Modifikasi motor trail. Shock belakang menggunakan shock depan, Aman ga ya?

Ada-ada saja kreatifitas orang Indonesia salam memodifikasi sebuah motor. Dari yang biasa hingga yang extrim selalu saja ada dan menjadi viral ketika di share di media sosial. Salah satunya adalah modifikasi motor trail yang memasang shock depan bebek sebagai shock belakang. Entaha bagaimana bisa terpikirkan hal tersebut, bahkan menurutnya dan menurut saja juga ini adalah pertama kali di Indonesia.

 
Modifikasi motor trail. Shock belakang menggunakan shock depan, Aman ga ya?
Modifikasi Shock Belakang Motor Trail.
 
Dilihat dari gambarnya sih yang digunakan ini adalah shock depan dari motor bebek karena ukurannya yang pendek. Bagian atas dipasang dengan cara di pasangkan kebagian rangka dan bagian bawah shock dipasangkan ke bagian arm. Entah bagaimana cara pasangnya apakah menggunakan baut atau las. Kalau menggunakan las tentu rawan sekali untuk patah las-annya saat jalan karena tidak kuat untuk meredam getarannya terlebih kalau motornya dipakai untuk main lumpur. Bagian atas harusnya ditambah dengan bushing ke rangka dan bawah juga mungkin harusnya menggunakan bushing ke dudukan shock di armnya. Jadi dibuat mirip dengan gerak shock pada umumnya, harus bisa gerak shocknya.
 
Tidak ada video yang beredar saat sedang dipakai, sehingga kita tidak bisa menilai kekuatan dari shock tersebut. Dan untuk saya pribadi menghargai sebuah kreatifitas dalam modifikasi motor seperti diatas, Namun akan lebih lengkap jika memperhatikan juga tentang keamanan dan keselamatannya.
Modifikasi motor trail. Shock belakang menggunakan shock depan, Aman ga ya?
Modifikasi Shock Belakang Motor Trail.
Nah sekarang membahas mengenai aman atau tidaknya dari modifikasi shock depan yang digunakan sebagai shock belakang. Jika kita menilai dari gambar, saya sendiri berbicara bahwa itu tidak aman dan akan lebih aman jika dibuat seperti yang saya sarankan di paragraf sebelumnya yakni dibuat bushing untuk atas bawahnya agar gerakan dari shocknya tetap normal seperti umumnya.
 
Kalau menurut anda bagaimana om bro?
Artikel terkait, silahkan dibaca :

Comments

Informasi Penting

Aksesoris

Modifikasi

Tips

Bengkel