28 January 2016

Kupas tuntas Yamaha Nmax, Mesin, Harga, Masalah, Tips, Komparasi, Simulasi Kredit dan semua soal Yamaha Nmax.

Hello om bro, setelah hampir setengah tahun merancah aspal Indonesia, Yamaha NMax sepertinya masih menjadi primadona untuk semua kalangan pecinta motor matic. Group Facebook juga ramai terus, belum lagi chapter-chapter baru club Nmax ini seperti belum layu dan terus berkembang. Hampir setiap kota atau kabupaten bahkan kecamatan mempunyai club motor gambot keluaran Yamaha ini.

IndoBlazer sendiri sih naksir abis dengan desain premiumnya, walaupun dulu pernah naksir dengan Honda PCX, tapi karena mahal dan indent lama akhirnya Yamaha NMax menjadi taksian (walau sampe detik ini belum nongkrong di rumah).

mari kita ulas habis mengenai Yamaha NMax sampe akar dan permasalahannya.
Kita mulai dari basicnya Yamaha Nmax. Yamaha NMAX merupakan motor skutik terbaru Yamaha yang hadir dengan mengusung teknologi VVA (Variable Valves Actuation) yang pertama kali diterapkan pada motor di dunia, dan motor matik pertama di pasar motor  ASEAN yang dilengkapi dengan sistem ABS (Anti-lock Brake System) yang diadopsi dari moge Yamaha.

All New Yamaha NMAX

Selain itu, All New Yamaha NMAX juga dibekali dengan fitur-fitur berkelas seperti rear disc brake, 4 valve, dan fuel digital speedometer yang dapat menunjukkan instant fuel consumption (real time) dan average fuel consumption (rata-rata). Dan hanya ada dua motor Yamaha Indonesia yang memiliki speedometer seperti itu yaitu di Yamaha R25 dan Yamaha NMAX. Speedometer NMAX juga dilengkapi MID (Multi Information Display) dengan fitur terbarunya Oil Trip Meter yang berfungsi menunjukkan jarak yang telah dicapai saat indikator bahan bakar di sebelah kanan speedometer telah berkedip dan V-Belt Trip yang berfungsi menginformasikan jarak pemakaian V-Belt CVT. Berikut fitur – fitur unggulan Yamaha NMAX

Cmiww kan tuh speknya, sport matic abis dan kita lanjutkan mengenai arti dari MAX itu sendiri :

MAX Series Desain : Desain Maxi style terinspirasi dari TMAX. Dilengkapi lampu LED, seat handle alumunium & fuel digital speedometer
MAX Performance : Inovasi terkini Yamaha, High Tech Blue Core Engine, VVA (Variable Valves Actuation), 4 valve, Radiator, CVT, Diasil Cylinder & Forged Piston.
MAXimum Control : Kombinasi Maxi Style (Big Body Size) dan Compact Scooter (akses mudah, ban lebar & posisi berkendara yang nyaman)
MAXimum Safety : Keamanan maksimum dari teknologi ABS (matic pertama di Indonesia yang menggunakan ABS) dan Disk Brake.
MAX Value : The Ultimate Sports Matic yang layak untuk dimiliki dengan harga yang sama dengan motor sport yang memiliki high teknologi dan fitur lengkap.

Yamaha NMAX dibekali dengan mesin berkapasitas 155 cc fuel injection, single cylinder, 4 Langkah, SOHC, berpendingin cairan yang mampu memuntahkan tenaga mencapai 11.1 kW pada 8000 rpm dengan torsi 14.4 Nm/6000 rpm.

Nah karena basicnya sudah kita bahas, mendingan kita lanjut kepada spek secara data

MESIN

    Tipe Mesin: 4 Langkah, SOHC, berpendingin cairan
    Kapasitas mesin: 155cc
    Jumlah/Posisi silinder: Single cylinder
    Diameter x langkah: 58 x 58.7 mm
    Perbandingan kompresi: 10.5 : 1
    Daya maksimum: 11.1 kW/8000 rpm
    Tenaga maksimum: 14.4 Nm/6000 rpm
    Sistem bahan bakar:  FI (Fuel Injection)
    Sistem starter: Starter elektrik
    Sistem pelumasan: Basah
    Kapasitas oli mesin: Total – 1,00 L ; Berkala 0,90 L
    Tipe kopling: Kering, Centrifugal Automatic
    Tipe transmisi: V-Belt Automatic

DIMENSI

    P x L x T: 1.955mm x 740mm x 1.115mm
    Jarak sumbu roda: 1.350mm
    Jarak terendah ke tanah: 135mm
    Tinggi tempat duduk: 765mm
    Berat isi: 127 kg
    Kapasitas tangki bensin: 6.6 liter

RANGKA

    Tipe Rangka: Underbone
    Suspensi depan: Teleskopik
    Suspensi belakang: Unit swing
    Ban depan: 110/70 – 13 M/C 48P
    Ban belakang: 130/70 – 13 M/C 63P
    Rem depan: Single disc brake (ABS)
    Rem belakang: Single disc brake (ABS)

KELISTRIKAN

    Sistem pengapian: TCI
    Battery: YT27V
    Tipe busi: NGK/CPR8EA-9

Harga All New Yamaha NMAX (ABS)

    Harga baru: Rp 27.400.000,-

Harga tersebut berlaku OTR Jakarta dan sekitarnya serta dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Lalu Pilihan Warna yang ada pada All New Yamaha NMAX

    Climax Red
    Premier White
    Supreme Gunmetal
    Zenith Black
Sumber : Motorblitz.com

Setelah komparasi sekarang kita akan mencoba berbagi tips mengenai
cara mengganti oli mesin Nmax sendiri dirumah, agar lebih hemat daripada harus ke bengkel.
Berikut langkah – langkah mengganti oli mesin :

1. Siapkan oli mesin baru yang akan digunakan, semakin tinggi spesifikasi oli yang digunakan tentunya semakin baik untuk mesin. Untuk sepeda motor matic yang menggunakan kopling kering/terpisah semakin banyak pilihan oli yang bisa digunakan, karena tidak terbatasi oleh diharuskannya menggunakan oli yang mengandung additif anti slip kopling.

2. Siapkan tools berupa kunci pas ukuran 12 dan 19, tang jepit, corong, wadah untuk oli bekas

3. Buka tutup oli atas / deep stick dengan menggunakan tang jepit, putar counter clock wise.

4. Kemudian buka baut pembuangan oli / drainer dengan memutar counter clock wise, pada mesin NMax dan kebanyakan sepeda motor modern lainnya, terdapat 2 (dua) baut pembuangan oli, yaitu baut pembuangan oli yang ada di samping (dibawah cvt) dan baut pembuangan oli yang ada dibawah bak mesin (lihat gambar). Perbedaan kedua baut tersebut adalah baut pembuangan samping hanya berfungsi untuk membuang oli mesin, lebih tepat digunakan untuk penggantian oli dengan merk dan jenis yang sama. Baut pembuangan bawah terdapat saringan oli yang berupa kawat kasa / strainer, lebih tepat digunakan untuk mengganti oli yang berbeda merk dan jenis (flushing). Saringan oli NMax bertipe kawat/strainer cukup dibersihkan, tidak perlu diganti apabila tidak rusak. Tidak seperti saringan oli bertipe kertas.

5. Kali ini saya menggunakan cara pembuangan baut samping menggunakan kunci pas ukuran 12, bisa juga menggunakan kunci T. Untuk baut pembuangan bawah menggunakan kunci pas ukuran 19. Tampung oli bekas dengan menggunakan wadah, dan buang di jerigen oli bekas yang biasanya ada di bengkel.

6. Setelah seluruh oli yang ada di dalam bak mesin keluar, yakinkan dengan memiringkan posisi NMax agar oli yang terjebak keluar. Tiriskan beberapa menit. (tidak direkomendasikan teknik membersihkan bak oli mesin dengan menggunakan angin bertekanan tinggi)

7. Tutup kembali baut pembuangan oli, kencangkan bautnya secukupnya, jangan sekuat tenaga (bisa juga menggunakan metode penanda garis pada baut). Berdasarkan pengalaman di sepeda motor lain, bahan baut pembuangan lumayan rapuh, mengencangkan dengan torsi berlebihan bisa membuat baut slek atau bahkan pecah.
INGAT! Kencangkan baut pembuangan secukupnya, jangan sekuat tenaga.

8. Tuang oli baru melalui lubang tutup oli atas menggunakan corong , kemudian tutup kembali baut / deep stick dengan menggunakan tang jepit putar searah clock wise.

Sumber : https://nmaxriders.wordpress.com/2015/08/25/tutorial-melakukan-penggantian-oli-mesin-yamaha-n-max-di-rumah-do-it-yourself/

karena saingan si gambot yang mempunyai cc 155 itu adalah Honda Vario, mari kita komparasi dari sisi suara mesinnya.

Sepertinya baik pada nmax maupun vario, suara pada frekuensi rendah yang paling dominan (maklum masih idle). Dan pada frekuensi rendah tersebut suara nmax150 sedikit lebih keras dibandingkan vario150. Sedangkan pada frekuensi tinggi suara vario150 sedikit lebih nyaring. Kalau secara musik engine vario150 suaranya lebil treble, tapi karena amplitudonya sangat kecil kurang terdengar, karena tertutup oleh suara frekuensi rendah.
Nmax idle engine sound

vario 150 idle engine sound

Sumber : http://motogokil.com/2015/09/26/komparasi-suara-mesin-nmax-dan-vario150/

Lalu bagaimana jika kita komparasi dari sisi desain, mesin, performa, kaki-kaki, dimensi dan harga antara sama-sama skuter premium Honda PCX dengan Yamaha Nmax. Sama-sama premium class dan sama-sama 150cc (NMax lebih 5cc)
Desain

Ini memang persoalan selera, Honda PCX 150 menawarkan desain yang modern dengan tampilan elegan. Kesan mewah terpancar dari bentuk bodi, model headlamp hingga pilihan warna yang diberikan. Motor ini cocok untuk Anda yang berjiwa perfeksionis yang ingin tampil eksklusif.
 

Maka lain lagi dengan Yamaha Nmax 150 yang menurut kami lebih kuat aura sporty-nya. Lihat saja leuk-lekuk bodinya terdapat sudut-sudut yang menguatkan kesan tersebut. Begitu juga dengan tampilan wajahnya dengan headlamp yang berkesan sporty.

Mesin

Mengenai jantung mekanis, mesin Honda PCX 150 dibekali teknologi unggulan khas skutik Honda. Mulai dari mesin berteknologi eSP (enchanced smart power), ACG starter, Idling stop system yang dilengkapi dengan pendingin cairan.

Sedangkan Yamaha Nmax mengusung teknologi mesin Blue Core, yang dilengkapi dengan VVA (variable valve actuation), yang mengatur kinerja empat klep-nya. Yamaha juga menggunakan pendingin cairan untuk menjaga performa mesin lebih baik.

Meski keduanya sama-sama bersilinder tunggal, nyatanya Yamaha Nmax lebih unggul dalam hal performa. Yamaha Nmax 150 mampu hasilkan 14,7 daya kuda pada putaran 8.000 rpm, dengan torsi puncak 14,4 Nm diputaran 6.00 rpm. Sedangkan PCX 150 hanya bisa mencatat 12,9 daya kuda pada putaran 8.500 rpm, dengan torsi 13,1 Nm pada 5.500 rpm.

Tapi Honda PCX 150 boleh berbangga dengan konsumsi bahan bakarnya, skutik ini mampu mencatatkan angka 42 kilometer per liter. Sedangkan Yamaha Nmax 150 dikisaran 34 kilometer per liter. Konsekuensi dari mesin yang lebih responsif harus dibayar pengguna Yamaha Nmax 150.

Kaki-Kaki

Skutik jagoan Honda dibekali dengan pelek berdiameter 14 inci, dengan ukuran ban 90/90-14 dan 100/90-14. Untuk menjinakkan laju skutik, Honda membekalinya dengan rem cakram depan dan tromol pada belakang.

Sementara Yamaha Nmax 150 menggunakan lingkar pelek 13 inci, yang bai sebagian orang akan menyulitkan untuk mencari merek ban selain ban genuine. Tapi dengan ukuran ban 110/70-13 dan 130/70-13, membuat roda Nmax nampak lebih besar.

Soal pengereman, PCX 150 dilengkapi cakram tunggal di depan dan tromol di belakang, dengan tambahan teknologi combi brake system. Sedangkan Nmax 150 mengusung rem cakram dikedua roda, dengan tambahan fitur Anti-lock Braking System (ABS).

Dimensi

Membandingkan keduanya, sama-sama berdimensi besar. Honda PCX 150 berukuran 1.970 mm x 738 mm x 1.094 mm. Tapi Yamaha Nmax 150 ternyata lebih besar sedikit dari pesaingnya itu meski kalah panjang, ukurannya 1.955 mm (P) x 740 mm (L) x 1.115 mm (T).

Fitur

Honda PCX 150 melengkapi kemewahannya dengan fitur andalan seperti idling stop system, combi brake system, side stand switch, rem tangan hingga LED headlamp, hingga spidometer unik dengan jarum penunjuk kecepatan berada disisi luar. Sayangnya, fitur parking brake lock tak disematkan di skutik premium ini. Padahal Vario sudah mengaplikasi ini sejak lama.

Sementara Yamaha Nmax 150 menawarkan mesin dengan fitur VVA yang bertugas mengatur buka-tutup klep sesuai putaran mesin. Pengereman dengan ABS lebih aman mencegah ban mengunci. Pengaman standar samping dan LED headlamp. Sama halnya dengan PCX, Nmax juga tak disematkan fitur parking brake lock.

Harga

Dengan segala kelebihannya, PT Astra Honda Motor melabeli Honda PCX 150 dengan angka Rp39,8 juta. Sedangkan Yamaha Nmax 150 sebagai produk global dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, dipasangkan harga Rp27,9 juta (ABS) dan Rp23,5 juta (non ABS).

Spesifikasi Honda PCX 150
 
Tipe Mesin: Silinder tunggal, SOHC, 4-tak
Diameter x langkah: 58,00 mm X 57,9 mm
Perbandingan kompresi: 10,6:1
Tenaga Maksimum: 12,9 Hp/8.500 rpm
Torsi Maksimum: 13,1 Nm/5.500 rpm
Sistem Starter: Elektrik Starter
Tipe Transmisi: Automatic, V-Matic
Sistem pengapian: TCI
Tipe Busi: NGK CPR7EA-9
Dimensi (PxLxT): 1.917 mm X 738 mm X 1.094 mm
Jarak sumbu roda: 1.315 mm
Jarak terendah ke tanah: 140 mm
Berat Kosong: 129 kg
Kapasitas tangki BBM: 5,9 liter
Tipe rangka: Underbone
Suspensi depan: Teleskopik
Suspensi belakang: Unit Swing
Ukuran Ban depan: 90/90 – 14M/C 46P
Ukuran Ban belakang: 100/90 – 14M/C 57P
Rem Depan: Single disc brake
Rem belakang: Tromol

Spesifikasi Yamaha Nmax 150

Tipe Mesin: Silinder tunggal, SOHC, 4-tak
Diameter x langkah: 58,00 mm X 58,7 mm
Perbandingan kompresi: 10,5:1
Tenaga Maksimum: 14,7 Hp/8.000 rpm
Torsi Maksimum: 14,4 Nm/6.000 rpm
Sistem Starter: Elektrik Starter
Tipe Transmisi: V-Belt Automatic
Sistem pengapian: TCI
Tipe Busi: NGK/CPR8EA-9
Dimensi (PxLxT): 1.955 mm X 740 mm X 1.115 mm
Jarak sumbu roda: 1.350 mm
Jarak terendah ke tanah: 135 mm
Berat Isi: 127 kg
Kapasitas tangki BBM: 6,6 liter
Tipe rangka: Underbone
Suspensi depan: Teleskopik
Suspensi belakang: Unit Swing
Ukuran Ban depan: 110/70 – 13M/C 48P
Ukuran Ban belakang: 130/70 – 13M/C 63P
Rem Depan: Single disc brake
Rem belakang: Single disc brake    UDA
Sumber :http://otomotif.metrotvnews.com/read/2015/06/26/407872/komparasi-honda-pcx-150-vs-yamaha-nmax-150-pilih-elegan-atau-sporty

Waw makin panjang nih postingan dar berbagai sumber, sekarang kita masuk ke dalam ilmu soal Nmax, dan yang akan kita bahas adalah mengenai sistem pendinginan pada Yamaha Nmax.

Sistem pendingin pada Yamaha Nmax.
 
Yamaha NMAX 150cc Blue Core ada pada sisi radiatornya berbeda dengan sistem radiator motor – motor matic Yamaha sebelumnya misalnya seperti yamaha GT 125, radiator Yamaha NMAX 150cc Blue Core terdapat sebuah alat sensor suhu yang disebut Thermostat. Thermostat ini berbentuk sebuah tabung seperti yang terlihat di gambar atas, lalu bagaimana sistem pendingin cair dengan Thermostat ini?

nmax radiator system cool

Pertama – tama ketika mesin Yamaha NMAX dihidupkan air yang ada di dalam mesin dipompa dan keluar menuju Thermostat dan thermostat akan mengukur berapa suhu air yang diterimanya. Jika suhu air masih dingin maka Thermostat akan mengalirkan air langsung (bypass) menuju mesin kembali, mungkin alirannya bisa diilustrasikan seperti ini :

nmax-radiator-bypass

Aliran arus air dari mesin ke Thermostat lalu berputar menuju mesin kembali ini berlangsung jika suhu kurang dari 73 derajat Celsius. hal ini bertujuan agar memperpendek waktu pemanasan mesin sehingga konsumsi bahan bakar bisa lebih irit.

nmax radiator system hot

Namun setelah suhu lebih dari 73 derajat Celsius katup di Thermostat akan terbuka dan mengalirkan air menuju radiator. Katup di Thermostat akan terbuka sedikit demi sedikit hingga terbuka lebar di suhu 90 derajat Celcius.

nmax-radiator-through-fan-cooler

Air yang ada di radiator akan didinginkan oleh kipas yang berputar seirama dengan putaran mesin dan setelah air didinginkan oleh kipas, air dialirkan kembali menuju mesin.
http://motorblitz.com/2015/02/17/intip-cara-kerja-radiator-di-yamaha-nmax-150cc-blue-core/

Setelah panjang lebar kita bahas Nmax tapi kok kelebihan dan kekurangannya belum dibahas sih? Yuk kita lihat dulu apasih Kelebihan dan kekurangan dari Yamaha Nmax ini.
 
Kelebihan Yamaha Nmax.
 
1. Design Premium Khas Eropa.
Dari dulu desain skuter Indonesia selalu sama bentuknya, dan ketika hadir PCX dengan desain premium banyak yang tertarik membeli walau dengan harga mahal, dan ketika datang Nmax orang pun bukan hanya tertarik tapi juga membelinya.
2. Harganya Murah
Dibandingkan dengan honda PCX tentu Nmax lebih murah 10 juta.
3. Kaki-kaki lebih Tangguh
Ban berprofil lebar tentu menjadi poin plus, lebih stabil dan tangguh.
4. Mesinnya lebih Hemat
Menggunakan mesin bluecore membuat mesin lebih irit dibandingkan rivalnya.
5. Kelebihan teknis
New water-cooled engine di kembangkan berdasar pada Blue Core concept, dengan VVA (Variable Valve Actuation), System pengereman ABS untuk mensupport performa sporty. Feature ini jadikan NMAX juga sebagai skutik pertama yang memakai rem ABS di kelasnya di lokasi ASEAN.
Sumber : http://www.motorjuragan.com/2015/02/kekurangan-dan-kelebihan-skutik-yamaha.html

Kekurangan Yamaha Nmax

1. Suara kasar dan sedikit ngorok masih dijumpai pada mesin Yamaha Nmax yang sudah menggunakan teknologi BlueCore dan Variable Valve Actuation (VVA)Suara akan semakin terdengan ketika dari keadaan berhenti langsung membetot gas agak dalam…
2. Meskipun sistem pengereman Yamaha Nmax sudah dibekali dengan ABS (Anti-lock Braking System) namun ada sekidit yang kurang… Ternyata Yamaha Nmax tidak dibekali dengan fitur parking brake lock… Fitur yang berfungsi untuk mengunci handle rem, fitur ini sangat berguna ketika harus berhenti pada tanah yang mempunyai kemiringan… Padahal matic low end Yamaha lainnya sudah dibekali fitur ini.
3. Suspensi Yamaha Nmax terbukti cukup keras saat dipakai melibas polisi tidur

4. Nmax menggunakan ban berprofil lebar namun diameter ban adalah 13″…  Penggunaan roda berdiameter 13″ ini tentu masih belum banyak pilihan ban yang bisa dipakai untuk saat ini…

5. Bagian material plastiknya yang digunakan sebagai cover stang kemudi cukup tipis. Saat ditekan perlahan pada cover bagian depan, terlihat sekali perbedaan dengan material plastik pada bagian body yang lain. Plastik cover/dashboard tersebut terlihat tipis, setelah ditekan ternyata memang bener tipis, bukan sekedar kelihatannya.

Sumber : http://ardiantoyugo.com/2015/04/23/bagian-yang-gak-asik-dari-yamaha-nmax-155/

Makin lama dibaca kok makin pengen nih motor. Ayo kita cek juga simulasi kredit Yamaha Nmax.

Yamaha N-MAX ABS    
Tenor        11 Bulan     22 Bulan     33 Bulan
Harga OTR     Rp27.900.000     Rp27.900.000     Rp27.900.000
Uang Muka     Rp5.859.000     Rp5.859.000     Rp5.859.000
Angsuran     Rp2.303.000     Rp1.294.000     Rp964.000

Habis.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
WA only : 0813822BLAZER (39343)
BBM : 53FB5271


ARTIKEL TERKAIT

21 comments :

  1. itu harga masih OTR Jakarta ya bro

    ReplyDelete
  2. mesin NMAX sama seperti montera SOHC....xixixixii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Produk Yamaha banyakan SOHC, contoh lainnya adalah vixion om. Hahha

      Delete
  3. Konsumsi bahan bakar rata rata solo karawang 52kpj perliter...percaya?? Terbukti pas touring deklarasi NMax di Solo. Dengan kecepatan 50~75 kpj.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Percaya ga percaya tapi kalo dibandingkan cbr kk borosan nmax 50 ribu dengan jarak sama

      Delete
  4. Konsumsi bahan bakar rata rata solo karawang 52kpj perliter...percaya?? Terbukti pas touring deklarasi NMax di Solo. Dengan kecepatan 50~75 kpj.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas testimoninya kakak..
      Untuk konsumsi bahan bakar mau irit atau boros tergantung dari setingan mesin standar atau racing fan kebutuhannya daily atau untuk sekedar touring. Dan yang paling penting dari konsumsi bahan bakar irit atau ga adalah dari gaya berkendara masing-masing.
      Tapi inget safety ya kakak..

      Delete
  5. Makasih Gan informasi menganai Yamaha NMAX sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama- sama gan.. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya tentang mengupas tuntas yamaha Nmax mesin dan permasalahannya.

      Delete
  6. Makin bingung antara nmax atau pcx, hahaha. Makasih informasinya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mantapkan dulu jiwanya bro. Siapkan jiwa sama duitnya aja bro.
      Kalo mau elegan dan masih jarang di jalanan serta siap indent lama ambil honda PCX. Tapi kalo mau sporty banyak temen dijalan dan ready stok silahkan ambil NMax bro.
      Selamat berburu motor ya..

      Delete
  7. Makin bingung antara nmax atau pcx, hahaha. Makasih informasinya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan lirik yang sesuai minat aja bro.

      Delete
    2. Anonymous08 July, 2016

      Pcx aja man, lebih eklusif sesuai harganya hahaha...

      Delete
    3. Silahkan.. Yang mana saja sesuai budget dan minatnya.
      PCX masih Premium dengan sedikit populasinya di Indonesia, sedangkan Nmax sudah bejibun dijalanan.

      Delete
  8. Nggak ah, punya saya konsumsi sehari hari 44/1L

    ReplyDelete
  9. Ini baru kupas tuntas.. thanks buat tulisannya brow.. makin yakin pilih nmax..

    kalau boleh usul.. tambahin tulisan tentang forecast market leadernya.. perlu dianalisis berapa lama ketahanan nmax ini dalam menguasai pasar.. soalnya tau sendiri kan yamaha suka temen makan temen alias bunuh segmen produknya sendiri broh.. wkwkwk..

    ReplyDelete
  10. Sangat informatif. Terima kasih review nya. Sangat membantu.

    ReplyDelete

- [Order part dan aksesoris Blazer 081382239343 / 53FB5271]-
Untuk berdiskusi sehat, Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar.
Terima kasih.