--> Skip to main content

Cara cek minyak kompling sendiri.

Jangan biarkan minyak kopling kering, karena berakibat tidak bisa pindah persneling.

Kembali karena ada kasus yang menimpa saudara kita mengenai keringnya minyak kopling pada blazer yang membuatnya tidak bisa memindahkan persneling ke manapun. Semuanya selip dan tidak masuk. Tapi ketika mesin stop normal saja bisa pindah-pindah kemana-mana.

Kalau sampe anda mengalamai hal seperti itu, hal pertama yang kita cek adalah minyak koplingnya apakah habis atau berkurang. Ketika kita cek ternyata berkurang atau bahkan sampe habis sekalian lebih baik segera isi ulang dengan menggunakan minyak dot3 (merek terserah, tapi jangan terlalu murah). Biarkan selama beberapa saat, perhatikan apakah ada minyak yang menetes dari sealnya atau tidak.

Tips terbaik yang harus anda lakukan adalah :
  1. Cek seal koplingnya apakah sudah aus
  2. Cek master kopling bawahnya
  3. Kalau mau diisi minyak lagi jangan lupa buang angin melalui bagian yang menonjol diatasnya, seperti cerobong lokomotif. Disana nanti ada baut L yang harus dikendur kencangkan dengan menggunakan kunci L4 atau T27.
  4. hati-hati minyaknya terkena mata saat bongkar.
  5. jangan lupa juga tutup hidung karena ada aroma tidak sedap ketika buang anginnya.
Clutch CylinderAtas mobil Blazer
Clutch Cylinder bawah mobil Blazer

Semoga tips sederhana ini bisa menambah wawasan kita soal Blazer.

Salam tetot

Sumber : Forum Blazer Indonesia 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar