--> Skip to main content

Bila Mobil Blazer terlanjur isi Solar


Beberapa kasus yang dishare di Forum ada masalah salah isi bahan bakar. Biasanya yang salah isi adalah orang yang meminjam Blazer, mungkin karena suaranya agak kasar dikiranya mesin diesel lalu di isilah solar pada perut si Blazer. Hasilnya... jreng mobil sejadinya mogok ga mau jalan.
 Blazer itu adalah peminum bensin atau pertamax, jadi ketika diisi solar otomatis mesin langsung mati. Kasus seperti ini bukan hanya terjadi pada orang yang meminjam Blazer, tapi juga terjadi pada petugas SPBU yang mengisi, makanya usahakan ketika mengisi kita lihat noozle mana yang dimasukan ke lambung Blazer. Jangan sampe solar yang masuk kesana.
Lalu kalau sudah terjadi gimana?
Mau ga mau harus turun tangki, kuras, cuci dengan detergen dan keringkan. Kalau perlu jalur bahan bakarnya juga dibersihin mulai dari injektor, selang dan throtle body.
Kalau baca dari sini terdengar simple ya, tinggal turun tangki dan kuras, kenyataanya bisa sampe gempor deh.
Tipsnya dari saya :
1. Usahakan ketika isi bahan bakar, lihat noozle mana yang masuk ke lambung Blazer.
2. Jika terlanjur masuk dan mesin mati. Dorong mobil ke pinggir untuk turun tangki. Jangan diitarik dengan tali, karena rem Blazer akan mati dan keras.
3. Turun tangki, cuci dan kuras dengan bensin.
4. Isi pertamax dulu biar bersih.
5. Pasang tulisan di tutup bensin "HANYA MEMINUM BENSIN"

Semoga berguna.
Salam tetot.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar