Skip to main content

Bicara Kymco bicara motor Taiwan, Spesialis motor metik pertama di Indonesia terlahir kembali.

Kenal motor kymco? Untuk anda yang hidup bahagia di tahun 2000an mungkin sudah kenal dengan yang namanya motor keluaran Taiwan ini. Walaupun banyak diantara kita yang kenal dengan Kymco adalah motor keluaran China, padahal bener-bener asli metik dari negara otomotif.
Motor Matic Kymco Free Ex
Kymco Free Ex
Kymco dikenalkan di Indonesia sejak tahun 2000an dan menjadi pelopor motor metik pertama di Indonesia dan ada sebelum metik garpu tala mengeluarkan mio. Kymco adalah brand motor asal Taiwan. Dulu, APM Kymco di Indonesia adalah PT. Kymco Lippo Motor Indonesia (KLMI0, namun karena ada masalah konflik internal dan hutang, hingga perusahaan ini dinyatakan bangkrut dan pada tahun 2009 perusahaan ini hengkang dari Indonesia.

Kymco mengeluarkan produk metik di Indonesia ini ada beberapa macam, dari 100cc hingga 250cc yang hingga sekarang masih ada beberapa yang menggunakan sebagai kendaraan pribadi kemana-mana. Bukan karena tidak ingin ganti, tapi karena pemilik kymco adalah orang-orang yang benar-benar mengerti akan kualitas dari motor ini.

Contohnya saja kemaren saya ketemu dengan seseorang yang menggunakan motor kymco Free EX dengan kondisi masih mulus dan original. Beliau memang dulunya sebagai main dealer di daerah Indramayu dan telah menggunakan motor kymco sejak 2003 hingga sekarang. Semua type Kymco kecuali bebek pernah beliau miliki mulai cc kecil hingga 250cc pernah beliau miliki. Dealer gitu loh, masa ga mampu untuk beli motor sendiri. hahaha

Bahkan menurut beliau juga, kenyamanan yang didapat dari sebuah motor Kymco 250cc melebihi Yamaha Nmax, selain lebih besar dalam cc juga ukuran bodynya lebih besar. Sekarang harga secondnya aja masih diatas 25 juta untuk Kymco 250cc. Spionnya saja sudah autofolding alias biasa melipat sendiri, mirip aksesoris Nmax model sekarang.

Bahkan ada berita menarik terbaru mengenai Kymco di Indonesia dari blognya WarungAsep.com sekarang Kymco akan kembali ke Indonesia lewat APM baru bernama PT. Smart Motor Indonesia atau SMI. Nah, Sejarahnya SMI ini adalah anak perusahaan dari Inggris bernama Epoch, di negara Mr. Bean ini Epoch adalah APM produk Kymco, jadi melihat peluang bisnis di tanah air, mereka pun berinvestasi dan akan membangun perakitan motor di kawasan GIIC (Greenland International Industrial Center), Deltamas, Cikarang, Jawa Barat. Deket dengan rumah nih.

Kabarnya, untuk sementara mereka hanya menyewa pabrik perakitan saja, dan jika prospeknya bagus dalam tiga tahun kedepan, maka mereka akan melanjutkan investasi untuk membangun pabrik. Namun sayangnya, strategi mereka cuma menjual produk skutik premium saja, alias matic 150cc hingga 400cc, jadi gak akan ada matic cc kecil macam Beat atau Mio M3 seperti Kymco dulu, hehe…
Motor Kymco buatan Cikarang

Dikutip dari otomotifnet.com “Kami siapkan mulai bulan Januari lalu,” terang Jonny, Manajer PT SMI di Jakarta (18/8). “Pemegang Kymco Inggris sewa pabrik di Indonesia. Kalau dalam tiga tahun bagus, mau investasi lagi bikin pabrik,” lanjut Jonny.

Dan, rencanya mereka akan mulai di awal tahun depan, yakni tahun 2017. Dan berikut ada 4 motor yang akan dirakit dan dijual di Indonesia, antara lain :
  •     Kymco Super8 150cc
  •     Kymco KXCT 200cc
  •     Kymco Downtown 250cc
  •     Kymco Exciting 400cc

Dan info dari narasumber saya kemaren adalah untuk beberapa item Kymco dengan cc 250 hingga 400cc sudah nongkrong di Bengkel sekalian partshop daerah Cikarang, namun harganya ya memang lumayan tinggi setara Sport 250cc alias diatas 60 juta. Silahkan memilih mau metik atau sport. Karena pabrikan Jepang untuk matik 250cc sepertinya hanya ada Honda PCX 250 yang keluar dan baru wacana dari Yamaha Nmax 250 juga entah kapan keluarnya.

Sekarang bisa kita review sedikit mengenai beberapa motor kymco yang akan keluar tahun 2017 mendatang. Walaupun segmen pasar Kymco adalah Premium Class alias orang-orang yang berduit dan butuh skuter metik dengan cc aduhai diatas 150cc dan untuk cc kecil sekelas Mio atau honda Beat sepertinya tidak akan diproduksi oleh kymco.

Inilah 4 motor terbaru dari Kymco yang akan dikeluarkan mulai 2017 mendatang dan dirakit di Cikarang.

Kymco Xciting400i
Kymco Xciting400i
Kymco Xciting400i

Jika mengikuti spesifikasi versi Eropa, skutik 399 cc ini memiliki tenaga sebesar 35 dk/7.500 rpm. Sementara rem ABS-nya menggunakan milik Bosch.
Spion di stang gak cocok utk motor premium.

Kymco Downtown 250 cc
Kymco Downtown 250 cc.
Kymco Downtown 250 cc.

Modelnya memakai Kymco Downtown 350 cc namun bermesin 250 cc. Jadi jangan heran kalau gak nemu di webnya Kymco hehe. Kapasitas diturunkan agar dapat nilai jual yang terjangkau dari sisi pajak kendaraan. Katanya harganya akan diusahakan tak lebih dari Rp. 68 juta untuk tipe ini..

Kymco KXCT 200cc
Kymco KXCT 200cc
Kymco KXCT 200cc

Mesin ini disebut Jonny, manajer PT Smart Motor Indonesia, pemegang merek Kymco di Indonesia adalah mesin baru. Meski begitu sebenarnya basis mesin ini sudah ada yang pakai. Wah motor apa ya?
Kymco KXCT 200cc
Kymco KXCT 200cc

Kymco 200. Basis modelnya KXCT300 namun dengan mesin 200 cc. Sebenarnya Kymco punya model 200 cc, yakni Downtown 200.  Namun disebut model 200 cc diambil dari K-XCT.

Kymco Super 8 150 cc
Kymco Super 8 150 cc
Kymco Super 8 150 cc

Kymco Super 8 150 cc. Detail skutik 150 cc ini masih belum jelas jika nanti masuk ke Tanah Air. Namun dari penelusuran di dunia maya, pemasok bensinnnya masih karburator dengan cuk elektronik. Ukuran ban 120/70-14 untuk depan dan 120-/80-14 belakang.  Menariknya, disebut bisa menikung hingga 40 derajat.
Di smartmotor.co.id bukan super 8 , tapi Kymco Racing King 150. Di taiwan namanya Kymco racing 150. Tanki bensin bawah dek, artinya bagasi super gede.

Untuk sparepart Kymco memang tidak sebanyak  motor keluaran Jepang, harus indent atau bahkan menggunakan subtitusi merek lainnya.

part subtitusi Kymco Free adalah sebagai berikut.

- Piston bisa menggunakan piston milik honda Vario Techno yang  110
- Stang piston bisa menggunakan milik Honda Vario Techno juga yang 110
- Kampas rem bisa menggunakan milik honda Supra untuk depan
- Kampas belakang juga menggunakan milik honda supra.
- Ban depan belakang untuk Indonesia sepertinya susah menemukan ban dengan ring 10" yang tubeless, alternatif menggunakan ban untuk Vespa dan menggunakan ban dalam.

Selain part diatas kebanyakan menggunakan part original Kymco dan ke bengkel kymco terutama untuk belt dan roller tidak bisa digantikan dengan merek atau subtitusi karena ukurannya yang berbeda dengan motor keluaran Jepang.

Untuk sparepart yang jual online juga sekarang sudah mulai banyak, di tokopedia, bukalapak, OLX, Lazada juga bahkan ada silahkan di cek. Dan ada juga toko online yang spesialis menjaul part dan motor Kymco seperti JuraganKymco.com yang kemaren saya lihat masih ready stok body, headlamp atau beberapa part lainnya. Bahkan motor baru dan second sehat juga ada dijual disana.

Siap menunggu Kymco hadir lagi di Indonesia dan siap menjajal ketangguhannya? Monggo di tunggu aja.

Sumber : Warungsep, Kobayogas, Otomotifnet, JuraganKymco dan berbagai sumber.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
BBM : 53FB5271
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar