Mengupas mobil Citroen (kekurangan, kelebihan, bengkel dan sparepart)

citroen
Citroen, Ya mobil eropa keluaran Prancis ini memang tidak banyak beredar di Indonesia. Siapapun yang melihat mobil ini pasti akan bertanya mengenai mobil yang memang terlihat lebih unik pada bagian belakangnya. Terlihat pendek dan tertutup separuh bannya. Weleh bagaimana ganti bannya nih?

Tidak dikenalnya mobil ini menjadi maklum karena di Indonesia sudah tidak ada ATPM nya. PT Alun yang menjadi agen tunggal Citroen di Indonesia kini sudah tidak bekerjasama lagi dengan Citroen,harap maklum karena harga mobil Citroen jauh lebih mahal dibanding dg mobil2 buatan jepang pada masa itu. dan termasuk sebagai mobil mewah pada zamannya.

Citroen ini adalah satu-satunya mobil di Indonesia yang bisa berjalan dengan 3 roda. Kalau tidak percaya perhatikan video berikut.

Gimana? Aneh kan bisa jalan dengan lancar walau hanya menggunakan 3 roda? Itu karena Citroen ini menggunakan sistem suspensi hydrolic dengan cara membagi tekanan olie kesetiap ban melewati tentakel-tentakelnya. Dan ini adalah bagian yang menjadi kunci nyamannya dari mobil Citroen ini. Bayangkan saja dengan 3 roda bisa jalan sudah pasti dengan4 roda dan melewati jalan keriting akan tetap ngeloyor tanpa sandungan.

Untuk sektor mesin memang banyak orang yang berpikiran jika mobil eropa adalah mobil yang rumit perawatannya. Sebenarnya bukan rumit, tapi sistem yang berbeda dengan sistem jepang yang membuat banyak orang tidak mengenal dengan mobil eropa ini. Dan sebagai informasi saja, untuk mobil Eropa mungkin sudah menggunakan tehnologi jauh diatas jepang saat masuk ke Indonesia, makanya banyak yang merasa bingung karena kebanyakan pegang mobil jepangan.

Bahan bakar mobil ini termasuk irit Citroen bx 1600cc premium dalam kota 1:8 luar kota 1:9-10.umumnya pengguna citroen mereka mengganti karburator citroen asli diganti dengan karburator kijang kapsul1800cc agar lebih irit.

Spesialist Bengkel Citroen di Bandung ada di Jl.Ciateul No.28 depan gedung tas Elizabeth Mekanik Spesialist Citroen Hubungi saja Kang Nono Hp.081214058904 / 087722157673.

Lalu apa kelebihan dari mobil Citroen ini?

1. Menggunakan sistem suspensi Hydrolic Pnematic. Yang mana sistem suspensi ini adalah suspensi tanpa per atau shockbreker seperti umumnya dipake mobil lain.Citroen merupakan  mobil satu2nya di dunia yang menggunakan suspensi Hidrolik Pnematic yaitu terdapat 5buah bola2 (3didepan 2dibelakang) disetiap masing2 kaki2 mobil terdapat bola2 yang didalamnya ada cairan oli dan oksigen udara yang bekerja secara hidrolis naik turun kebawah dan keatas  sehingga terjadi ayunan suspensi yang sangat empuk dan lembut namun tetap nyaman bagi pengemudi dan penumpang yang duduk dibelakangnya.

 
citroen

citroen

2. Suspensi super empuk. Pernahkah anda naik mobil Citroen, jika belum segeralah coba untuk tes drive atau menjadi penumpangnya. Dijamin nyaman banget, untuk melewati polisi lagi tidur aja tampa goncangan. Ini dikarena sistem suspensinya yang mengatur ketinggian secara otomatis lewat tentakelnya. Silahkan bandingkan dengan mobil tua yang katanya suspensinya nyaman juga seperti Mercy Boxer,Tiger,Peugeot 505,Toyota Camry, Crown,Cressida,Marx2,Honda Accord,Nissan Cedric,President,Mazda Interplay,Lancer,Galant.yang konon mobil2 tsb terkenal akan kenyamanannya masih kalah lebih empuk dibanding dengan kelembutan suspensi Citroen.
citroen


3. Anti pegal walau untuk keluar kota. Beberapa pengalaman pengguna Citroen memang mengagungkan tentang suspensinya dan ini memang menjadi nilai yang tidak ada bandingnya kecuali mobil diatas 300 juta yang bisa meredam goncangan sehalus itu. Usinya sudah hampir tua 1984-1995 mungkin sudah mencapai 20 tahun lebih, dan ini menjadi salah satu mobil built up yang masih worthed untuk diajak jalan jauh tanpa takut pegal.

4. Mobil ceper turun kebawah (ndeprek) pada saat parkir. Kalau pernah melihat mobil Citroen ini parkir tentu akan berpikir bahwa ini mobil ceper seperti itu bagaimana mengendarainya?. Kedua roda belakangnya nyaris terlihat  1/4nya saja 75%ban ngumpet ke dalam spakbor dan dalam keadaan seperti ini mobil terlihat seperti  kebo duduk andeprok menjadikan mobil ini  terhindar dari pencurian,karena maling menyangka ini  mobil mogok,tidak bisa didorong.bahkan kesannya sprt mobil tidak jalan. Tapi setelah di stater mesin dipanaskan dan injak pedal gas sedikit2 tunggu sktr 1-2 menit secara perlahan suspensi naik sendiri keatas.dan ini merupakan moment yg jarang ditemui,sehingga Citroen saya pun selalu jadi tontonan orang disekitar yang melihatnya.

5. Mobil bisa tetap berjalan walaupun hanya tiga roda. Jika sedang melaju kencang di jalan tol tiba2 ban mobil pecah dijalan anda tidak perlu takut terjadi mobil oleng, mobil masih tetap bisa melaju berjalan seimbang  tanpa miring sebelah.tanpa perlu mengganti ban serep sampe anda mencari menemukan tukang tambal ban dipinggir jalan.bahkan jika ban belakang atau depan dicopot satu,sebelah hanya dengan tiga rodapun mobil masih tetap bisa melaju tanpa ban,..aneh memang.kerena sistem hindrolik inilah yang menjadikan mobil ini tetap seimbang & berjalan dg stabil.
citroen

6. Bisa ganti ban tanpa dongkrak. Keunikan lainnya jika sedang mengganti ban namun anda lupa membawa dongkrak mobil ini tetap bisa mengganti ban tanpa perlu bantuan dongkrak sekalipun,caranya naikan satu ban keatas papan balok terus putar keempat baud ban dilonggarkan pindahkan tuas ketinggian suspensi ke level tertinggi dg cara digas,setelah ketinggian maksimal  ganjal rangka dengan balok kayu,kemudian turunkan kembali tuasnya dan ban siap diganti.

7. Oli suspensi bisa pake minyak goreng. Tentu ini adalah bersifat sementara. Ketika dijalan terjadi kebocoran pada oli suspensi dan kehabisan bisa untuk langkah sementara menggunakan minyak goreng.

Setelah kelebihan tentu ada kekurangannya yang harus juga diulas disini.

1. Mobil tua. dengan umur mencapai 20tahun ++ tentu harus ada extra perawatan. Tapi jangan khawatir, selama perawatan rutin dan cek tentakelnya rutin tanpa bocor mobil ini akan aman-aman saja.

2. Bengkelnya jarang. Untuk mobil tua seperti ini memang selalu jarang bengkelnya, jangankan Citroen yang sudah tidak ada penerusnya di Indonesia, untuk Chevrolet dan Opel aja jarang. Untuk bengkel di Bandung  ada kang Nono, dan Jakarta ada 5 bengkel juga. Karena menggunakan mesin Peugeot, jadi bisa ke bengkel peugeot.

3. Sparepart susah. Ini adalah momok dari setiap pengguna mobil tua eropa. Berbeda dengan jepangan yang walaupun sudah tua masih banyak beredar sparepartnya.

Mudah-mudahan informasi dari IndoBlazer kali ini mengenai Citroen bisa bermanfaat untuk para pecinta mobil eropa tua.

Update : Sistem pendinginan / Radiator Citroen BX
Saya ingin sedikit komentar, mohon koreksinya jika ini salah sejauh yg saya tahu sistem vacum maksudnya disini adalah bahwa dalam sirkulasi (diawal) tdk ada buble (kelebihannya semua laluan/ jalur air full keisi air yang berarti jumlah air yang mengalami transfer panas lebih banyak).

Sistem ini sebenarnya termasuk canggih/ rumit namun perlu maintenance yang benar (lebih repot), umumnya digunakan mobil-mobil Eropa. Jalur air sudah dirancang sedemikian rupa sehingga pada level air normal (diindikasikan tidak adanya keluar udara {hanya air} ujung baut bleeding, disisi kiri radiator).

Namun demikian tetap ada ruang udara di sisi atas Radiator, yaitu di sisi pengisi air. Perlu diperhatikan, sistem ini tidak menghendaki mengisi sampai penuh ke tutup radiator, level air pengisian cukup pada kondisi baut bleeding sampai keluar full air (kemudian ditutup lagi), hal ini bisa ditandai dengan menyentuhnya permukaan ke semacam tonjolan (2 atau 3 stik kecil) disisi pengisian air, memang kesannya radiator kurang air.

Fungsi ruang kosong ini untuk kondensasi seperti halnya kotak plastik isi air di mobil Jepang. Jika ini keisi penuh maka ruang yang sempit ini tdk cukup mampu menampung uap air yang panas, yg berarti akan meyebabkan tekanan naik tinggi dan ttk didih air akan naik (hukum Fisika, jika tekanan naik maka temperatur didih naik). Efeknya pressure akan semakin naik dan temp. mesin akan sgt tinggi, ini berbahaya. Gejalanya bisa dilihat dengan terjadinya aliran air mengalir dalam jumlah banyak melalui tutup radiator.

Memang filosofinya yg berbeda dgn mobil Jepang, bukan karena konvensional. Penggunaan Radiator Coolant tdk terlalu dianjurkan kecuali fungsinya lebih sebagai pencegah karat. Maka pilih yg jgn mengandung additive penaik temp. didih, karena mobil Eropa temp. kerjanya saja sudah relatif tinggi. Utk mobil Jepang bolehlah. Kalau di Renault 12 saya lihat ruang kondensasinya seperti mobil Jepang (terpisah) namun sistemnya tetap menggunakan vacum. Ini dulu ya, kalau ada kesalahan tolong di perbaiki.

Salam Purubojo
Sumber : http://citroenindonesia.com/?show=reviews&id=3
Donwload beberapa file wajib Citroen BX.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
WA only : 0813822BLAZER (39343)
BBM : 53FB5271
Artikel terkait, silahkan dibaca :

Comments

Post a Comment

- [Order part dan aksesoris Blazer 081382239343 ]
Untuk berdiskusi sehat, Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar.
Terima kasih.
Admin Indoblazer

Informasi Penting

Aksesoris

Modifikasi

Tips

Bengkel