--> Skip to main content

7 manfaat kurma yang harus diketahui banyak orang.

Kurma seperti menjadi makanan wajib ada dibulan Ramadhan, padhal sepanjang tahun juga banyak yang jualan kurma. Tapi di bulan Ramadhan penjualnya lebih banyak dan pembelinya juga lebih banyak, bahkan bisa meningkat hingga beberapa kali lipat.

Sebenarnya apa sih manfaat dari buah kurma tersebut?

Berikut 7 manfaat kurma yang baik untuk kesehatan, dikutip dari Healthline:

1. Bergizi
Kurma merupakan buah yang kaya akan gizi. Buah ini mengandung beberapa vitamin, salah satunya B6. Selain itu kurma juga mengandung mineral, serat dan juga antioksidan yang baik untuk tubuh.

2. Kaya akan serat
Kurma mengandung banyak serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Satu kurma diketahui mengandung tujuh gram serat. Kandungan serat dalam kurma dapat bermanfaat mencegah sembelit, serta melancarkan buang air besar (BAB).

3. Tinggi kandungan antioksidan
Dibandingkan buah lain, kurma mengandung beberapa jenis antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari penyakit. Tiga jenis antioksidan yang terdapat di dalam kurma, di antanya flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik. Ketiganya diyakini dapat menangkal dan mengurangi penyakit kronis, seperti diabetes, alzheimer, jantung, kanker hingga diabetes.

4. Cegah penyakit alzheimer
Sebuah studi menemukan bahwa kurma bermanfaat untuk menurunkan penanda inflamasi, seperti interleukin (IL-6) di otak. Kandungan flavonoid pada kurma ini dikenal dapat meningkatkan kesehatan pada otak dan mengurangi peradangan serta mencegah penyakit alzheimer.

5. Membantu persalinan pada wanita
Mengkonsumsi kurma pada masa kehamilan dapat meningkatkan dilatasi serviks dan membantu persalinan pada wanita. Kurma mengandung tanin, senyawa yang terbukti membantu memfasilitasi wanita saat mulai kontraksi dan membantu persalinan.

6. Pemanis alami yang baik
Kurma mengandung fruktosa, yang merupakan jenis gula alami yang ditemukan dalam buah. Rasa manis dalam kurma dapat menjadi pemanis alami yang sehat dibandingkan gula putih.

7. Tingkatkan kesehatan tulang
Kandungan beberapa mineral dalam kurma, seperti fosfor, kalium, kalsium dan magnesium dapat meningkatkan kesehatan tulang. Kandungan ini bermanfaat dapat mencegah osteoporosis pada tulang.

Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar