Skip to main content

Mini bermesin Agya viral di sosial media, ini spesifikasinya.

Mobil mini memang sedang naik daun lagi sejak mobilnya Andre Taulany yang di beli oleh Rafi ahmad seharga 700 juta. Dan sejak itu harga mini menjadi semakin mahal. Dan sekarang sedang viral juga sebuah mini yang menggunakan logo Toyota dan ternyata juga menggunakan mesin Toyota Agya.
Mini bermesin Agya
Mini bermesin Agya

Saking viralnya ini mini akhirnya banyak diliput oleh youtuber otomotif seperti om mobi, Handika pratama, dan bukan tidak mungkin yang lain juga akan ikutan mereview mobil mini transgender ini seperti om fitria dan om hanif.


Menurut hasil review di youtube om mobi bahwa ini mini 100% menggunakan body mini. Dimulai dari depan grill dan lampu-lampu menggunakan punya mini tapi untuk bagian depannya ada yang sedikit berbeda yakni untuk kap mesinnya lebih panjang dari punya mini sekitar 10 cm karena untuk menyesuaikan mesin dan boster rem milik Agya.

Mesin

mesin mini Agya masih original
mesin mini Agya masih original

Untuk mesin yang dipakai di mini ini adalah Toyota agya tahun 2014 nomor rangka dan mesin masih sesuai dengan Toyota Agya hanya bodynya saja yang menggunakan body mini lengkap dengan transmisi metiknya.

Kabel body juga punya Agya hanya menyesuaikan saja untuk jalurnya termasuk untuk lampu-lampu depan dan belakang.

Body.

Melihat bagian sampingnya ternyata ada penambahan fender yang cukup lebar dari standarnya mini. Hal ini dikarenakan untuk urusan kaki-kaki masih original dari Agya, jadi harus menyesuaikan dengan penambahan fender agar ban tertutup. Bahkan untuk Sokbreaker depan juga disesuaikan dengan lubang dibagian atas fender untuk bautnya.
mini bermesin agya
perbedaan dimensi Agya dan mini akhirnya harus dipotong 20cm.

Panjang body Agya dan mini yang berbeda juga membuatnya harus dipendekan sekitar 20cm agar body mini bisa dipasang di sasis dari Agya tahun 2014 ini.
mini bermesin agya
bagai mini bermesin agya

Sekarang untuk bagian belakang ternyata untuk membuka bagasi membutuhkan kunci mini dan semuanya memang punya mini bentuknya. Namun untuk kapasitas tangki yang standarnya 30 liter dipangkas sekitar 10 liter menjadi 20 liter dan inipun harus disesuaikan dengan indikator bensin di dashboard. Jadi tidak akan terjadi mis antara kondisi bensin aktual dengan di indikator dashboard.

Bagian atas tidak ada yang berubah karena memang bodynya milik mini dan tidak ada perubahan untuk sisi atasnya.

Interior

mini bermesin toyota agya
dashboard mini masih menggunakan punya agya

Untuk Interiornya juga harus menyesuaikan antara bawaan agya dengan bentuk body mini. Bangku bawaan agya masih dipakai hanya di trim ulang agar terlihat seperti klasik. Stir dan panel wipper dan lampu masih menggunakan punya Agya. Lalu untuk indikator speed dan sebagainya menggunakan panel speedometer asli Agya namun di simpan di tengah mirip dengan posisi aslinya punya mini. Kisi AC menggunakan universal agar terlihat lebih klasik.

Transmisi metik dari agya juga tersemat rapih dengan konsolbox dan rem tangan juga punya agya, memang jago ini yang bikin mobil.

mini bermesin agya
Jok belakang mini bermesin agya

Interior bagian belakang ada sedikit berbeda dari mini karena joknya terlihat lebih tinggi karena menyesuaikan tangki bensin yang dipasang dibagian belakang.

Menurut om Mobi sendiri bahwa mobil ini nyaman dan lebih enak dari mini asli, bahkan untuk remnya juga lebih pakem dari punya mini. Responsif dari mini ini juga berbeda dengan mini asli, mungkin karena mesinnya tergolong baru.

Biaya buat.

Om mobil coba kulik kepada om Hans sebagai buildernya mengenai biaya untuk modifikasi ini mini. Dan jawaban dari om hand sendiri menyebutkan bahwa biaya sekitar 3 mobil agya atau sekitar 200 jutaan lebih. Lumayan juga ya biayanya.

tonton videonya di chanel om mobi yang upload kemarin kamis 30 april 2020 atau di link ini https://www.youtube.com/watch?v=t55sk9JPOk4.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar