Mobil Blazer Boros

Kenapa saya menulis artikel dengan judul Mobil Blazer Boros?
Pertama karena melihat dari trafik blog ini yang kata pencari terbanyak adalah kata blazer boros, mobil blazer boros dan konsumsi BBM mobil blazer.  Sepertinya banyak yang minat dengan mobil Blazer yang harganya murah meriah ini tapi masih takut dengan konsumsi bahan bakarnya, "kalo mau irit mendingan pake motor aja om" kata para sesepuh di forum.
Yang kedua adalah karena setiap kali orang melihat kegagahan mobil blazer langsung bertanya "boros ya Bensinnya?". Kenapa setiap orang menilai mobil Blazer itu adalah mobil boros? Apakah mereka tidak melihat mobil sekelasnya (SUV ya bukan dari harga murahnya) seperti Pajero Sport, Fortuner, Inova, Grand Vitara, Nissan Terano dan SUV lainnya yang ada di Indonesia dengan konsumsi bahan bakar mereka yang boros juga bahkan lebih boros. Mobil Blazer boros ya wajar jika disandingkan dengan SUV lainnya dengan CC yang sama-sama besar. Tapi akan kurang wajar atau kurang ajar jika disandingkan dengan mobil sejuta umat yang CCnya lebih kecil atau mobil LCGC yang ccnya hanya setengahnya.
Kenapa setiap orang ketika bertemu dengan Pajero Sport, Fortuner, Inova, Terano dan SUV lainnya tidak bertanya borosnya?
Sebagai diketahui oleh om-om yang masih ragu dengan konsumsi bahan bakar mobil Blazer saya akan tulisnya sebagai perbandingan saja dengan mobil SUV lainnya yang mungkin 11-12 soal konsumsinya.
1. Konsumsi BBM Mobil Blazer Montera atau Blazer SOHC adalah 1:8 hingga 1:10
2. Konsumsi BBM Mobil Blazer DOHC adalah 1:6 hingga 1:7
tapi kondisi diatas bisa berubah tergantung dari cara mengendarai mobilnya dan kondisi jalannya. Untuk kondisi luar kota bisa lebih banyak.
Kalo om ada yang punya perbandingan dengan Fortuner atau Pajero silahkan di Komen aja dibawah, tapi saya yakin dengan CC yang hampir sama konsumsi BBMnya bisa sama saja.
Jadi apakah masih berpikir mobil Blazer boros?
pikirkan lagi om dengan harga 60-70 jutaan bisa dapat mobil keren, kalo mau lebih keren pasang aksesoris bisa lebih keren dari Pajero baru dan tentunya akan lebih murah dibandingkan beli Pajero.

Semoga om makin bingung mikirin mau ngambil Blazer lalu dimodif dengan total mobil dan modif 100 juta atau beli mobil baru 300-400 juta dengan kondisi standar?

Semoga makin bingung om.
Salam Blazerian.

Bantu support klik ya om..


45 Responses to "Mobil Blazer Boros"

  1. Konsumsi BBM blazer vs CRV gmn om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah saya tulis juga untuk perbandingan semua konsumsi BBM. Cek disini aja om http://catatanpendekblazer.blogspot.jp/2013/11/perbandingan-konsumsi-bahan-bakar-mobil.html

      Delete
  2. Analisa yang bijak, masbro.
    Memang kebanyakan yang bilang boros belum dekat dengan kebo. Coba kalau udah main di sawah bareng kebo, pasti akrab deh. Eh?!

    ReplyDelete
  3. iya om bro..
    Daripada beli Pajero mahal standar mendingan beli Blazer modif paling habis 1/2 dari Pajero. udah abis2an modif.

    ReplyDelete
  4. Mas kenapa SOHC lebih irit daripada DOHC? kebetulan blazy sy DOHC thn 1997

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga jauh juga iritnya om, palingan beberapa sendok saja...

      Delete
    2. Maksudnya dari penjelasan di atas yg SOHC 1:8 s/d 1:10 sementara DOHC 1:6 s/d 1:7 kayaknya lumayan byk deh

      Delete
    3. Ya sekitar 1-2 km palingan. Tergantung kaki kanan om..

      Delete
  5. ban besar pengaruh nggak ke boros?

    ReplyDelete
  6. Ban besar secara teori harusnya ngaruh. Karena beban mobil bertambah.

    ReplyDelete
  7. Betu-betul bingung jdnya...mau ngambil yg mana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ambil yang sesuai dompet aja tante, biar ga ganggu jatah dapur dan sebagainya.
      hehehe

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa di deket omm.. Saya tulis ulang.
      Maaf Mas Bro.
      Ketika seseorang memilih Pajero atau Fortuner baru. Pastilah dokunya sangat cukup dan tidak akan memasalahkan boros tidaknya mobil tersebut.
      Yang jadi masalah, orang dengan budget 50 -70jt (itupun susah payah ngumpulinnya). tentu akan berpikir dua kali untuk memilih modil yg sesunggunya sangat gagah dan murah. namun mahal suku cadang dan boros pula.

      Delete
    2. Kalo om udah punya 2 mobil itu baru bisa bandingkan boros dan mahal sparepartnya.
      Kelas SUV ga ada yg murah kali bos

      Delete
  9. Replies
    1. Bingung kenapa om? Kalo bingung nanya didepan aja..hehehe

      Delete
  10. Haloo suhu2.. saya pemakai pajero sport exceed disel..bbm dalkot 1:13 luar kota bisa 1:15... jkarta-solo kondisi lancar dari jakarta isi fulltank.. isi lagi di batang.. cuma sekali isi solar,trimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solar om.. Wajar sgitu.
      YG bensin kayaknya sama a 678km/ liter

      Delete
    2. gembhusmagic16 May, 2016

      Ha..ha..ha..om rangga bandingin SOLAR ma BENSIN

      Delete
  11. Kalo saya sih beli blazer ga ngitung irit boros nya bensin.. Ya emang budget nya yg kecil buat beli mobil.. Tapi efek pede nya jauh lebih besar dari duit yg dikeluarkan.. Kalo biar irit buat harian.. Ya saya beli satu lagi.. Picanto... Hehehe... Blazer+picanto = lebih murah dari fortuner

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah komen mas radit ini sepertiny paling bagus..
      Untuk perhitungan irit ya namanya suv mana sih yang irit kecuali diesel.
      Kalo saya Blazer + Livina. Blazer buat kopdar livina buat harian..

      Delete
  12. Kalau saya avanza aja om... Aman di semua kantong hihhihihi

    ReplyDelete
  13. Kalau saya avanza aja om... Aman di semua kantong hihhihihi

    ReplyDelete
  14. Betul om...
    Tapi coba rasakan bedanya saat turun dari blazer. Diliatin banyak orang.

    ReplyDelete
  15. .ada yg nawarin blazer taun 2000 montera, gak sampe 40 jt...minat untuk beli, tpi heran knp dijual murah?? Apa ada kendala ya ,rata2 pasaran diatas 40...ada saran sebelum membeli mas yose

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk harga tergantung kondisi om. Harga normal 40 keatas, jika ada harga dibawah itu pasti ada minus minimal pajak.
      Untuk harga Blazer modifikasi bisa diatas 50 juta karena biasanya sudah banyak aksesoris lainnya dan kondisi sudah istimewa.
      Jika mendapatkan harga dibawah 30 bisa jadi minusnya banyak, bisa pajak telat, mesin bermasalah atau bahkan bisa jadi no paper alias tanpa surat untuk bahan kampakan.

      Delete
    2. klo blazer th 2005 Km 87ribuan, hrga 80 kmahalan ga ya om?

      Delete
    3. normal om.
      pasaran blazer samba 2005 masih tinggi apalagi yang type DOHC LT.

      Delete
  16. Ada yang minat Blazer thn 2000.???

    ReplyDelete
  17. sy minang Blazer 2005,, Km 87 rb an.. no PR harga 80jt. kmahalan ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. normal om.. untuk jenisnya samba apa? Kalau DOHC LT wajar harga 80 juta om.

      Delete
  18. Mohon mas om2 telolet pencerahannya untuk blazerr type sohc, dohc, dan montera. Sy binggung pilih yg mana???? Ditunggu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau gampang perawatan dan interior 3 baris ambil SOHC atau Montera.
      Mau lebih jozz dan interior mewah ambil DOHC.
      Selamat berburu Blazer om.

      Delete
  19. wih mantap,say juga lagi huntng blazer tapi binggung dengan type type nya....
    apa hanya montera saja yg 3 baris om.....?
    "gampang perawatan sohc dari pada dohc" perawatan dari segi apanya om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Blazer yang mempunyai jok 3 baris memang hanya untuk type Montera saja om.
      Untuk segi perawatan sama saja antara SOHC dan DOHC, namun karena SOHC single camshaf jadi lifetime pergantian timing belt lebh lama dibandingkan DOHC.
      segi interior DOHC menang banyak lebih mewah dibandingkan SOHC atau Montera.

      Delete
  20. om mau tnya blnih, kalau blazer mati pajak, trus di bawa kluar kota dana ada razia, kira2 kena tilang ga ya. Kalau kena tilang bisa nego ga dg pakpos.
    Trus kalau misal mati pajak skitar 1th. Biaya dan pengurusannya mudah tidak ya, rencana mau ambil blazer, ada yg jual lumayan pas d kantong tapi mati pajak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama lengkap SIM dan STNK ga masalah om, tapi lebih baiknya ketika pajak mati atau bahkan plat mati lebih baik dalam kota saja dulu sampai suratnya dilengkapi.
      Atau om jalan malam saja, jadi lebih aman dari yang namanya rajia kendaraan.

      Delete
  21. om, sy punya DOHC LT 1997, BBM nya bisa pke pertalite atau premium ga ya?sebenarnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bebas om bro. Mau pake premium boleh, pertalite boleh atau pake pertamax juga boleh.
      EURO 2 pada Blazer ga rewel kok.

      Delete
  22. Ada blazer montera 2002 akhir om 30 jt. Mahal gak itu om

    ReplyDelete
    Replies
    1. mahal dan murah tergantung kondisi om.
      pajak hidup?
      mesin bagaimana?
      interior dan exterior bagaimana?

      Silahkan cek di link berikut tips membeli blazer sehat http://www.indoblazer.com/2018/08/tips-membeli-mobil-murah-opel-blazer.html

      Delete

- [Order part dan aksesoris Blazer 081382239343 / D9CCCDD7]-
Untuk berdiskusi sehat, Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar.
Terima kasih.
Admin Indoblazer