Skip to main content

Memandang mobil Blazer dulu dan sekarang. Antara mimpi dan harapan sebagai pengguna Blazer.

Mobil blazer, mobil yang masih dipandang sebelah mata oleh sebagian orang karena borosnya. Walaupun pada dasarnya boros itu relatif tergantung kaki kanan, tapi yang namanya image tetap saja menjadi pandangan orang pertama kali mendengar nama Blazer. Padahal pada kenyatannya banyak orang mengakuinya blazer adalah mobil yang nyaman dan aman terkenal karena ke alotan bodynya.

baca juga : Mengupas kekurangan dan kelebihan dari mobil blazer.

Blazer sekarang sudah mulai dilirik banyak orang bukan hanya karena gagahnya, tapi karena harganya yang terjangkau untuk mobil dibawah 50 jutaan dan sudah banyak orang yang bisa memeliharanya bukan hanya sekedar naik dan isi bensin tapi lebih kepada pemeliharaan kesehatan mobilnya sendiri.

Sudah mulai banyak orang mengerti permasalahan dan penyelesainnya. Sparepartnya sudah mulai banyak, bahkan saya bilang sudah sangat melimpah untuk seller dan jenis sparepartnya. Mau yang ori ada, Kw banyak, copotan juga melimpah. Bahkan untuk buatan lokal juga mulai banyak, yang penting cari informasi seluas-luasnya. Jaman sekarang bisa di cari di google atau toko online untuk kebutuhan perawatan blazer.

Memandang mobil Blazer dulu dan sekarang. Antara mimpi dan harapan sebagai pengguna Blazer.
Si Hitam Blazer yang menjadi inspirasi blog ini.


baca juga :
- cara membedakan sparepart Original dan KW
- Sparepart blazer mahal atau murah?
- Merasa sparepart blazer mahal? Pake KW aja om, tapi..

Saat ini memang blazer bukan seperti 10 tahun lalu. Disaat sedikit orang yang mengerti dan segan untuk memeliharanya membuat blazer menjadi mobil bengkel sementahun(selamanya). Bukan karena tidak ada sparepartnya, tapi mungkin lebih kepada penyetahuan dari bengkel tersebut akan mobil ini yang kurang. Mungkin masalahnya 1 tapi ketika salah diagnosa menjadi masalah tanpa ujung. Dan akhirnya mobil mangkrak di bengkel berbulan-bulan.

Untuk yang belum mengerti akan Blazer, Masalah koil retak saja bisa menjadi bongkar semua mesin dan ECU. Mobil jingkrak-jingkrak padahal api bagus, busi bagus semua, CKP bagus semua, ICM juga bagus ujungnya ECU yang di diagnosa harus beli. Pas ECU sudah beli mahal-mahal eh mesin masih aja pincang. Pusing.. Ujungnya dongok ga selesai. Cerita ini sudah terjadi pada montera om saya sendiri, sampai akhirnya diakalin menjadi mobil karburator. Downgrade dari mobil injeksi ke karburator konvensional.

Itu masalah dulu om bro. sekarang sudah ada Forum Blazer Indonesia yang lengkap mengupas semua permasalahan dan penyelesainnya tentang mobil opel/chevrolet Blazer. Blog ini juga insyaALLAH sudah lengkap juga mengupas semuanya. So, jangan khawatir ga bisa piara Blazer!!

baca juga : Biaya perawatan mobil blazer murah atau mahal?

Bukan hanya soal pengetahuan soal mesin dan masalahnya. Saat ini ketika kita mogok pinggir jalan juga insya allah banyak yang akan bantu kita. Tinggal posting di forum nanti akan ada yang datang bantu. Bukan hanya bengkel, bahkan perorangan juga akan datang sekedar untuk support sebbisanya sampai ada bengkel yang datang. Dulu awal saya mempunyai Blazer juga pernah mengalami hal seperti itu. Padahal hanya untuk mendingikan mesin dengan membuka kap, tapi langsung ada yang merapat orang hendak ke kantor sekedar tanya kenapa dan ada masalah apa.

Solidaritas pengguna Blazer cukup tinggi sampai detik ini. Bukan hanya mengenai mobil blazer, urusan kemanusiaan juga kita pengguna Blazer sering ikut serta, bahkan saat ini sedang ada touring merah putih untuk peduli Gempa Bumi Lombok dari Forum Blazer Indonesia. Berbondong-bondong seller sparepart untuk menjual sparepart dan uangnya disalurkan untuk korban gempa. Hebatkan?

Dulu sekali, Blazer adalah mobil yang lebih banyak dipakai oleh pejabat. Saya pun merasakan aura mobil pejabatnya saat melintas kawasan rajia atau perumahan dinas, selalu saja seperti mempunyai prioritas untuk jalananan. Memang aura pejabat di mobil Blazer ini sangat kuat om bro, bahkan saat kita berhenti pinggi jalan untuk membeli gorengan saja diperhatian orang-orang sekitarnya. Aneh mungkin ya, pejabat beli gorengan. Dulu siapa sih yang bisa pake mobil ini? Ya hanya pejabat dan orang berduit aja yang mampu.

Baca : Bengkel-bengkel rekomendasi untuk blazer dan chevrolet lainnya.

Kembali kepada judul mengenai Blazer jaman dulu dan sekarang.

Kita bicara modifikasi deh biar ga monoton akan kelebihan dari mobil murah ini. Dulu itu Blazer lebih banyak modifikasi hanya seputaran ban menggunakan Velg lebar, pasang sound sistem aduhai atau menaikan body mobil dengan menggunakan anting. Nah sekarang yu asal punya duit bisa jadi mobil apa aja om bro. Blink-blink untuk main ke mol bisa, aliran extrim untuk main offroad juga bisa. Bahkan bosen dengan mesin 2,2liter juga bisa pake mesin lain yang lebih gede, sekalian jadi metik juga bisa. Sekarang buanyak banget bengkel yang bisa modifikasi blazer dan swap engine blazer. Mau irit pake solar juga bisa.

Baca juga : berbagai aliran modifikasi blazer

Bicara modif juga tentu bicara mengenai hal-hal yang harus diperhatikan dalam modifikasi agar tetap nyaman dan safety dalam menggunakannya. Ban besar,velg celong ditambah dengan aksesoris bumper ARB yang super besar tentu akan menambah beban dari mobil kita untuk bisa melaju. Mau tidak mau harus ada upgrade agar tetap safety dan nyaman. Bodylift untuk menaikan body agar tidak gasruk ketika menggunakan ban besar. Idle arm juga harus modif yang lebih kuat, tak lupa balljoin juga harus ikutan upgrade agar ga patah saat jalan. Stabilizer juga kalau bisa ganti yang lebih panjang agar menyesuaikan body yang sudah naik. Urusan suspensi juga mau tidak mau upgrade yang lebih panjang, jangan lupa shaft steer juga harus ikutan ganti yang lebih panjang. Intinya modifikasi bukan hanya soal tampilan yang aduhai bin gagah, tapi jga harus tetap nyaman dan aman saat dikendarai.

Sparepart modifikasi ini tidak harus import karena sebagian besar adalah buatan lokal dan secara kualitas juga sudah tidak diragukan lagi. Entah untuk bagian eksterior atau Interior, lokal juga bagus.

baca juga : Sparepart buatan lokal tidak kalah kualitasnya

Blazer semakin dikenal orang banyak, blazer semakin dicintai, blazer akan selalu di lestarikan oleh orang-orang pecinta blazer.

Walaupun sampai detik ini harga juga blazer masih hancur, belum bisa bersaing atau minimal stabil. Bukan karena blazernya yang rusak, tapi lebih kepada image orang saat membelinya dan penjualnya butuh uang cepat sehingga "asal laku" adalah penentu penting kenapa harga blazer tetap hancur sampai detik ini. Mudah-mudahan beberapa tahun kedepan saat blazer mulai langka harganya akan naik dan stabil. Jadi inget tahun 2013an saat kita-kita memposting blazernya dengan harga selangit di situs OLX untuk mendompleng harganya tapi ternyata tidak bertahan lama. Karena jumlah yang posting sedikit dibanding populasinya.

Baca juga : Blazer modifikasi yang dijual

Blog ini sudah 5 tahun lebih mengudara. Menyampaikan suka-duka dan seluk-beluk mobil opel/chevrolet Blazer. Diharapkan banyak orang akan mengerti dan bisa memelihara blazer. Sehingga image mobil mogokan dengan sparepart super susah bisa hilang. Harga jual kembali stabil dan blazer bisa disejajarkan dengan pendahulunya yang mempunyai harga selangit. Walaupun ini hanya mimpi saya di agustus 2018 ini. Mudah-mudahan 5 tahun lagi saat ada yang baca tulisan saya semuanya menjadi nyata. Blazer menjadi mobil hobi yang mempunyai tempat tersendiri dimata masyarakat.

Akhir kata yang bisa saya sampaikan di tulisan kali ini adalah untuk yang akan memelihara Blazer jangan sampai ragu karena alasan klasik seperti sparepart dan bengkel. Dan yang sudah memelihara, mari kita berdoa agar kita bisa memelihara Blazer ini dengan baik, punya banyak dana untuk memeliharanya dan jangan lupa solidaritas untuk sesama pengguna jalan juga harus kita jaga.

baca juga : membandingkan konsumsi bensin blazer dengan mobil lain

Salam 1 aspal untuk semuanya.
23 Agustus 2018.

Silahkan cek link rekomendasi kami :
- Bengkel rekomendasi.
- Aksesoris blazer rekomendasi.
- Sparepart ori, KW dan copotan rekomendasi.
- Modifikasi dan aturannya.
- Tips seputar otomotif dan Blazer. 

Untuk urusan pajak juga blazer termasuk murah meriah. Blazer saya tahun 2000 pajaknya hanya 900ribuan tangan kedua. Yang paling mahal sepertinya diatas tahun 2003 sampai 2006 bisa sampai 2 jutaan untuk pajaknya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar