Skip to main content

Dieng semakin dingin. Solar dalam mobil hingga beku.

Solar membeku di puncak dieng
Solar membeku di puncak dieng
Puncak dieng semakin dingin, namun menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan yang penasaran dengan salju disana. Update suhu hari ini 21 juni mencapai minus 3 derajat, tanaman mulai bekudan bahkan bbm dalam mobil berbahan bakar solar juga ikutan beku.

Berikut saya kutip dari otomania.com yang menyebutkan solar di puncak dieng sampai beku karena dinginnya.

BANJARNEGARA - Selain terkenal keindahan objek wisatanya, dataran tinggi Dieng rupanya menyimpan banyak keunikan dan hal langka.

Salah satunya, Fenomena bun upas atau membekunya embun yang terjadi sampai berkali-kali di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah, beberapa waktu belakangan.

Fenomena alam tersebut terjadi akibat rendahnya suhu pada suatu wilayah yang mengakibatkan embun membeku.

Permukaan benda hingga hamparan rerumputan hijau berubah memutih layaknya salju di negeri empat musim. Air dalam pipa untuk pengairan lahan kentang pun bisa macet karena membeku menjadi serupa es batu.

Walaupun demikian, fenomena alam langka tersebut merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke tempat tersebut.

Namun hal tersebut bisa menjadi hal yang kurang baik bagi kendaraan anda. Mobil-mobil para wisatawan yang datang ke komplek Candi Arjuna, Banjarnegara, Jawa Tengah mengalami macet masal khususnya kendaraan bermesin diesel, beberapa hari ini.

Hal tersebut terjadi akibat dari solar yang menjadi bahan bakar dari mobil tersebut membeku akibat ekstrimnya suhu dataran tinggi Dieng pada saat itu yang bahkan mencapai minus 2 derajat celcius.

Fortuna Dyah Setyowati, warga Desa Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, mengungkapkan fenomena yang terjadi beberapa hari ini memang tidak biasa. Ia menjelaskan embun es yang terjadi berbeda dari sebelumnya. "Lebih tebal ya dibandingkan yang kemarin dan hari Senin. Areanya juga lebih luas," jelas Fortuna.
 Ternyata, suhu di bawah titik beku itu bukan hanya membuat air membeku. Bahan bakar minyak (BBM), solar yang tersembunyi dalam tangki mobil pun bisa ikut membeku jika diparkir di area yang diselimuti es.

Bagi wisatawan luar kota yang baru sekali menjumpai fenomena itu. Jelas mereka akan merasa panik dan bingung akan kejadian yang baru kali ini mereka rasakan.

Tak hanya wisatawan yang berada di komplek Candi Arjuna, pengalaman serupa dialami sejumlah wisatawan yang menginap di homestay kawasan Dieng.

Fortuna yang juga pemilik homestay Green Savannah ini mengatakan, beberapa kendaraan tamunya mogok karena solar membeku. "Agak beku, jadi gak bisa mengalir (solarnya)," paparnya.

Artikel dikutip dari otomania.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar