Skip to main content

Lebih mudah mana seting Timing Chain atau Timing Belt?

Hello om bro,
ketemu lagi nih saya postingan saya, hampir 2 minggu ga update artikel di IndoBlazer. Dan untuk kali ini saya kembali menyampaikan artikel mengenai cara seting timing belt dan timing chain. Dari kedua jenis timing ini mana yang lebih murah, type Chain/rantai atau type belt.

Untuk Blazer sendiri menggunakan jenis Belt dan untuk Chevrolet terbaru seperti Spin dan Captiva menggunakan jenis Chain. Nah mengenai susah atau gampangnya memasang dan seting dua jens timing ini mungkin tulisan dari juragan Panorama Motor ini bisa kita jadikan ilmu tambahan dalam seting Timing pada mobil kita.
Seting timing chain vs timing belt

Setting top timing chain atau timing belt yg lebih mudah? Jawab nya jauh lebuh mudah timing belt..topnya jelas ada batas ulir nya...timing chain? Banyak parameter yg harus diperhatikan mulai dari posisi garis batas atas noken as "in" dan batas bawah noken as "ex" singkron dengan kruk as bagian bawah ada tanda di beberapa bagian tapi absurd,entah kenapa di desain sedemikian,maybe biar kita banyak kerjaan aja wkwkwkw..

motor pakai timing chain ga seribet ini, seharusnya pakai sst ( spesial tools) tapi beres sekalipun belum tentu punya..hanya beberapa saja yg punya alat ini. Salah atau meleset sedikit,imbas nya stater awal panjang,mesin kasar,miss fire dll...kita sekalipun yg sudah berkali2 turun mesin kadang masih dibikin keki saat setting timing chain.


Nah, dari tulisan diatas bisa disimpulkan, bahwa seting timing menggunakan belt lebih gampang dibandingkan menggunakan chain, artinya Blazer ini sebenarnya lebih gampang di bandingkan dari generasi selanjutnya seperti Captiva.

Mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua selaku pecinta mobil tua dan senang oprek sendiri dirumah.

Salam 6000 RPM.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar