Ciri-ciri master kopling rusak dan Cara buang angin kopling bawah Blazer.

Pengalaman saya paling berkesan dengan Blazer adalah saat master kopling saya bocor. Sejak mau berangkat sudah telihat ciri-ciri bahwa master kopling saya bermasalah. Terlihat dengan adanya rembesan atau tetesan minyak kopling di bagian bawah boster rem. Awalnya sih saya ga begitu curiga ketika melihatnya, hanya menambahkan minyak kopling mengambil dari minyak rem karena sama jenisnya.

Sampai suatu saat kok kopling susah masuknya, kopling di kocok-kocok juga selalu kosong langsung menyalakan lampu hazard dan menepi. Stop mesin dan coba masuk persneling, bisa. Tapi saat mesin meyala persneling ga bisa masuk. Walah, master kopling bermasalah.

Kondisi di tol Cipali, masih jauh dari tujuan ke Cikarang. Bawa bayi juga. Akhirnya dengan nekatnya saya masukan gigi 2, stater dan nyala langsung jalan pelan. Sampai bisa keluar tol saja deh pikir saya, dan benar saya sampe keluar tol karawang barat dengan jalan pelan di bahu jalan. Keluar tol saya minta tolong teman dari Blazerian Indonesia Chapter AKRAB (Antara Karawang Bekasi) untuk tarik Blazer saya kerumah kerabat. Alhamdulillah sampe dan tukeran mobil dulu sama om saya pake Terano.

Dengan adanya problem yang saya share diatas maka dapat saya informasikan bahwa salah satu ciri-ciri dari masalah pada master kopling ditandai dengan adanya rembesan karena bocornya seal master kopling bawah. Untuk seal master kopling bawah juga bisa menggunakan alternatif seal dari Isuzu Panther. Tahunnya lupa, tapi sepertinya sama semua. Bawa saja sealnya dan tunjukan ke bengkel atau toko sparepart mobil.

Tapi setelah ganti seal tentu ada udara yang terbelenggu didalamnya dan harus dibuang. Biasanya orang bengkel bilangnya buang angin kopling.

Ciri-ciri master kopling rusak dan Cara buang angin kopling bawah Blazer.
Cara baung angina master kopling bawah blazer.

Cara buang angin master kopling bawah Blazer adalah dengan cara membuka baut seperti yang ditunjuk oleh pulpen (lihat gambar) dengan menggunakan kunci L5. Buka pelan sampe sedikit mengalir. Nah untuk hal ini jangan di injak, biarkan mengalir saja dulu, lalu tutup dan injak nanti ada sedikit jarak empuknya kopling kita. Tapi menurut dosen Forum Blazer Indonesia bahwa  seting kopling empuk seperti ini tidak disarankan oleh pabrikan, dan ini hanya sesuai request customer saja.

Mudah-mudahan cerita problem saja ini bisa bermanfaat dan sedikit tips yang saya tulis juga mempunyai manfaat untuk kita selaku pengguna Blazer di Indonesia.

Sumber gambar dari trouble shoot dari Forum Blazer Indonesia (group FB).

Tambahan info, untuk harga master kopling juga bermacam-macam. Ada yang Master kopling copotan atau second biasanya diharga 700-800 ribuan / set. Ada master kopling KW bermerek Topran dikisaran harga 1,5 juta/set, atau KW rakitan sekitar 1 jutaan. Untuk master kopling ori GM set kisaran harga 2 jutaan itupun sedikit susah carinya dan yang jualnya.

Salam 1 aspal.

Bantu support klik ya om..



0 Response to "Ciri-ciri master kopling rusak dan Cara buang angin kopling bawah Blazer."

Post a Comment

- [Order part dan aksesoris Blazer 081382239343 / D9CCCDD7]-
Untuk berdiskusi sehat, Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar.
Terima kasih.
Admin Indoblazer