Skip to main content

Sistem Pelumasan Pada Engine Head Blazer

tips
Kali IndoBlazer akan menjelaskan sistem pelumasan dan jalur sirkulasi pada engine bagian head Blazer.

Gambar-gambar dibawah adalah beberapa contoh ruang sirkulasi oli pada mesin bagian atas, masing masing lubang mempunyai diameter kurang lebih 1mm. Lubang lubang tersebut berfungsi sebagai jallur pelumasan Part yang ada pada head, misalnya Camshaft,Coin HLA,dan pelatuk klepnya. dengan diameter yang sangat kecil ini sangat rawan tentunnya dengan kotoran kotoran atau sisa kerak oli dsb yang dapat menghambat kinerja pelumasan. Bila mana terhabat tentunya akan terjadi hal yang fatal adanya. Lalu bagaimana cara merawatnya?

1. Gunakan oli dengan SAE yang encer misalnya 10-40 atau 5-40 atau sesuai anjuran manual book. perhatikan juga oli yang di pakai. karena Bila memakai oli yang kental justru dapat menghambat kinerja sirkulasi dan semakin lambat mencapai HLA itu sendiri, selain itu kinerja mesin juga terbebani, yang terpenting adalah Oli tidak terhambat bukan tekanan oli tinggi. menggunakan oli kental jelas akan memuat tekanan oli naik karena pompa oli akan memompa oli dengan keras dalam lubang yang sekecil itu Patokan termudah adalah API service, semakin tinggi API service akan semakin baik untuk engine. Atau kita boleh memilih Oli dengan grade yang sama pada manual book atau lebih tinggi akan lebih baik.
2. Rutinlah ganti filter oli, kotoran kotoran dan kerak oli supaya tidak menghambat sirkulasi dan kinerja HLA(Coin).
3. pompa Oli, dimana pompa oli sudah berkuang daya pompanya makan segeralah mengganti part tersebut, karena sangat fatal akibatnya bila terlambat penanggan. patokanya cukup lihat warning lamp (check gauges) pada panel dashboard bila sudah menyala terus menerus segeralah hubungi Bengkel rekanan anda.
4. Bersihkan lubang lubang sirkulasi setiap 30.000 - 50.000 km agar terjaga kelancarannya dan maksimal dalam mendistribusikan oli

Cara membersihkan
Untuk membersihkannya cukup mengunakan serabut kawat atau paper klip dengan mengunakan cleaner atau cairan engine flush, (bila mesin tidak top houl). bila mesin sedang overhoul gunakan foam cleaner atau solar. tusuk susuk secara perlahan lubang tersebut hingga di rasa sudah bersih lalu jangan lupa bila atau sediakan tissu agar kotoran tidak menempel kembali ke dinding engine.

sekian Share hari ini mungkin ada koreksi dan pertanyaan silahkan tulis di bawah sini.
tips mesin

Sumber : Postingan om Bernadius di Forum Blazer Indonesia
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
WA only : 0813822BLAZER (39343)
BBM : 53FB5271
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar