Skip to main content

Daftar 31 pabrikan mobil yang wajib recall karena Airbag Takata Bermasalah.

Daftar 31 pabrikan mobil yang wajib recall karena Airbag Takata Bermasalah.

Akhir-akhir ini banyak pabrikan otomotif yang menarik kembali produknya di pasaran karena adanya masalah dengan airbagnya, dan kebanyakan dari mobil yang ditarik adalah menggunakan airbag buatan Takata. Dari seringnya kasus penarikan (recall) produk karena airbag Takata, berikut ini adalah 31 pabrik mobil yang melakukan recall terhadap produksnya dipasaran.

-Acura
-Audi
-BMW
-Cadillac
-Chevrolet
-Chrysler
-Daimler Trucks North America (Sterling Bullet)
-Daimler Vans USA LLC (Sprinter)
-Dodge/Ram
-Ferrari
-Ford
-GMC
-Honda
-Infiniti
-Jaguar
-Jeep
-Land Rover
-Lexus
-Lincoln
-Mazda
-Mercedes-Benz
-Mecury
-Mitsubishi
-Nissan
-Pontiac
-Saab
-Saturn
-Scion
-Subaru
-Toyota
-Volkswagen (VW)

Airbag adalah komponen keselamatan penting yang harusnya ada di tiap mobil. Fungsinya meredam benturan di bagian kepala dengan cara mengembang saat momen tabrakan terjadi.

Namun fitur keselamatan ini ternyata jadi penyebab penarikan terbesar sepanjang sejarah industri otomotif. Airbag keluaran pabrikan Jepang bernama Takata justru pecah dan mengeluarkan material padat saat momen tabrakan.

Masalahnya, airbag dari Jepang ini digunakan di jutaan kendaraan di seluruh dunia dari berbagai merek. Angka ini terus berkembang. Misalnya, pada Mei 2015 lalu Takata mengatakan ada 33 juta kendaraan terinfeksi di AS, setelah sebelumnya mengklaim hanya terdapat pada 14 juta kendaraan saja.

Belasan kematian pun terjadi karena masalah ini. Terakhir, warga Malaysia jadi korbannya saat mengendarai Honda City keluaran 2009.

Pemerintah beberapa negara kemudian meresponnya dengan berbagai hal. Pemerintah Amerika Serikat (AS) melalui National Highway Safety Administration (NHTSA) misalnya, baru-baru ini merilis merek apa saja yang terinfeksi airbag Takata, persis dengan model hingga tahun pembuatannya.

Seluruh data mobil yang terinfeksi dapat diakses di laman safercar.gov. Catatannya, daftar tersebut dapat berubah. "Juga bukan jaminan bahwa setiap kendaraan secara spesifik termasuk atau tidak dari daftar yang harus ditarik (recall)," tulis laman tersebut, diakses Selasa (4/10/2016).

Di Indonesia sendiri sudah ada tiga merek yang mengumumkan penarikan karena juga menggunakan airbag dari Takata. Ketiganya adalah Toyota, Honda, dan Nissan.
Sumber: http://otomotif.liputan6.com/read/2617544/31-merek-mobil-yang-terinfeksi-airbag-takata-wajib-recall
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
BBM : 53FB5271
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar