Skip to main content

Frequenly asked question / Pertanyaan seputar Flushing Mesin.

Frequenly asked question / Pertanyaan seputar Flushing Mesin.
Flusing banyak dijadikan orang sebagai sarana untuk membersihkan ruang mesin tanpa harus membongkar dalam mesin. Dan banyak cairan Flushing yang beredar dipasaran dengan harga terjangkau. Bahkan ada juga yang menggunakan Solar sebagai cairan flusing.

Nah dibawah ini adalah pertanyaapertanyaan seputar flusing mesin diesel dan bensin yang saya ambil dari postingan owner Panorama Motor om Hikmat Ginanjar.

1.apa itu flushing bilas?
Ini adalah metode cleaning internal mesin diesel commonrail tanpa OH

2.apa kelebihan flushing bilas?
Mampu mengurangi sluge oli dengan signifikan dan meningkatkan kinerja mesin dan meringankan load kerja mesin dr sebelumnya,dan konsumsi bbm lbh hemat dr sebelumnya dikarenakan semua komponen dalam, bekerja dengan optimal

3.apakah cukup hanya dengan memasukan aditiktif flushing mesin biasa tanpa bilas?
Tidak,adiktif flushing bertujuan melunakan kerak dan menghancurkan sluge dalam bongkahan besar yg tersirkulasi,menjadi butiran halus,tidak akan bs bersih optimal jika hanya mengandalkan adiktif saja,pembilasan adalah absolute diharuskan untuk pembersihan yg lbh optimal

4.apakah semua jenis adiktif flushing engine bisa digunakan?
Bisa iya bisa tidak,yg perlu diperhatikan adalah kapasitas oli dalam mesin,jika memiliki kapasitas 6liter dibutuhkan adiktif flushing oli berkapasitas besar setidaknha kemasan 500ML dan sebaiknya yg non acid / asam, yg berakibat pada melar2 nya seal2 karet,gunakan adiktif yg ramah terhadap material2 karet..dan biasanya adimtif jenis2 ini bukan lah adiktif yg murah,as we all knew, onok rego onok rai...

5.bisa sejernih apa setelah dilakukan flushing bilas?
Oli diesel pada umunya baru dituang sudah langsung menghitam ini mengindikasin banyaknya kandungan sluge asam karbon pembakaran yg terlarut dalam oli sebelumnya,jika pembilasa sudah dilakukan maka oli akan tetap jernih dan tidak labgsung berubah menjadi hitam,melain kan berubah warna akan bertahap sebelum akhirnya menjadi hitam,biasanya perubahan warna oli akan mulai berubah setelah 500km sampai 1000km itupun tidak menghitam tapi abu2 dan tidak kental.

6.apa keuntungan flushing bilas?
Load engine lbh ringan bbm lbh hemat dr sebelumnya,kotoran di ring piston akan berkurang( tergantung adiktif flushing yg digunakan) sehingga indikasi gentong alias oenyebab kompresi drop bs diminimalisir,yah drod OH ngerogoh dompetnya sampe dengkul.

7.apa semua worshop bs melakukan fkushing bilas?
Maybe yes maybe no, masing2 workshop memiiki metode berbeda2 dalam ritual flushing bilas.

9.audah melakukan flushing bilas tapi oli cepat menghitam dan performa tetap drop?
Pada mesin ber standar emisi euro 5 sumber sluge dan asam karbon tidak hanya dr hasil oembakaran saja, sistem EGR atau sirkulasi ulang gas buang yg mencapai 60% kembali di sirkulasi ke mesin menjadi salah satu penyumbang terbesar particulan asam karbon,maka sebaiknya selain fkushing bilas baiknya dilakukan cleaning juga pada sistem aliran udara terutama,intake,intercoller,pcv valve,turbo,egr dan sejalurnya,untuk meminimalisir tumoukan particulat asam karbon diruang mesin.

10 .. sadar ga klo FAQ nomer 8 ga ada?
不不不不不

11. Mudah kan miara diesel commonrail euro 4 dan 5?
Ga sehoror itu kok....

Info lanjutan bs dikonsultasikan langsung ke klinik harapan gentong
PRM
Chevy spesialis
Jalan raya puspitek,pamulang tangerang selatan.

Mudah-mudahan berguna dan bisa dijadikan sebagai acuan ketika flusing mesin mobil anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar