Cara seting rem belakang mobil Blazer (Rear Brake adjusting system)


Sore ini beneran banyak ilmu nih, dosen om Baracuda sepertinya sedang memperhatikan masalah rem belakang nih, dari tadi postingannya mengenai Handbreak dan sekarang cara seting Rear Brake. Walaupun kata-katanya copas dari postingan beliau, yang penting ini berguna bagi semuanya.

Daripada lama-lama saya posting dibawah saja pelajaran sore ini mengenai cara seting rem belakang mobil.

Rear Brake, seringkali yang satu ini terabaikan, padahal beliau ini termasuk salah satu perangkat RWAL pada sistim pengereman blazer, bilamana tidak berfungsi dengan baik maka akan mempengaruhi system pengereman pada blazer.

Pemeriksaan yang paling utama adalah kebocoran dari wheel cylinder.

yang kedua adalah ketebalan dari brake shoe, perlu diketahui bila penyetelan tidak sempurna maka brake shoe akan aus tidak merata.

yang ketiga adalah permukaan tromol yang bergesekan dengan brake shoe, kadang-kadang sudah cacat bergaris, bisa juga oval atau bergelombang seperti halnya front disc brake (harus dibubut).

Apabila mengganti brake shoe dengan yang baru, lakukanlah penyetelan 12 gigi pada gear mahkota dari bagian belakang baking plate.

Lakukan penyetelan secara berkala setiap 6 bulan sekali, setting antara brake shoe dan tromol 0,5 mm maksimum, atau roda masih dapat diputar dengan tangan agak berat.

Semoga bermanfaat untuk semuanya.
Terima kasih sore ini untuk :
Dosen : om Baracuda
Kelas : Forum Blazer Indonesia
Artikel terkait, silahkan dibaca :

Comments

Informasi Penting

Aksesoris

Modifikasi

Tips

Bengkel