Skip to main content

Jangan biarkan mobil tidur lama dengan BBM kosong

Ilmu kali ini diperoleh dari hasil tapa di gua Forum Blazer Indonesia. Sebuah jurus karya om Agus Sopandi S.

Monggo disimak.

Mobil yang akan berhenti lebih dari sehari, sebaiknya tanki BBM dipenuhi. Kenapa? Pasalnya, udara kita sangat lembab, alias mengandung air. Jika tanki tidak penuh, di atas permukaan BBM menjadi ruang udara. Makin kosong tanki, makin besar ruang udara di atas BBM. Berarti makin banyak juga uap air yang menghuni ruangan tersebut.

Ketika temperatur turun, misalnya malam hari, terjadi pengembunan dan titik-titik air jatuh ke permukaan BBM. Karena air lebih berat, maka air terus ke dasar tanki. Jika semalam terkumpul 10 titik, maka seminggu akan terkumpul setidaknya satu sendok makan. Sebulan akan terkumpul 4 sendok makan. Cukup banyak bukan?

Endapan air dalam tanki BBM biasanya sebagian memicu oksidasi materi endapan lain dan dinding tanki, sehingga membentuk materi seperti lumpur berwarna kopi. Lumpur inilah yang bisa menyumbat saluran BBM ke mesin. Untuk mesin bensin, pompa (rotax) BBM juga bisa terganggu dan macet atau korslet. Selain itu, dinding tanki juga karatan dan lama-lama bocor.

Have a nice day.
Semoga berguna.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar