--> Skip to main content

Hati-hati membeli aki mobil baru, cek hal ini sebelum fatal.

Saat mobil tidak bisa menyala karena aki yang sudah Soak maka hal yang akan kita lakukan adalah menggantinya dengan aku yang baru. Namun saat mengganti aki jangan lupa untuk memperhatikan beberapa hal penting.

Walaupun secara visual bentuk nya sama, tapi padahal tidak sama secara spesifikasi dan kalau salah pasang akan berakibat fatal untuk mobil kita.

Yuk kita simak hal apa saja yang harus diperhatikan ketika kita mengganti aki mobil baru.

1. Kepala aki.
Kepala aki apakah sama besarnya, biasanya karena ga ngeuh hanya lihat ukuran ampere aki dan dimensi ukuran kepala aki juga lupa dilihat. Pas mau dipasang ternyata beda ukuran besar kecilnya. Yang mana akhirnya harus membeli konektor kepala aki baru untuk menyesuaikan ukuran kepala aki.

2. Letak kutub.
Seperti foto diatas yang terlihat sama, tapi ketika kita perhatikan ternyata letak kutub + dan - nya beda. Hal ini kalau tidak kita perhatikan bisa berakibat rusaknya komponen elektrikal pada mobil kita, dan parah-parahnya ECU akan ikut rusak.
Untuk hal ini bisa dilihat dari kode akinya.

Nah, semoga w hal penting ketika kita ganti aki ini bisa bermanfaat dan jangan sampai kita mengeluarkan uang lebih akibat kesalahan fatal karena salah pasang aki mobil baru.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar