--> Skip to main content

Inilah penyebab rusaknya alarm mobil yang wajib diketahui dan cara memperbaikinya.

Alarm adalah salah satu piranti keamanan kendaraan yang sudah banyak diaplikasikan pada setiap kendaraan. Pada saat ini alarm mobil biasanya sudah include saat mobil keluar dari dealer, dan untuk mobil yang keluar dari dealer tanpa alarm mungkin bisa menggunakan alarm aftermarket yang banyak dijual di bengkel-bengkel aksesoris.

Banyaknya kendaraan yang menggunakan alarm ini karena fungsi penting dari alarm itu sendiri. Dengan adanya alarm atau remote akan membantu anda terhindar dari aksi kejahatan akibat pencuri. Alarm remote ini yang akan mengeluarkan bunyi ketika ada hal yang mencurigakan melakukan sesuatu pada mobil kita.
alarm rusak

Kendala yang sering dialami oleh kendaraan yang menggunakan remote adalah disconnect atau rusak dengan ditandai remote tidak berfungsi, tidak bisa di kunci atau tidak bisa dibuka menggunakan remote. Bahkan kadang alarm mobil juga tidak berfungsi dan mengeluarkan suara. Lalu apakah penyebabnya ? Ada beberapa hal yang telah menyebabkan remot alarm tidak bekerja atau sudah rusak, yaitu :

Tombol Remote Alarm Rusak.
Kerusakan pada tombol alarm biasanya karena faktor usia. Ketika usia remote sudah diatas 3 tahun kemungkinan rusaknya tombol ini sangat mungkin terjadi, terlebih ketika mobil sering digunakan. Bisa juga karena sering jatuh atau terkena air.

Remote Alarm habis baterai.
Remote ini menggunakan daya baterai, dan jenisnya berbeda-beda. Untuk kerusakan karena baterai habis bisa tinggal kita ganti. Atau untuk preventif biasakan tersedia baterai cadangan minimal 1 pcs. lifetime dari baterai remote ini bisa mencapai 1 tahun.

Adanya Gangguan Frekuensi Alarm
Ketika kita parkir dibawah jaringan listrik beraliran tinggi, sutet, BTS, Pemancar radio, kamera CCTV dan juga logam protektor biasanya bisa menimbulkan menggangu jaringan Alarm mobil. Biasanya gangguan tersebut karena frekuensi yang dipakai oleh alarm mobil mendekati frekuensi yang ada di tempat tersebut. Jika mobil terlanjur tidak bisa dihidupkan, dorong ke tempat aman dan coba kembali alarm mobil anda.

Kerusakan internal dari remote modul
Nah, untuk masalah yang satu ini biasanya alarm akan mengeluarkan bunyi terus menerus, sedangkan remote kadang berfungsi kadang tidak. Cara untuk mengatasinya yaitu lepaskan modul alarm supaya alarm sementara tidak aktif, terutama untuk alarm mobil yang modulnya masih terpisah dengan ECU mesin.

Akan tetapi jika modulnya sudah menyatu dengan ECU maka solusi yang bisa anda lakukan yaitu harus pergi ke bengkel untuk melakukan reset atau perbaikan sistem Alarm.

Mudah-mudahan artikel sederhana mengenai kerusakan pada alarm mobil ini bermanfaat untuk semuanya.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
WA only : 0813822BLAZER (39343)
BBM : 53FB5271
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar