Skip to main content

Cara menggunakan mobil Matic yang benar.

Kondisi jalanan sekarang sepertinya macet adalah hal biasa yang kita temuai dijalanan selain ibu-ibu bawa metik sein kiri belok kanan. Dan dengan kondisi jalanan yang macet memang lebih enak membawa mobil matic dibandingkan manual. Tinggal gas rem saja ga pegal nginjek kopling ketika macet.
Cara menggunakan mobil Matic yang benar.

Orang-orang pun sepertinya mulai bergeser ke arah mobil matic untuk saat ini, walaupun harganya lebih mahal dari manual karena kenyamanan dan kemudahan dalam membawanya yang membuat orang lebih menyukai mobil matic dibandingkan manual.

Tapi kebanyakan orang hanya bisa menggunakan mobil tanpa mengetahui trik yang benar dan membuat mobil lebih awet. Kadang karena matic asal pindah-pindah aja gear tanpa memperhitungkan baik buruknya.

Dibawah ini adalah cara mengendarai mobil matik yang benar dan membuat transmisi awet.

Begini #Cara Penggunaan #Gear #Mobil #Matic yang Benar, Banyak yang Belum Tahu Sehingga Membuat mobil Cepat 'Hancur'.

Pergantian gear/tuas matic yang keliru dapat menyebabkan gearbox mobil anda rusak, dan harga gearbox sangat mahal. Mohon setelah membaca informasi ini, bagikan kepada teman-teman nada.
Cara menggunakan mobil Matic yang benar.

Jangan sekali-kali mengganti gear 'P' pada saat lampu merah.
Cara yang benar saat berhenti di lampu merah:
1. Injak rem kaki
2. Masuk gear N (tanpa menekan tombol pada gear. dorong saja)
3. Tarik rem tangan.
4. Lepas rem kaki.

Saat akan mulai jalan:
1. Injak rem.
2. Masuk gear D (tanpa menekan tombol gear. tarik saja)
3. Lepas rem tangan.
4. Lepas rem kaki.
5. Tekan gas perlahan.

Penggunaan tombol pada gear.
1. Tekan tombol saat pergantian:
P > R ,
R > P
R > N
N > R
D > L/D2
L/D2 > D
2. Jangan pernah menekan tombol diantara
N > D
D > N
D > D3
D3 > D
Kenapa tidak boleh?

Untuk menghindari terlonjaknya gear. Jika terlonjak , gearbox anda bisa rusak. Misalnya dari gear D, anda ingin mendorong ke N. Apabila tidak tekan tombol gear, anda tidak bisa mendorong lebih sebab gear tersekat di N. Tetapi jika anda tekan tombol, anda bisa mendorong gear terus ke R.

Contohnya, sewaktu akan menghentikan mobil, anda akan mendorong ke gear N dari gear D. Oleh karena anda menekan tombol gear, kemungkinan terdorong ke gear R adalah tinggi. Jika mobil belum berhenti sepenuhnya, gearbox bisa rusak. Akibat perpindahan tiba-tiba dari D ke R tertekan secara tidak sengaja.

Berikut adalah susunan gear untuk gearbox mobil matic:

P - Parking, digunakan untuk memberhentikan mobil. Gear akan disekat. Jadi mobil anda takkan bergerak meski rem tangan tidak ditarik.

R - Reverse, untuk mundur.

N - Neutral, jika dalam posisi menunggu lampu merah atau terjebak macet, alihkan ke gear Neutral. bukan Parking. jika dirasa perlu, gear D ke N tidak perlu menekan tombol gear.

D - Drive, perpindahan secara otomatis, gear 1,2,3,4 dan seterusnya. Tombol overdrive - gear akan menyekat untuk masuk ke gear 4. gear yang akan digunakan hanya 1,2 dan 3.

3 - Setengah mobil matic tidak mempunyai overdrive namun mempunyai susunan gear 3 untuk menurunkan gear dari 4 ke 3.

2 - Berfungsi membatasi sistem gearbox anda ke gear 2 dan tidak akan masuk ke gear selanjutnya. Dan akan berpindah ke gear 1 jika diperlukan.

L - Low gear, yaitu gear pertama.

Silakan share, banyak pemilik kendaraan matic yang belum mengetahui hal ini, sehingga keluar uang banyak untuk mengganti gearbox terlalu sering yang harganya sangat mahal.
Sumber : https://www.facebook.com/groups/info.cegatan.jogja/permalink/1608793735813610/

Sama aja sih pada dsarnya matik mobil itu ada type gate ma scuensial yg diatasku scuencial harus pake tombol lock realease buat keamanan aja nek keblabasan keR
Cara menggunakan mobil Matic yang benar.


Silahkan di share jika tulisan ini bermanfaat untuk semuanya.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
BBM : 53FB5271
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar