--> Skip to main content

Perkembangan GM V engine dari masa ke masa.

Hanya untuk pengetahuan, GM V engine adalah engine andalan GM, baik di otomotif, marine, maupun genset,baik diesel maupun bensin.

Sejak dahulu kala bentuknya tidak berubah, cylinder block berbentuk huruf V, single camshaft terletak ditengah block, diatas crankshaft, menggunakan timing chain, HLA,push rod dan rocker arm yg tidak berubah hingga kini.

Selalu menggunakan Delco atau distributor,kalau dulu isinya platina atau contact poin, sekarang berisi ICM.

Kalau dulu menggunakan carburator 4 barrel, sekarang menggunakan injection system yg dikenal dengan nama spider.

Kalau dulu sistim penyalaan konvensional, sekarang menggunakan engine management system yg dikenal dengan Vortec dan yg terbaru sekarang adalah Direct Ignition System dan Direct Fuel Injection, Dan GM technologie yang terbarukan adalah active fuel management system, dimana sistim ini dapat menonaktifkan sebagian dari jumlah cylinder untuk fuel ekonomi pada kondisi jalan macet.

Demikian pengenai perkembangan V engine GM dari jaman dulu sampai sekarang.
v engine

v engine

DOD displacement on demand.
Pada saat komputer mematikan fuel dan ignition pada Active Fuel Management System, maka HLA akan membuka valve pada langkah kompresi seperti pada gambar, sehingga engine tetap idle waktu sebagian cylinder di non aktifkan.
displacement on demand.

Bentuk HLA dari Active Fuel Management.

Bentuk HLA dari Active Fuel Management

TBI, throttle body fuel injection adalah generasi pertama dari GM V engine yg menggunakan sistim injeksi setelah carburator...
TBI kit, di jual untuk upgrade GM V engine yg menggunakan carburator menjadi sistim injeksi
throttle body fuel injection

The new vortec engine.
Vortec engine adalah pembaharuan dari sistim TBI dimana sistim fuel injectionnya ada di masing2 intake manifold dikenal dengan spider atau MPFI ada juga yg menggunakan sistim Squential Fuel Injection....
Generasi terbaru dari MPFI, adalah Direct Fuel Injection,dimana masing2 injektor berada langsung di chamber pada ruang bakar dan tidak lagi berada pada intake manifold.
The new vortec engine.

Generasi terbaru dari vortec engine adalah EcoTec 3.
EcoTec 3.

variable valve timing, direct injection, and cylinder deactivation


Semoga berguna.
Sumber : Opa Baracuda VDL
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
WA only : 0813822BLAZER (39343)
BBM : 53FB5271
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar