Skip to main content

Ciri-ciri karet wiper mobil rusak

Wiper adalah piranti mobil yang digunakan disaat musim hujan saja. Disaat musim kemarau tentu kita tidak menggunakan wiper sesering saat musim hujan. Dan, karena tidak digunakan dalam waktu lama biasanya saat datang musim hujan maka karetnya sudah tidak bagus lagi dan sapuan pada kaca menjadi kurang baik bahkan menimbulkan goresan halus pada kaca mobilnya.

tips mengetahui kondisi wiper mobil yang rusak
tips mengetahui kondisi wiper mobil yang rusak - kompas.com

Walaupun kondisinya terlihat baik, namun kita harus memperhatikan beberapa hal yang menjadi ciri dari rusaknya wiper pada mobil kita, karena salah-salah dan luput dari perhatian maka kualitas pandangan kita menjadi korbannya.

Berikut tanda-tanda karet wiper sudah rusak:

Suara berisik
Karet wiper yang kondisinya masih bagus tidak akan mengeluarkan suara saat dinyalakan. Hal ini karena karetnya masih lentur sehingga bisa bekerja dengan optimal saat digunakan. Dan ketika karet wiper sudah mengeras maka akan menimbulkan bunyi antara karet dengan kaca.

Tidak sempurna menyeka air
Wiper mempunyai tugas yang sangat penting dalam memberikan visibilitas kepada pengemudi saat berkendara dalam kondisi hujan. Penyeka kaca yang kondisinya masih bagus akan bekerja dengan sempurna dalam membersihkan air pada kaca, baik bagian depan maupun belakang. Tetapi, jika saat digunakan wiper sudah tidak bisa menyeka air dengan sempurna hal itu menjadi salah satu tanda
karet sudah waktunya diganti.
Dengan tidak sempurnanya sapuan dari karet wiper tentu pandangan juga akan terganggu dan ini sangat berbahaya ketika kita dalam kondisi berkendara di saat hujan.

Gerakannya tidak lancar
Wiper bekerja dengan cara bergerak dari kanan ke kiri atau sebaliknya. Jika karet dalam kondisi masih bagus, gerakan ini akan terasa lancar. Tetapi, jika karet sudah keras atau sudah tidak bagus lagi maka saat wiper dinyalakan gerakannya saat menyapu air tidak akan lancar atau tersendat-sendat.
Jika dirasakan artikel ini bermanfaat untuk semuanya, silahkan share di media sosial anda agar orang-orang terdekat anda mengetahui informasi ini.
Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar