--> Skip to main content

Memilih mobil tua sedan hatchback. Suzuki Forsa dan Daihatsu Charade.

membandingkan Suzuki Forsa vs Daihatsu Charade
Membandingkan Suzuki Forsa vs Daihatsu Charade
 Membeli mobil tua memang tidak semudah membeli mobil baru, terlebih jika usia mobil sudah diatas 20 tahun. Kondisi body dan mesin juga menjadi point penting yang harus di perhatikan dan penting untuk di cek. Mencari informasi mengenai spesifikasi dan kelengkapan dari mobil tua juga mungkin hanya sebagian orang saja yang mengerti karena dijamannya tidak banyak yang mempunyai mobil ini juga.

Artikel saya kali ini akan memberikan informasi mengenai pilihan ketika membeli mobil tua sedan hatcback dari Daihatsu Charade dan Suzuki Forsa yang sekarang mempunyai rentang harga yang sama. Tidak masuk pilihan kepada Toyota Starlet kotak walaupun sama-sama hatcback keluaran tahun 80 juta karena harganya diatas Ceret (baca: Charade) dan Suzuki Forsa.


Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari group Motuba (Mobil Tua Bangka) dalam memilih sedan Hatchback seperti Charade dan Forsa wajib mengentahui dulu spesifikasi masing-masingnya karena mempunyai plus minus yang berbeda keduanya. Walaupun bentuknya mirip-mirip tapi secara spesifikanya dan kelengkapannya berbeda juga terutama untuk sektor mesinnya.

Silahkan dibaca dulu beberapa point penting sebelum membeli mobil tua Daihatsu Charade atau Suzuki Forsa.

– Suzuki Forza mesin nya sma dengan carry 4 silinder secara kertas mungkin harusnya lebih mumpuni dibandingkan Charade.
– Daihatsu Charade mesin ada yang 3 silinder dan mirip dengan Hijet 1000 dan ada yang tipe Winner atau Classy yang sudah mengunakan yang menggunakan Turbo juga bisa menjadi kekuatan tambahan dibandingkan dengan Forsa.
– Forsa yang GLX,sudah mempunyai kelengkapan powerwindow,central lock,electric mirror.
– Charade juga mempunyai lengkapan yang sama dengan Forsa dalam hal Powerstering, Power window, central lock.
-Secara sparepart keduanya memang masih mudah ditemukan diberbagai daerah dengan harga yang murah.
– Perbedaan antara Charade Turbon dan non Turbo terletak pada bagian dalam mesinnya, dan Turbonya juga masih konvensional. Turbo ini terpasang pada type mesin G11 dan G100 de tomaso.
– Untuk informasi mengenai Daihatsu Charade bisa bergabung di group facebook Charade G10 Indonesia.


– Suzuki Forsa & Daihatsu Charade sparepartnya gampang dan terjangkau harganya. Masih banyak di toko sparepart daerah-daerah juga bahkan jika bergabung dengan group facebooknya bisa memebeli part dan aksesoris secara online.
– Untuk Daihatsu Charade antara Turbo dan non Turbo terl banyak beda di bagian komponen dalem mesin nya.
mesin turbo pada Charade
mesin turbo pada Charade


– Jika mau lebih besar dalam ukuran mesin silahkan ambil SF410 atau Forsa yang sudah 4 silinder, karena Charade atau G11 hanya menggunakan 3 silinder kecuali yang Winner sudah 4 silinder 1300c.
– Caharade Cx ada yg 1.3. peralihan ke winner. Ada yg bilang winner banci
Cx tamat di 1989, 1990 sudah winner PW dan PS.

Masih platform cx dengan embel-embel Winner. Bedanya dari gen cx 87-89 1.0 . mesin sudah 1300cc 4silinder, power steering,power window,wiper belakang, stoplamp beda, lampu sein depan lebih panjang. Bisa dibilang versi hatchbacknya classy
Charade yg 1000 ( G10, CS, CX ) sparepart hampir sama dng Zebra 1.0.
Charade cx, body sudah kapsul dan kaki2 sudah sama dengan classy/winner
Charade ama Forsa beda2 tipis aja soal perawatan, spare part ama konsumsi bbmnya. Tinggal selera bentuk exteriornya aja lebih sreg yg mana, trus cari yg sehat terawat biar gak nyesek miaranya.
Klau ada dana lebih ambil starlet, dana pas2an ambil forsa dan klau dana minim ambil charade. Pilih yang kondisi sehat ga ada pr, harga mengikuti kondisi.
Baca juga :  Aksesoris Jeep Suzuki Jimny

Gimana om bro? Cari yang rapi, kalau bisa seperti ini.
Daihatsu Charade Hijau Rapih mulus
Daihatsu Charade Hijau Rapih mulus

Daihatsu Charade Rapih mulus
Daihatsu Charade Rapih mulus

Charade putih
Charade putih
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar