Skip to main content

Cara mengetahui Radiator tidak berfungsi dengan baik.

Hello Om Bro IndoBlazer.
Salah satu penyakit yang paling ditakutkan dalam berkendara adalah overheat. Karena dengan penyakit ini bisa membuat kantong kita menjadi ramping singset dan bisa merembet kepada turunnya mesin mobil kita. Dan salah satu penyebab dari overheat adalah karena radiator buntu alias peredaran air dari radiator ke mesin dan kembali ke radiator ada yang menyumbat alias tidak mengalir bebas.

Kalau teori kelas Forum Blazer Indonesia kali ini akan membahas cara mengetahui Radiator tidak berfungsi dengan baik.
Perhatikan gambar dibawah.
radiator
Alur Air Radiator
Yang satu ini harus diwaspadai karena dapat menyebabkan engine overheating. Secara fisik dapat dilihat bila terjadi kebocoran pada bagian luarnya, lalu bagaimana kalau bagian dalamnya tersumbat?

Dibawah ini ada 2 cara untuk mendeteksi radiator yang tersumbat :

Pertama bisa di ketahui dari lamanya Elektrik Fan hidup yang disebabkan karena banyak saluran air radiator yang tersumbat sehingga kemampuan pendinginan air radiator oleh fan radiator kurang yang membuat air radiator lama didinginkan, sensor air radiator (water temperatur sensor) akan terus memerintahkan kipas radiator untuk terus berputar.

Kedua untuk mengetahui kondisi Radiator tidak berfungsi dengan baik karena tersumbat adalah saat sudah temperatur kerja mesin mobil dan termostat sudah terbuka, kipas radiator hidup, sambil buka tutup radiator, ketika mesin stasioner atau pun di gas 1500 rpm, air radiator tidak terlihat turun dengan cepat mengikuti putaran water pump yang berputar mengikuti putaran mesin. " Perhatian cara ini jangan di lakukan jika belum berpengalaman ya"

Banyak kasus yang terjadi, radiator baru tapi tetap saja overheat. Bisa jadi karena masalah radiator buntu seperti diatas.

Mudah-mudahan informasi pendek kali ini bisa berguna untuk kita semua 

Sumber : Materi kuliah FBI by opa Baracuda
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
WA only : 0813822BLAZER (39343)
BBM : 53FB5271
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar