--> Skip to main content

Cara kerja alternator, sistem dan bagian-bagiannya

Hello om bro.
Jika diibaratkan dengan handphone mungkin alternator ini adalah chargernya. Nah untuk lebih jelasnya mengenai sistem alternator kita perhatikan dulu sistem kerja dari Alternator itu sendiri.
alternator

Kunci kontak dialiri arus listrik (+) pada saat posisi ON
Lampu indikator menyala menandakan adanya arus dari battery (aki) ke alternator (saat ini alternator bersifat sebagai groound karena belum bekerja mensuply arus listrik ke accu.

Pada saat mesin dihidupkan, maka alternator akan berkerja untuk menggantikan fungsi aki – lampu indikator mati karena sekarang alternator bekerja dan menghasilkan arus listrik.

Perhatikan lampu CHG untuk mengetahui apakah alternator bekerja atau tidak. Bila lampu CHG menyala pada saat mesin hidup berarti alternator tidak bekerja.. segera periksa kerusakan ini, karena bila tidak mobil dapat mogok dijalan karena kehabisan setrum

Cek Alternator sebelum Ganti Accu
Untuk anda yang punya masalah dengan sistem kelistrikan mobil ada baiknya membaca artikel berikut ini. tips ini IndoBlazer berikan agar mudah bagi para pemula untuk mengecek sendiri sistem kelistrikannya
masalah alternator biasanya berhubungan dengan sistem pengisian accu, ditandai dengan lampu CHG menyala merah, atau ada indikator di dashboard dengan gambar battery yang menyala “pada saat mesin hidup”
nah untuk mengetahui apakah benar alternator anda bermasalah berikut caranya :

1. hidupkan mesin mobil anda, biarkan menyala beberapa saat agar idle
2. buka kap mesin mobil anda dan lihat letak accu anda
3. lepas terminal negatif (-) kemudian lihat apa yang terjadi

berikut catatannya
- Bila mesin masih hidup berarti alternator anda melakukan pengisian ke accu, namun perlu dicatat juga bila indikator CHG anda masih menyala berarti alternator mengalami “overcharging” kelebihan arus listrik, segera periksakan alternator anda pada ahlinya
- Bila mesin mobil anda mati berarti alternator anda tidak melakukan pengisian ke accu, klo udah begini coba anda periksa sekringnya biasanya ada rumah sekring yang bertuliskan CHG atau ALT, ganti klo putus, bila sekring dalam keadaan baik, kemungkinan yang lain adalah kullbrush abis, kemungkinan kumparan rusak, atau regulator rusak selalu cek dari yang paling terdekat yaitu sekring !
alternator

Alternator
Alternator adalah perangkat penting pada kendaraan anda..
Alternator berfungsi untuk mensuply arus listrik untuk keperluan kendaraan anda. Battery mobil tidak akan mampu mensuply arus listrik sendirian. Sifat battery (accu atau aki) adalah sebagai penampung arus listrik yang dihasilkan oleh alternator. Alternator akan mengisi arus ke battery bila diperlukan, tugas ini dipegang oleh regulator (jaman dulu masih pake sistem “ketot” istilah orang bengkel jaman doeloe).

Semoga berguna
 
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
WA only : 0813822BLAZER (39343)
BBM : 53FB5271
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar