--> Skip to main content

Cek your engine power, Jangan-jangan ini penyebab mesin mobil loyo dan tidak bertenaga.

Hello om bro salam SO Sweet.
Mempunyai mobil dengan cc gede seharusnya kita dapat menikmati tarikan-tarikan yang enteng di berbagai medan. Dan ketika mobil kita terasa loyo, tidak bertenaga walau di gas juga bahkan bahan bakar jadi semakin boros bisa jadi kompresi sudah ga sesuai spek lagi.

Yang namanya mobil sudah mulai dewasa (baca dengan halus : Tua) pasti mempunyai penyakit pada tarikan, maka dari itu sekali-kali bolehlah coba cek kompresi mesin.

Kompresi pada engine bensin maupun diesel adalah sumber utama dari engine power, bila kompresinya lemah, dapat dipastikan mobil anda akan kehilangan tenaga dalam kondisi apapun.
Lakukan tes kompresi pada waktu tune up, untuk mengetahui tinggal berapa % lagi power engine anda yang masih tersisa.!!
Cek your engine power
kompresi mesin mobil anda jangan sampai loyo

Ukur lebih dulu kompresi awal mesin pakai compression tester. Nantinya, angka ini menjadi patokan buat melihat terjadinya keausan atau tidak. Setelah diukur, misalnya kompresi mesin menunjukan angka 120 psi.(test kering)

Sekarang lanjut lagi ke langkah berikutnya. Masukan oli melalui derat lubang busi di kepala silinder.tak perlu banyak-banyak. Karena fungsi oli ini hanya untuk menutup celah-celah longgar diantara ring piston yang terdiri dari ring kompresi dan ring oli itu dengan linner. Dengan tertutupnya celah, maka tekanan alias kompresi menjadi padat.(test basah)

Setelah oli dimasukkan, start engine selama 30 detik agar oli menutup celah ring piston (ring gap),kini ukur kembali kompresi pakai compression tester. Setelah dapat angka terbaru, bandingkan dengan kompresi awal sebelum diberikan oli. Naik atau tetap sama.
Jika angka dari compression tester beranjak naik, itu artinya ada keausan di ring piston. Sebaiknya ganti dengan ring baru dengan catatan piston dalam keadaan baik.

Note : bila selisih test kering dan basah 15 psi, kebocoran dari valve sitting, solusi, skir klep.
Bila selisihnya diatas 30 psi, kebocoran kompresi dari ring piston, solusi, ganti ring piston.

Demikian informasi penting sederhana mengenai cek kompresi mesin dari Dosen Opa Baracuda yang bisa IndoBlazer bagikan. Mudah-mudahan berguna untuk semuanya.

*) Tips ini juga berlaku untuk semua mobil Jepang atau Eropa karena kompresi adalah hal penting untuk kekuatan dari mobil kita om bro.

Silahkan hubungi bengkel langganan anda untuk cek kompresi, jangan sampai karena kompresi lemah jadi tenaga hilang dan bensin lebih boros.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
WA only : 0813822BLAZER (39343)
BBM : 53FB5271
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar