--> Skip to main content

Cara membuat ICM mobil Blazer sendiri.


Jika anda masih newbie seperti saya tentu bingung apa itu ICM, buat apa fungsi dari ICM. Wajar karena hal-hal kayak gini emang jarang orang perhatiin, karena tiba-tiba mogok aja mobilnya. hehehe

ICM adalah komponen fital pada sebuah mobil, karena ICM ini mempunyai fungsi mengubah sinyal dari ECM untuk memperkuat arus hingga menimbulkan percikan pada busi yang dinyalakan oleh coil. Ketika mobil mati dan indikasinya ICM-nya mati, ga ada pilihan lain harus ganti. Itu dulu, kalo bisa sedikit kreatif bisa kita perbaiki ICM yang mati tersebut. dengan modal kurang dari 100 ribu.
Cek api Busi




Indikasi ICM rusak ini bisa jadi ketika cek api Busi ternyata ga ada, tentu (beberapa) mekanik akan langsung bilang ganti ICM lengkap dengan coilnya karena memang tidak mau ambil resiko.

Dibawah ini ada rangkaian sederhana ICM mobil Blazer. Jika terlanjur beli baru, bisa dipakai sebagai cadangan saja.
rangkain ICM mobil Blazer

Kaki nomer 1 dan 6 masuk ke coil busi, Coil primer busi terdapat dua lilitan yang ada CT(center tap) ke ground. Kaki nomer 4 = gnd, kaki nomer 2 dan 7 output dari ECM masuk ke input alat ini. Kaki2 yang lain tidak dipakai. Ada jalur tambahan karena rangkaian ini butuh positif untuk menggerakkan optocoupler dan menyulut mosfet, bisa diambil dari positif aki, atau dari tegangan positif kontak.
letak_icm_blazer
letak simpan ICM

isi_icm
Isi dalam ICM



Demikian informasi membuat ICM Mobil Blazer sendiri, jika ada yang kurang jelas bisa langsung ke sumber artikel : http://otakatikblazer.blogspot.jp/2011/05/membuat-icm-sendiri.html

Mudah-mudahan tips sederhana ini bisa membantu.
Salam tetot.

Butuh ICM atau sensor lainnya? Monggo WA/Telp/SMS 081382239343 atau pin 53FB5271.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar