Skip to main content

Alarm mobil dan kerusakannya

Alarm adalah salah satu alat keamanan mobil yang saat ini sudah banyak dipakai di mobil-mobil baru. Untuk mobil lama yang belum menggunakan alarm bisa juga menggunakan alarm aftermarket yang dijual bebas. Harga ga mahal kok, palingan 300-500 ribuan saja sekalian dengan pasangnya. Nah kali ini juga saya akan memberikan informasi mengenai Alarm Remote Control yang ada pada mobil.

Dibawah ini adalah gambar Wiring Standard dari alarm mobil pada umumnya, hanya mungkin ada sedikit perbedaan warna kabel.
Ada beberapa kerusakan alarm mobil diantaranya :
- Tidak mau membuka dan menutup melalui remote control, yang perlu di cek adalah kondisi battery remote dan frequensi dari receiver dan remote harus sama (bisa disetting).
- Pintu mau ngelock, selang beberapa detik terbuka kembali, biasanya kasus seperti ini ada masa dari switch pintu yang masih terhubung,padahal pintu sudah tertutup semua.
-Alarm tidak bisa berfungsi, dibuka manual bunyi meraung raung, jangan panik, bisa mengamankannya dengan mencabut fuse positif yang ke modul, baru kemudian diamankan dan di reset ulang.
-Alarm tidak berfungsi apabila berada di daerah yang bertegangan listrik tinggi atau tegangan dengan frequensi yang kuat, kunci saja secara manual.
-Hindari modul atau kunci remote dari tetesan air,benturan,panas yang berlebihan, dapat mengganggu sistim electronicnya yang menyebabkan alarm jadi error.
Apabila alarm sudah cukup berumur dan sering error, gantilah dengan yang baru, demi untuk kenyamanan dan keamanan, hindari stroke akibat alarm mobil tidak berfungsi.
skema-alarm-mobil
skema alarm mobil

dari gambar skema itu cuma dua kabel yang ke central doorlocking, hubungkan ke relay door lock blazer A dan F untuk lock dan unlock.
relay_alarm
relay alarm

Tambahin skema modul alarm universal + fitur trunk release (kaca bagasi) + jendela nutup otomatis kalo kelupaan. (relay needed)
alarm_otomatis_tertutup
skema alarm jendela otomatis tertutup
alarm_jendela_otomatis
skema alarm jendela otomatis tertutup

Semoga berguna.

Sumber : Forum Blazer Indonesia postingan om Baracuda
gambar :
skema dari FBI
skema universal : om Jakarta AutoAccessories Bandar Hid
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar