--> Skip to main content

Permasalahan dan penyelesaian masalah pada Daihatsu Zebra atau Espass.

Mempunyai mobil tua tentu harus mengetahui permasalahan yang mungkin saja terjadi pada mobil kita, minimal secara teori kita paham apa dan bagaimana menyelesaikannya.

Pertanyaan dan jawaban ini juga saya ambil dari web daihatsu zebra https://www.daihatsuzebra.web.id/2016/11/permasalahan-pada-daihatsu-zebra.html

Permasalahan dan penyelesaian masalah pada Daihatsu Zebra atau Espass.
Permasalahan dan penyelesaian masalah pada Daihatsu Zebra atau Espass.

Silahkan di simak 9 permasalah umum dan cara menyelesaikannya tentang mobil daihatsu zebra atau espass dibawah ini. Mungkin akan bermanfaat untuk anda.


1. kenapa kalau pakai rem booster bila saya injak rem terlalu dalam mobil tiba2 berhenti dadakan yaaa... apakah perlu di setel lagi atau ganti dengan rem yang biasa?

jawab : Remnya perlu distel, khususnya pada batang penekan klep pada boster. 


2. Kenapa pada saat perpindahan dari gigi 1 ke 2 agak keras, sedangkan perpindahan gigi 3 ke 4 halus... apakah bisa disetel atau diganti .


jawab : soal masuk ke gigi 1 dan dua susah, kemungkinan karena koplingnya kurang free, bisa coba stel freeplay kopling. Kalau juga tidak berhasil, mungkin perlu ganti kopling set termasuk mataharinya.


3. kalau di hidupin dari knalpot keluar asap putih di sertai ada bau terbakar, tapi lama-lama hilang itu asap..di dalam mobil ada bau bensin.

jawab : Coba lakukan test kompesi untuk tahu apakah kompresinya masi bagus. Karena asap bisa disebabkan oleh ring sudah aus. Bau bensin juga bisa disebabkan oleh kebanyak bensin, maka perlu stel nedle valve pada karbuarator.


4. kalau mobil sudah jalan(mesin sudah panas) lampu indikator oli kembali hidup, tapi kalau pedal gas di injak, indikator oli kembali mati.

jawab : mungkin switch oli pada blok mesin minta diganti baru.


5. Apakah PCV zebra bisa dibersihkan?

jawab : PCV berfungsi sebagai klep, yang pada RPM rendah terbuka dan RPM tinggi tertutup. PCV menyarurkan uap dari ruang oli untuk menambah jumlah bahan bakar ke karburator. Kalau pada RPM tinggi PCV terbukan, maka akan menyebabkan oli terisap ke raburator dan mengakibatkan emisi gas buang diatas ambang batas, hingga berasap putih. Kalau menyatu dengan mesin dan tidak bisa di bersihkan atau diganti, bisa pasang tambahan PCV mobil lain, karena fungsinya sama.


6. Bagaimana kalau salah pasang aki? kutub +- tertukar.

jawab : pada mobil biasanya ada sikring induk dan itu akan mengamankan kelistrikan mobil secara total. Silahkan cek dulu sikringnya.


7. cdi apa yang cocok kedalam Mobil daihatsu astrea 1994.

jawab : Bisa menggunakan merek Denso.  Sementar belum ganti sebelum ganti CDI, coba stel campuran ideal udara dan bensin di sekrup mixer.


8. Zebra saya tidak bisa nanjak.

jawab : silahkan di tune up terlebih dahulu, atau bisa jadi kampas kopling sudah mulai tipis.


9. Kenapa oli mesin zebra selalu berkurang?

jawab : Persiapkan dana untuk turun mesin, bisa jadi ring piston sudah mulai aus.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar