--> Skip to main content

Tips menghindari mobil mogok saat melewati rel kereta api.

Masih ingat kejadian metromini yang tertabrak kereta api yang menimbulkan korban jiwa hingga belasan orang di Jakarta Utara? Kasus tertabraknya metromini bukanlah kasus yang pertama. Sudah banyak kasus matinya kendaraan yang mati mesin di rel kereta api, dan sudah bayak juga korban jiwa dan harta yang hilang karena kasus matinya mesin ketika melewati rel.
mobil tertabrak kereta

Pada dasarnya kecelakaan tertabraknya mobil oleh kereta api ini adalah karena kelalaai pengendara itu sendiri. Banyak yang menerobos palang pintu kereta dan akhirnya tertabrak kereta.

Namun kasus matinya mesin ketika melewati rel kereta api ini banyak yang menyangka karena hal gaib. hehehe Padahal matinya mesin ini karena adanya arus magnet dari gesekan ban kereta dengan rel yang menggangu putaran mesin.

Pertanyaannya, apa yang harus dilakukan jika mobil mengalami mogok di rel kereta api?

Seperti dilansir AstraWorld, sebaiknya jangan panik dan tetap mengutamakan keselamatan. Kalau masih ada waktu, cobalah men-starter ulang sampai mesin mobil kembali bekerja.

Namun, jika cara ini tidak berhasil dan mesin mobil tetap tidak bisa dihidupkan, minta semua penumpang untuk keluar dari mobil. Selanjutnya, minta bantuan untuk mendorong mobil hingga ke posisi aman di luar jalur kereta.

Khusus untuk mobil bertransmisi manual, ada alternatif lain agar mobil yang mogok di perlintasan kereta tetap dapat bergerak. Caranya, pindahkan perseneling ke gigi satu, lalu starter tanpa menginjak pedal kopling.

Mobil akan dapat bergerak akibat putaran dinamo starter. Cara ini sebaiknya dilakukan hanya pada kondisi darurat saja.

Semoga berguna om bro.
Cmiww
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
WA only : 0813822BLAZER (39343)
BBM : 53FB5271
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar