--> Skip to main content

Inilah Penyebab Mobil Diesel Kurang Tenaga di Tanjakan dan Solusi untuk mengatasinya.

Mobil bermesin diesel memang dikenal dengan tenaga yang melimpah dan tinggi dibandingkan dengan mesin bensin. Untuk harga beli sendiri, mobil diesel mempunyai harga yang lebih tinggi dibandingkan mesin bensin. Dan untuk mobil diesel di Indonesia lebih banyak di isi oleh mobil niaga, walaupun sekarang sudah mulai banyak mobil keluarga yang menggunakan mesin diesel seperti Mitsubishi Kuda, Isuzu Panther, Innova diesel, Fortuner, Chevrolet spin, Ertiga diesel, Captiva dan Pajero sport.

Besarnya tenaga mesin diesel secara teori harusnya kuat juga di Tanjakan, tapi kadang ada masalah pada mobil diesel yang tidak kuat di tanjakan. Kira-kira apa masalahnya ya om bro?


Inilah Penyebab Mobil Diesel Kurang Tenaga di Tanjakan dan Solusi untuk mengatasinya.
Fortuner mesin diesel. sumber Toyota-id.com

Penyebab Mobil Diesel Kurang Tenaga di Tanjakan

Cukup banyak hal yang dapat mengakibatkan hilangnya tenaga mobil. Hilang tenaga ini meliputi hal-hal seperti mobil ndut-ndutan, ngempos, ngeloss, brebet, dan tidak kuat nanjak.

Nah, ternyata lebih dari 90 persen masalah ini disebabkan hanya oleh 4 hal yaitu:

1.Ruang Mesin yang Kotor
 Pemakaian solar sebagai bahan bakar jauh lebih menyisakan karbon ketimbang penggunaan bahan bakar bensin. Oleh sebab itu, tidak heran mobil diesel jauh lebih cepat kotor.Karbon yang menumpuk di dalam mesin dapat menyebabkan kinerja mesin menjadi turun, akibatnya tenaga yang dihasilkan mobil menjadi drop.Untuk mengatasi masalah ini, tidak ada cara lain selain membersihkan ruang mesin dengan melakukan tune up. Sementara untuk meminimalisir masalah kurang tenaga muncul, anda dapat melakukan beberapa hal, diantaranya memilih penggunaan oli mobil yang tepat, dan melakukan tune up secara berkala.

2.Ruang Pembakaran yang Bermasalah
 Ada beberapa masalah yang kerap terjadi di ruang pembakaran, di antaranya saluran bahan bakar tersumbat, injeksi dan kompresi mesin yang tak mencapai tekanan diperlukan untuk pembakaran yang optimal, dan masalah-masalah lainnya.Salah satu gejala adanya masalah di ruang pembakaran menjadi salah satu penyebab AC mobil bau bensin.
 Biasanya masalah pembakaran yang tak optimal ini juga terjadi karena adanya ada part yang bermasalah. Karena ada banyak sekali part yang ketika bermasalah akan menyebabkan mobil hilang tenaga, anda membutuhkan pengecheckan menyeluruh di bengkel mobil.

3.Setting ECU yang Salah
 Kesalahan setting ECU mungkin saja terjadi. Biasanya karena terjadi kenaikan listrik yang tidak stabil sehingga membuat error sistem ECU mobil. Untuk mengatasi masalah ini sangat sederhana, cukup dengan melakukan remap ECU.REMAP dapat anda lakukan untuk meningkatkan tenaga mesin mobil diesel. Tak perlu menunggu penyebab mobil diesel kurang tenaga di tanjakan. Anda dapat meningkatkan tenaga mobil saat ini juga.

4.Penggunaan Ban
 Menggunakan ban mobil yang terlalu besar, ataupun terlalu kecil dapat menyebabkan mobil diesel kurang tenaga saat berada di tanjakan. Untuk menyelesaikan masalah ini, anda dapat mengganti ban mobil dengan yang sesuai standart mobil.
Sebenarnya masih banyak faktor penyebab mesin mobil kurang tenaga. Namun keempat hal tersebut merupakan penyebab utama. Nah, sekarang bagaimana mencegah masalah kurang tenaga ini terjadi kembali?

Meningkatkan Tenaga Mesin Mobil Diesel

Anda pasti ingin mobil dengan tenaga yang jauh lebih tinggi. Untuk mendapatkan mobil seperti itu, anda bisa mengupgrade performa mobil. Bagaimana caranya?

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk upgrade performa mobil, di antaranya adalah:

◾Piggyback Pro
Mobil diesel dapat dinaikkan performanya dengan setting bernama Piggyback Pro. Dengan setting ini, anda bisa mendapatkan kenaikan performa mobil yang meliputi naiknya tenaga mobil, meningkatnya akselerasi, dan lebih hematnya penggunaan bahan bakar.Satu-satunya bengkel yang bisa melakukan Piggyback Pro adalah Dokter Mobil.

◾Remap ECU Mobil
Untuk meningkatkan tenaga mobil secara drastis, remap ECU adalah solusinya. Ada beberapa kelebihan dari melakukan remap, yaitu mampu menaikkan tenaga mobil hingga lebih dari 40%. Selain itu, remap juga mampu meningkatkan akselerasi mobil ke tingkat yang mungkin tidak anda bayangkan sebelumnya.

◾Tune UP
Perawatan berkala ini dapat meningkatkan tenaga mobil karena dapat mengatasi penyebab mobil diesel kurang tenaga di tanjakan, seperti kerak karbon di dalam mesin, kotoran dan sumbatan di saluran bahan bakar, dan sebab-sebab lainnya.Dengan melakukan tune up, mobil diesel anda akan seperti baru, dan performanya akan jauh meningkat. Terutama jika mobil anda sudah lama tidak ditune up.

Itulah beberapa penyebab dan solusi mengatasi masalah kurang tenaga di tanjakan yang sering dialami oleh mobil diesel.

Sumber : doktermobil.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar