--> Skip to main content

Sparepart Blazer mahal, pake KW aja tapi jangan sampe salah beli ya. Baca dulu perbedaanya.

Hello om bro, Dari dulu sampe sekarang musim mobil injeksi berkeliaran, image sparepart mobil eropa mahal sepertinya masih aja melekat sampe tulang. Setiap orang membeli mobil Blazer atau mobil eropa lainnya selalu bilang boroslah, sparepartnya susahlah, apalah-apalah. Padahal yang namanya boros, dengan cc 2200 sepertinya wajar, lupa kali ya kalo Paijo, Fortun juga boros (versi bensin). Dan soal sparepart mahal itu sih relatif, beli avanza yang sejuta umat juga susah kalau nyari sparepart yang emang susah. Jadi yang namanya sparepart mahal sepertinya udah ga berlaku lagi, RELATIF.

Jaman dulu juga, yang namanya mobil eropa itu ga ada sparepart KW, semua harus ORIGINAL dan memang pada masa itu jarang yang jual sparepartnya. Nah sekarang sih banyak, banyak. Mau yang Original banyak, mau yang KW banyak, mau yang copotan juga banyak, lalu? Ya sudahlah. Semua tergantung isi dompet, kalau lagi berbentuk peci ya sudah pake yang KW dulu sementara atau copotan.

Karena banyaknya variasi dalam sparepart Blazer, tentu juga kita harus jeli dalam memilihnya. Jangan sampe membeli barang yang ORI tapi ternyata barang KW. Menurut mbah HIKMAT penguasa Panorama Motor, ada beberapa hal yang harus kita ketahui untuk membedakannya sebuah sparepart asli atau aspal alias KW.

SPAREPART ORI GM ( genuie part )
Untuk sparepart jenis ini memang dibuat benar-benar presisi dari berbagai spek. Dan tentunya kualitas terbaik diberikan dari sparepart jenis ini, lifetime juga terjamin. Setiap kemasan sparepart ORI GM selalu tercantum barcode,part number,hologram dan logo resmi GM ( general motor ) seperti pd gambar dibawah ini.

Secara harga part ori gm ditentukan oleh pihak GM setiap tahun ada update harga penyesuaian tergantung situasi,( biasanya faktor kurs rupiah ) besaran harga sudah tercantum di buku manual part katalog,jd setiap partshop/ bengkel tidak seenaknya menjual semaunya ada batasan harga tertinggi dan terendah.

PART ORI LOKAL
Untuk part satu ini banyak miss persepsi bahwa part ini adalah part buatan indo alias lokalan negeri sendiri,memang banyak persepsi yg beredar jd sebelumnya kita coba bahas, sebatas pemahaman newbie ya,maklum newbie baru bermain di spare part chevrolet baru dari tahun 2008 sampai sekarang blm usia yg lama jika dibanding rekan2 seprofesi lain nya.

Jadi part ori lokal biasanya hanya ada di kendaaran keluaran chevy yg usianya sudah diatas 15 tahun,knp begitu? Yak alasan nya nenurut cerita dan history dari engkoh2 yg lbh senior dari kita,pihak chevrolet / GM menjamin keberadaan spare part setiap jenis kendaran selama 10 sampai 15tahun,setelah massa itu pihak GM menyerahkan ke pihak ke 3 atau pabrikan pembuat nya untuk tetap mengedarkan atas lisensi GM, tentu saja kualifikasinya harus sesuai dengan standar GM,biasanya untuk part lokal dus nya berwarna putih dan tetap ada stiker logo,part number dll seperti halnya part ori lain nya,untuk harga biasanya part ori lokal lebih bersahabat dibanding part ori gm,misal contoh : idle arm ori gm blazer made in detroit usa berharga Rp 1.700.000; sementara untuk part yg sama buatan ori lokal GM made in taiwan,korea,thailand dll di bandrol harga Rp.450.000 sampai 600.000 ( bergantung partshop dan lokasi beda pulau beda harga).
Untuk kualitas tidak usah kwatir karena masih dalam standar GM untuk kualitas presisi walau kadang life time nya random dan tisak sekuat versi genuie asli amrik secara lifetime,biasanya yg versi ori lokal untuk part kaki2.

SPAREPART EOM IMPORT
Part yg satu ini hampir sama dengan part ori lokal yaitu part bikinan pabrikan pihak ke 3 dengan standar GM hanya saja part oem tidak disertai kemasa embel2 stiker GM,tapi dengan brand atau merk sendiri misal nya LUK...S.FA.L .. serflex.nissens.assy..dan lain2 secara harga sedikit lbh murah 20 sampai 50% dari ori gm versi genuie,dari sisi kualitas dan life time bisa dibilang baik kadang versi oem nya lbh baik dr versi ori lokal dan bahkan mendekati ori genuine.walau demikian versi oem dengan berbgai merk ini mudah dipalsukan dan banyak beredar versi cungko alias bikinan tiruan negeri cina dan dikemas dengan kardus serupa,jd percaya selalu pada seller/ partshop yg konsisten dengan kualitas karena walau bagaimanapun safety yg utama.


SPAREPART KW
Part yg satu ini identik dengan part diluar GM tapi sebetulnya part ini biasanya part hasil kreatifitas individu atau home industri atau bengkel bubut,biasanya part jenis ini kemasanya ala kadarnya bahkan tanpa kemasan sama sekali dan secara fisik serupa tapi secara ukuran biasanya selisih skian mm misal part engine mounting,karet2 dll ..
SPAREPART COPOTAN
Sparepart yang satu ini masuk juga jajaran wajib cari, karena biasanya kalau copotan masing menggunakan sparepart original aslinya, jadi bisa dijadikan sasaran juga. Yang wajib ditanyakan adalah kondisi sparepart tersebut.

Nah setelah mengenai jenis-jenis sparepart dari yang ORI GM sampe yang KW, mudah-mudahan kita menjadi lebih teliti sebelum membeli. Tanyakan kualitas barang yang kita beli, jangan sungkan juga untuk bertanya rekomended sparepart terbaik. hehehe

Semoga berguna om bro. Cmiww

Sumber : chevrolet-opeblazer.blogspot.com
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
WA only : 0813822BLAZER (39343)
BBM : 53FB5271
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar