressor atau mencucinya dengan air sabun.
5. Cek karet wipper. Bagian ini juga sama pentingnya karena jika rusak pandangan kita menjadi kabur dan harus berhenti untuk melanjutkan perjalanan.

Umur karet wipper sendiri optimalnya adalah 2 tahun pemakaiannya bahkan bisa kurang tergantung kualitasnya.


Harga karet wiper di toko online
Harga karet wiper di toko online

Untuk harga karet wipper sendiri beragam ya, saya pernah beli untuk Livina saya di toko online harganya mulai dari 40 ribuan dengan berbagai merek dan ukuran. Harga ini jelas lebih murah dibandingkan dengan kita membeli di toko offline walaupun setelah di tambah ongkos kirim.
So, sebelum musim hujan ayo kita cek wipper kita masing-masing.
 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar