--> Skip to main content

Perkiraan biaya dan lama pengerjaan Overhoul

Silahkan yang masih santai duduk manis dengan kopi dan pisang gorengnya jangan lupa untuk nyimak materi sore ini mengenai biaya dan lama waktu pengerjaan OH (over houl). hehehe
ilustrasi : biaya overhoul dan lama pengerjaanya.

Menurut beberapa orang master di Forum Blazer Indonesia, biaya Overhoul ini bisa kisaran antara 3-4 juta tergantung seberapa berat yang harus di perlakukan kepada Blazer ini. Saya sendiri belum pernah OH walaupun mobil sudah 15 tahun, bukan karena ga niat tapi karena duit buat OH lumayan juga sih gedenya.

Kalau cuma Overhoul setengah atau atasnya aja kisaran 3 juta sampai 4 juta harus kita pegang. Dengan kisaran kerja bongkar head, bersih HLA, sekir kelep, buang kerak, ganti packing dan seal dan beberapa part consumable lainnya.

Tapi kalo udah total Overhoul, atau OH Major minimal 10 juta harus nyelip di dompet dengan kisaran yang dilakukan. Bongkar total, cek up, list part, seperti pompa oli, pompa air, metal jalan, metal duduk, ring piston, scrap head(bila perlu), bubut crank shaft, cabut baut exhaus, packing head, packing deksel, packing carter, HLA, klep api, packing intake dan out, skir klep, mountin engine dan banyak lagi.

Blazer kita sudah ada yang hampir 20 tahun, kalau perlu dan ada sedikit uang (banyak sih, dikit itu buat pejabat kali ya) mendingan overhoul total saja, atau kalo ga mau repot ganti aja mesin baru. Dijamin jos deh.

Mau mesin SO baru, mesin DO baru, mesin V6 baru, mesin V8 baru atau copotan silahkan komeng aja dibawah, nanti dibantu untuk prosesnya. Bisa sekalian pasang dan dijamin Blazernya kembali standar.

Untuk waktu bisa menyesuaikan kondisi dan situasi. SOP overhoul 8 jam, tapi karena hal part dan kunci-kunci bisa jadi 2hari atau paling lama 1 minggu Blazernya harus opname di bengkel dl. Tapi kembali ke tersediaan part dan waktu dari mekaniknya sih.

Demikian ilmu sederhana dari saya kali ini, mudah-mudahan berguna untuk semua dan bisa menambah ilmu dan pengalamannya.

Salam tetot.

Sumber : Forum Blazer Indonesia
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar