--> Skip to main content

Alamakjam... di Stasiun ini tunanetra disuruh nabrak tiang dan pagar.

 
tanda jalur tunanetra di stasiun Cakung terhalang Tiang dan Pagar

Disetiap tempat umum sekarang sudah banyak yang menyediakan jalur untuk tunanetra dan kekurangan dengan tanda lantai bermotif jalur kuning. Biasanya jalanan seperti ini ada di trotoar, terminal, stasiun sampai bandara. Karena tujuannya memang untuk mempermudah jalur tuna netra agar tidak menabrak atau menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Namun ada yang salah dengan jalur tuna netra di Stasiun Cakung ini. Jalur kuning yang harusnya bebas halangan dan rintangan tapi ini malah terpotong oleh tiang dan pagar.

tanda jalur tunanetra di stasiun Cakung terhalang Tiang dan Pagar
Apakah kaum tuna netra harus nabrak tiang dan nabrak pagar?

Foto diatas memang beredar di group KRL Mania, bahkan komentar-komentar dari member pun banyak yang menyayangkan hal tersebut. Misalnya saja akun dengan nama Untung Rohwadi "Idealnya memang blind Path itu tidak Ada penghalang, tiang, pot bunga, dll. Tapi juga sangat tergantung dg sikon. Mungkin sebaiknya pembangunan stasiun dari awal harus di rencanakan".

Chairul gunawan : "Jadi gini mas mas semua nih ya..

Disini sy netral nih.

Masnya yg pd komen kontra dgn TS gk salah komen klian jg sesuai acuan,

Si TS jg gk salah komplen bgini.

Pada dasarnya garis pandu tuna netra itu gk boleh ada penghalang. Seperti terpotong tiang apa lagi ke blok oleh pager.

Dan memang pemasangan blok pandu disini juga sedikit rancu alias membingungkan. Kenapa sy bilang membingungkan.

Kalau memang blok titik2/bulet adalah blok pandu yg berarti hati2 atau stop sebaiknya harus ada pula blok garis (jalan) bersandingi di samping blok pandu titik2 apa lagi itu di peron. Yg area cukup bahaya bagi tuna netra jd dia bisa paham posisi dia yg lbh aman untuk berjalan itu di posisi yang mana.

Ada yang bilang ah di cakung langsung di pandu pkd kok skrng blablabla..

Mas coba silahkan ke bojonggede, di bojonggede itu pnp tuna netra sangat banyak di jam sibuk hampir selalu ada. Dan mereka terbiasa berjalan sendiri di peron bahkan kadang sampai gate.

Ya gunanya blok pemandu itu juga memberikan edukasi/pelayanan. Percumah dipasang kalau ujung2nya mereka selalu di pandu dan ketika di pandu tidak melalui blok pemandu".

Zapra zapra : "sy jg sering naik trn dr cakung,sy pernh lihat ada tuna netra berjlan tapi langsung ko pkd nya cekatan langsung di tuntun,".

Ya mudah-mudahan segera diperbaiki dengan jalur yang benar oleh pihak terkait. Jangan sampe jadi viral dulu baru baru ada action.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar