Skip to main content

Interpretasi DTC melalui MIL/SES/CEL (mobil Blazer)

Sedikit berbagi ilmu dari forum, postingan om Tangdan Blesser mengenai DTC pada mobil Blazer.
Buat para penganggon kebo.

Sedikit sharing dari sehubungan dengan dgn ECU, buat om2 penganggon kebo khususnya buat pemilik bengkel yg belum/tidak mempunyai scanning tool kebo sperti Tech 1, Tech 1A, Mastertech MTS 3100 ato Hanatech Ultra Scan, mengingat harganya yg mahal dan beberapa juga sudah tidak diproduksi lagi (Tech 1 dan Tech 1A),  ada tips n trik menarik untuk menginterpretasikan DTC (Diagnostic Trouble Code). DTC adalah kode yg dikirimkan ECU kepada driver melalui MIL/SES yg menandakan adanya masalah pada salah satu sensor.

Inilah kelebihan OBD1 (kebo) dibanding OBD2, dimana OBD2 DTCx hanya bisa dilihat dgn menggunakan scanning tool sedang OBD1 DTCx selain dgn menggunakan scanning tool, DTC dpt diinterpretasikan dgn menggunakan sebuah paper clip. Ya dgn sebuah paper clip. Langsung saja, caranya sbb:

  1. Pastikan kunci kontak posisi off, kemudian jumper pin 5 dan pin 6 pada DLC kebo dgn menggunakan paper clip (Harap diperhatikan posisi Pinnya, karena tipe DO ada yang pemasangan DLC portnya terbalik, jadi jgn sampe salah pin), berikut gambarnya: 
  2. Setelah paper clip terpasang, putar kunci kontak pada posisi ON (Jangan start engine, dilarang keras)
  3. Lihat apa yg terjadi pada lampu MIL, bukan sulap bukan sihir, MIL akan berkedip2 dan kedipan inilah yg digunakan untuk menginterpretasikan DTC.
  4. Jangan lupa cabut paper clip setelah selesai bermain2 dgn ECU via DLC.
  5. Jika nanti mau bermain2 melakukan simulasi dgn mencabut salah satu soket sensor, maka DTC akan muncul dan silahkan dilihat kedipannya, karena soket sensor dicabut maka akan ada DTC yg tersimpan di memory ECU maka selanjutnya silahkan DTC hasil simulasi dihapus lagi biar dgn mencabut negative aki selama 5-10  menit agar DTC hasil simulasi tidak tersimpan di memory ECU.

Nah sekarang bagaimana cara menginterpretasikan DTC, berikut contoh jika enginex normal, maka MIL berkedip 1 kali->mati dgn delay 1-2 detik->berkedip cepat sebanyak 2 kali->mati dengan delay kurang lebih 3 detik dan kembali ke awal dimana akan berulang sebanyak 3 kali dan begitu seterusnya hingga paper clip dicabut, arti kedipan MIL ini adalah menandakan DTC 12 (kode 12 artinya tidak ada pulsa referensi/tidak ada masalah pada engine management)..

Terus bagaimana jika ada DTC lain (Salah satu sensor bermasalah), jika ada maka setelah 3 kali pola kode 12 muncul maka akan diteruskan dgn pola lain sebanyak 3 kali dan dilanjut pola kode 12 lagi dan begitu seterusnya.

Contoh saya simulasi dgn mencabut soket ECT, maka setelah pola kode 12 muncul 3 kali maka akan disambung dgn 1 kali kedipan->delay 1-2 detik->berkedip cepat5 kali->mati dgn delay +-3 detik dan berulang sebanyak 3 kali, kemudian setelah itu dilanjut pola kode 12 dst atau bisa dituliskan polanya sperti ini, 12-12-12-15-15-15-12-12-12dst. Setelah dicocokkan di tabel DTC ternyata benar kode 15 artinya sensor ECT menunjukkan temp rendah (dibawah -30C)..

Terus bagaimana jika kasus diatas ada DTC lain lagi, contoh DTC 35 (masalah pada IAC) maka polanya akan seperti ini12-12-12-15-15-15-35-35-35-12-12-12-15-15-15-35-35-35 dan begitu seterusnya hingga paper clip dicabut.

Berikut Tabel DTC Blazer :

Note:

-       Selama melakukan teknik ini, jangan sekali-kali melakukan start engine dgn posisi paper clip masih menjumper pin5&6.

-       Jangan melakukan teknik ini ke mobil lain karena ECU system harus dipelajari terlebih dahulu, silahkan dikonsultasikan dulu jika mau dicoba ke mobil lain.

-       DIY dan segala resiko ditanggung masing2… He.. He… Jangan takut saya sudah melakukan dan tidak ada efek apa2, karena scanning tool bekerja dgn menghubungkan pin 5&6 juga, bedanya scanning tool lgsung menampilkan kode angka.


Terimakasih, semoga bermanfaat dalam melakukan troubleshooting dan tidak pusing lagi jika MIL/SES/CEL tiba2 hidup….


Salam Blazer
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar