Skip to main content

Bedanya motor SOHC dan DOHC menurut cewe

Motor keluaran terbaru sekarang mempunyai 2 jenis mesin. Ada yang menggunakan mesin SOHC dan menggunakan mesin DOHC. Dan kadang cewe ga ngerti bedanya mesin SOHC dan DOHC tersebut. Bahkan salah satu status cewe cantik ini menjadi Viral gara-gara mendeskripsikan mesin SOHC dan DOHC dari lampu motor.

Bedanya motor SOHC dan DOHC menurut cewe

Menurut cewe cantik ini, SOHC itu lampunya pasti nyala satu soalnya single jadi yang nyala lampunya satu dan satu arus aliran lampu. Kalo DOHC ternyata nyala lampunya dua keren ya soalnya dari mesin double pasti artinya dua berarti dua lampu sekaligus. Kalo single SOHC mungkin aliran listrik mesinnya hanya satu jadi masuk ke satu lampu saja. Pantesan dari lampu kita tau jenis mesinnya.

Ah sebagai pengertian yang benernya ya om bro, ngutip dari blog Anangcozz.com

DOHC adalah Double Over Head Camshaft, dan SOHC adalah Single Over Head Camshaft. Dari singkatan tadi bisa disimpulkan  perbedaan DOHC dan SOHC adalah pada jumlah camshaft (noken as) yang ada pada head cylinder. Camshaft adalah batang silinder yang berfungsi untuk mengatur timing buka tutup katup (klep) masuk bahan bakar dan katup keluarnya gas buang. Mesin DOHC memiliki dua camshaft sedangkan SOHC hanya satu camshaft.

SOHC
Mesin SOHC hanya memiliki satu camshaft (noken as) yang berada ditengah head cylinder, sehingga mesin hanya memiliki 2 katup saja. Satu katup untuk mengatur bahan bakar masuk dan satu lagi mengatur keluarnya gas buang. Pengaturan buka tutup katup digerakkan oleh rocker arm yang terhubung langsung dengan camshaft. Motor yang menggunakan mesin jenis ini banyak sekali terutama pada motor ber cc kecil seperti matik, dan cub. Pada motor sport antara lain: Verza 150, Byson, V-ixion, Megapro, Gixxer.

DOHC
Pada mesin DOHC dalam satu piston memiliki dua camshaft di head cylinder. Masing masing camshaft ini menggerakkan langsung 2 katup. Dimana 2 katup mengatur masuknya bahan bakar dan 2 katup lainnya mengatur keluarnya gas buang. Dengan jumlah klep dua kali lebih banyak (2 klep masuk dan 2 klep keluar) power yang dihasilkan otomatis lebih besar, karena penyaluran bahan bakar ke mesin dan penyaluran gas buang ke knalpot lebih besar. Motor yang menggunakan mesin jenis ini antara lain: CB150R, Satria FU150, YZF-R25, Ninja 250FI.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar