Skip to main content

Tips membeli mobil bekas ala IndoBlazer. Grand Livina dan Terios

Hello om bro, salam tetot.
Beberapa waktu kemaren saya lagi hunting mobil second untuk senki nih. Udah coba beberapa showroom untuk cek dan ricek harga rondo dari mobil incaran. Kebetulan lagi ngincar Daihatsu Terios th 2011 atau 2010 type TX manual. Beberapa showroom yang ada stok di datangi, coba  tanya-tanya harga dan liat kondisi.
Daihatsu Terios 2011
Jika dilihat dari kondisi body dan aksesoris memang yang namanya showroom itu ada keahliannya untuk membuat mobil rapi tapi yang namanya mata manuasia dan sensor-sensor yang ada di tangan ga bisa langsung dibohongi gitu aja.

Ada yang cocok 1 unit, pas lagi dilihat ternyata sebelum saya datang udah ada 1 orang yang lihat juga dan akhirnya deal duluan sebelum saya. Ada juga yang metik 2011 warna putih, kilometer masih 6ribuan. Masih maknyus dari mesinnya sih, tapi lihat pintu belakang kanan ada sisa cat pada sensor pintu. Hmm ini mobil habis kecelakaan parah kalau kayak gini. 1 pintu warnanya terlihat beda putihnya, clearnya beda pantulan cahayanya.

Kalau dilihat dari kriteria mesin 1500cc metik juga sepertinya tidak akan lebih baik dalam konsumsi BBMnya dibandingkan dengan Blazer saya dirumah. Baca beberapa reverensi juga kok sama saja diangka 7-9km/liter bahkan untuk versi manualnya juga sama saja ga akan beda jauh terlebih metik. Jadi ngeper juga, walau secara FC ga akan kaget dengan konsumsi BBM segitu. OK stop dulu liatnya lanjut minggu depan aja kali aja ada yang bisa masuk di kantong lagi.

Kemaren saya coba ganti mobil aja dari Terios turun ke Nissan Grand Livina, cari yang tahun sama 2010-2011 up dengan harga yang ga beda jauh sama Terios. Nah kali ini nyari Livina minta tolong temen nih, kebetulan banyak akses ke club-club di Karawang. Jos sampe sore-sore ke Karawang kita lihat mobilnya. Grand Livina tahun 2008 metik. Kondisi luar overall mulus tanpa lecet cuma ban aja udah agak botak yang depan dan sebelah kiri depan beda motif.
Nissan Grand Livina 2011
Coba tengah-tengok kayak orang ngerti, interior juga lumayan nih cuma ada beberapa minus aja. Ternyata type Grand Livina type XV metik tahun 2008 ini 1800cc om bro jadi ngeper juga liat cc segitu, enak buat narik-narik enak juga buat belok ke kiri kalo liat pom bensin artinya ga akan beda jauh sama Blazer beti, beda-beda tipis lah. AC dingin joss. Interios jok ya karena tahun cuma menjelang 1 dekade udah mulai sobek-sobek jahitannya. LIhat lagi ke dashboard, ga ada indikator yang aneh dari sensor-sensor walau lihat  kilometer kok udah 203ribu kilometer. Cape nih mobil. Coba liat juga kisi-kisi ac kok oblak ya,jiah TV juga di copot ganti model tapi lagi dengan sisa potongan panelnya masih belum lengkap.

Kembali ke sisi luar coba tengok mesin lah, kali aja nemu yang minus juga nih. Dan jreng ada jumperan kabel entah dari apa gitu lupa namanya. Karena kepikiran ini mobil cape banget sampe 203ribu kilometer jadi pengen intip juga kaki-kaki, shock masih OK ga ada rembes tapi lihat di besi stabilizer kok ada olinya, sepertinya udah mulai oblak nih armnya.

OK semuanya mulai terungkap nih minus nih mobil.

Coba lihat-lihat lagi kaca depan deh kok ada yang menyolok nih, silver-silver gitu dan pas dideketin kelihatan banget itu "RETAK" wow kaca depan retak kecil karena batu sepertinya karena ada dekokan juga diretakannya. Kalau dilihat sepintas memang kecil, bahkan seperti kaca film terkelupas, tapi ketika di sinari pake senter kelihatan banget kalau itu kacanya yang retak. Udahlah ga jadi, ga enak nawarnya juga karena minusnya butuh jajan banyak juga nih, budget buat aksesoris bisa jajan buat segala macet. Walau harga bisa kurang juga ya tetep aja sih overall jadi ngeri-ngeri sedap juga nyuntingnya.

Yups, dari sekian pengalaman saya mungkin ada baiknya saja saya berbagi tips mencari mobil bekas ala IndoBlazer.
1. Lihat tahunnya dulu om bro, makin tua kilometer makin banyak walau ga jaminan juga, banyak kok mobil hiasan yang dipake sabtu minggu atau liburan aja, jadi setahun palingan 1000km. hehehe
Tips membeli mobil bekas ala IndoBlazer. Grand Livina dan Terios
Speedometer Grand Livina

2. Kalau tahun muda tapi kilometer banyak banget bisa dipastikan cape nih, jadi cek mesin dan kaki-kaki. Cek aja goyang-goyang tuh mobil kalo kreot-kreot siap-siap jajan kaki-kaki minimal service. Cek juga mesinnya ada yang aneh ga, jumperan-jumperan juga harus ditanyain buat apa dan kenapa. Terus ada oli yang aneh-aneh ga, misalnya rembes atau netes.
Tips membeli mobil bekas ala IndoBlazer. Grand Livina dan Terios
Cek kaki-kaki
Tips membeli mobil bekas ala IndoBlazer. Grand Livina dan Terios
Cek mesin juga

3. Cek body kalau perlu pegang aja keliling mobil. Kerasa beda ga kehalusan catnya lihat juga persisi ada bekas penyok atau beda pantulan cahayanya. Kalau ada sisa-sisa cat sampe kedalam bisa dipastikan ada pernah rusak parah dan harus cat total sampe kedalam. Cek pake senter juga kacanya, takutnya ada retakan kecil yang ga keliatan. Bisa aja sih diganti, tapi pasti akan beda pasangan ori dan pasangan baru dalam segi seal juga.
Tips membeli mobil bekas ala IndoBlazer. Grand Livina dan Terios
Cek kaca juga pake senter lebih terlihat ada retak atau tidak
Tips membeli mobil bekas ala IndoBlazer. Grand Livina dan Terios
cek kondisi ban juga

4. Cek interior, kalo mulus ambil kalo rusak minta kurangin harga aja.
5. Aksesoris kalo perlu cek juga, tuh radio, atau tivinya masih OK atau ga? Kalau minus mendingan minta dibenerin, ganti atau kurangin harga.
Tips membeli mobil bekas ala IndoBlazer. Grand Livina dan Terios
Kalo perlu minta pasang tivi sebagai bonus

6. Elektrikan juga cobain aja, lampu deket jauh, sein hazar, lampu kabin dan power window normal atau minta dibenerin. Kalau bisa dibenerin minta dibenerin dulu, jangan minta kurangin harga lalu dibenerin sendiri, mendingan langsung minta dibenerin aja biar kita ga ribet. Salah-salah benerin bisa berdampak pada ECU error. Jajan banyak.
7. Cek juga no mesin dan no rangka.
8. Cek juga pajaknya berapa. Karena kadang karena ngebet liat mobil langsung aja bayar, pas mau jatuh tempo pajak kaget karena pajaknya bisa seharga 4 ban.
Tips membeli mobil bekas ala IndoBlazer. Grand Livina dan Terios
Pajak mobil
Nah kalo udah baca tips saya diatas ada 1 lagi yang penting. "Jangan lupa bawa mekanik" kalau ngerasa ga percaya diri buat milih mobilnya. Jangan sungkan untuk bayar 100-200 ribuan untuk bantu cek mobilnya karena biasanya ada  hal-hal yang hanya mekanik yang tahu. hehehe 
Sumber gambar : Google Image
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
BBM : 53FB5271
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar