Skip to main content

Swap engine Blazer menggunakan Toyota Dyna 115ps (15B)

swap engine blazer

Hello IndoBlazer reader,
Udah lama nih ga update soal Blazer dan utak-atik mesin Blazer. Makanya kali ini IndoBlazer akan memberikan informasi mengenai swap engine Blazer menggunakan mesin Toyota Dyna 115ps bak kayu dengan kode mesin 15B tahun 1997.

Jadi gini ceritanya. Awalnya chating karena mau beli talang air, lalu cerita-cerita mengenai Blazernya yang ada di daerah Kalimantan. Namanya didaerah mencari mekanik yang beneran ngerti Blazer adalah lebih sulit dari mencari batu akik, nah karena masalah tersebut disana yang penting mobil bisa jalan, bagaimanapun caranya. Misalnya saja customer yang ada di Jambi, karena merasa mesin injektor ini lebih susah untuk maintenance akhirnya kembali dipasang karbu punya Mitsubishi TS120.

Oke kembali ke masalah mobil Blazer diesel di Kalimantan. Menurut yang punya, disana banyak Blazer mangkrak dan mati cuma karena ga ada yang bisa benerin mesinnya. Sayang.. Ya emang sayang, mau dijual murah banget, dibenerin juga mahal banget akhirnya jadi hiasan jalan raya aja atau nitip di bengkel berbulan-bulan.

Yang punya mobil kali ini adalh seorang musisi yang enggan disebut namanya, untuk tempat juga cukup sebut kalimantan aja pintanya.

Dengan menggunakan mesin truk dyna 115ps dengan kode mesin 15B untuk menempuh jarak 500km dari tempatnya ke Banjarmasin cukup dengan solar 350ribu untuk pulang pergi dan masih sisa 2 strip. berbeda dengan mesin DOHCnya dulu, untuk menempuh jarak tersebut harus 750ribu untuk bensin. Secara FC jelas menjadi lebih irit.

Menurut yang punya, untuk awalnya dia membeli truk bekas seharga 16 juta, diambil mesinnya lengkap dan sisanya dijual kiloan, lumayan bisa dapat 3,5 juta untuk sisanya biaya swap engine.

Kendala yang dialami ketika memasukan ke dalam ruang mesin Blazer adalah ukuran mesin yang besar, susah payah juga memasang mesin 15B. Harus merubah dudukan engine mountain, bongkar grill dan bumper, bahkan untuk fender samping ikut juga dilepas yang penting nih mesin bisa masuk. Lantai juga dibobok karena kebutuhkan gigi gantung dari truk tersebut untuk menyesuaikan dengan Blazer. Lama pengerjaan kurang lebih 2 bulan, itupun dikerjakan diwaktu senggang saja, ga fulltime. Istilahnya tergantung jadwal manggung. hehehe

Menurut pengalaman om "T" untuk mesin barunya ini bisa start di gigi 4. Gimana tuh mantepnya? Gigi 4 aja bisa diajak start and Go. Bisa jadi ini karena tenaga truk aslinya, bayangkan saja tuh mesin biasanya bawa beban 10 ton, sekarang cuma bawa body dengan beban 2 ton, jelas sisa banyak tenaganya. Itu secara teori bodohnya saya ya om bro. Tapi mesin diesel ini kadang bisa menjadi bahan jail juga, ketika macet dan dari belakang tatit tatit klakson, langsung aja bejek tuh gas pasti keluar semua tuh asap hitam khas Diesel. Tapi untuk hal ini jangan ditiru ya..

Sebelum pindah mesin ke 15B, ternyata Blazer dengan kelir hijau ini pernah juga menggendong mesin sedan Toyota Corona 12R Hiace. Namun karena beban sedan setengah dari beban Blazer akhirnya ga menemukan torsi yang diharapkan alias masih memble. Sebulan ganti lagi. Anggap aja itu adalah eksperimen "gagal" dari sebuah swap engine.

Aki menggunakan 2 buah. 120A untuk mesin dan lampu-lampu, yang 65A  untuk extravan sama blower AC. Nah ini menjadi masalah yang belum menemukan jalan keluarnya. Aki untuk truk Dyna 120A itu ukurannya 2x ukuran normal Blazer, artinya butuh space lebih untuk menyimpannya. Dan untuk sementara masih disimpan di kokpit, lokasi biasanya memasang Consol Box. Hahaha resiko pake mesin truk.

Untuk indikator yang ada di dashboar kini hanya nyala untuk bensin dan dan lampu dekat jauh, selebihnya mati.

Alternator asli toyota dyna tapi menggunakan dioda 15A x 4 buah untuk mengisi 2 aki tadi.

Lantai di bobol biar masuk mesin sekalian transmisi. Karena Dyna pake gigi gantung tarik maka diganti menggunakan gigi tongkat, dan tongkat perneling menggunakan punya Suzuki Carry. Tali menggunakan punya PS, dan tapi untuk masukan gigi pake punya Carry.

AC menggunakan AC sanden 508.

Power Stering menggunakan punya L300. Transmisi asli Toyota Dyna dan mesin seglondong.
 
Beberapa gambar mobil punya om "T" biar ga disangka hoax.

swap engine blazer
mesin truk Dyna di Blazer

swap engine blazer
Tampak depan ada lubang bekas pake mesin sedan biar adem

swap engine blazer
Aki 120A masih ada di kokpit

swap engine blazer
Aki 120A masih di kokpit

swap engine blazer
Mesin truk Toyota Dyna di Blazer

swap engine blazer
Swap Engine Blazer menggunakan Toyota Dyna

swap engin blazer
Swap Engine Blazer menggunakan Toyota Dyna

swap engine blazer
Swap Engine Blazer menggunakan Toyota Dyna
 Hasil chating saya skrinsut yang pentingnya saja.
chating

Karena ini mobil yang punya anak band isi Rok kadang membawa artis ibukota juga untuk acara dangdut. hahaha
artis

Untuk biaya kurang lebih 35 juta.

Karena selamat tinggal dengan mesin DOHC maka kita tonton aja Video yang punya mobilnya.

Gimana? Cukup jelas untuk Swap Engine Blazer mengunakan Mesin Toyota Dyna 15B 115PS. Jika nanti ada update akan  diupdate lebih lagi.

Semoga berguna.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
WA only : 0813822BLAZER (39343)
BBM : 53FB5271
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar