Skip to main content

Mobil terendam banjir? Lakukan hal ini untuk mengamankan mobil anda.

mobil terendam
Musim hujan sudah datang, dan setiap hari selalu saja hujan besar atau kecil yang kadang membuat was-was akan hadirnya bencana banjir. Banjir sekarang tidak selalu ditempat yang menjadi langganan bencana banjir, tapi kadang lokasi yang bukan langganan banjir pun terkena dampak banjir juga.

Ketika banjir tentu ada dampak kerugian yang akan diderita banyak orang. Termasuk kerugian karena kendaraan terendam banjir. Nah ketika mobil kita sudah tidak bisa keluar dari lokasi banjir dan terpaksa terendam, ada baiknya ikut langkah berikut untuk mengamankan kerusakan lebih banyak terhadap mobil anda.

Hal ini diungkapkan Wawan, salah satu teknisi sebuah bengkel yang ada di daerah Ciputat. Wawan menyarankan para pemilik mobil yang menjadi korban banjir segera melakukan langkah-langkah pencegahan sehingga tak akan terjadi hal yang tak diinginkan.

1. Segera lepaskan kabel negatif pada aki. Hal ini dilakukan bertujuan untuk menghindari arus pendek yang tentunya dapat merusak komponen lainnya.

2. Segera nonaktifkan rem parkir dan gunakan batu atau bisa juga dengan memasukkan perseneling ke gigi 1 atau posisi P untuk kendaraan matik. Hal ini dilakukan untuk menghindari kanvas rem melekat, terutama untuk mobil yang masih menggunakan rem tromol.

3. Cek semua oli atau minyak pelumas baik yang ada di mesin, transmisi atau di beberapa bagian mobil lainnya. Hal ini dilakukan karena oli berpotensi bercampur air. Dianjurkan segera kuras oli dan ganti yang baru.

4. Terakhir,  jika kendaraan sudah mulai memungkinkan untuk dikendarai maka segera dibawa ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan secara menyeluruh.

Nah, jika tips ini dilakukan tentu kerusakan parah akibat terendam banjir dapat diminimalisir.

Sumber : mang Wawan dari berita Vivanews.com
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
WA only : 0813822BLAZER (39343)
BBM : 53FB5271
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar