Bayar pajak di Indomaret. Bisa! Ini syaratnya.

bayar pajak di Indomart
Bayar pajak di Indomart
Pembayaran pajak kendaraan bermotor selama ini yang kita ketahui adalah di samsat daerah. Atau kalaupun bisa di samsat keliling secara konvensional. 

Namun untuk beberapa daerah sekarang sudah mulai menerapkan pembayaran pajak di kantor-kantor bank daerahnya. Seperti untuk Jawa Barat bisa bayar pajak di Bank Jabar Banten. Bahkan konsep bayar pajak juga dipermudah dengan dibukanya layakan bayar pajak di toko online seperti Bukalapak, Alfamart, Indomaret, Tokopedia dan lainnya.
 

Terobosan dari pemerintah

 
Namun tahun kemarin ada sebuah terobosan baru dari Pemda Jawa Barat bahwa bayar pajak bisa di Minimarket Indomaret. Hal ini bertujuan agar memperdekat jarak pembayar pajak, tidak perlu antri untuk bayar pajak. Karena selama ini yang menjadikan malas untuk bayar pajak selain karena uangnya tidak ada adalah karena antrinya yang panjang. Belum lagi ditambah dengan calo.

Sebuah pengalaman membayar pajak kendaraan bermotor di indomaret adalah Galih Burhanudin di group bekakas (https://www.facebook.com/groups/270426516427834/permalink/1455787684558372/). 
 

Syarat bayar pajak di Indomart

 
Dalam pengalaman tersebut menyebutkan untuk membayar pajak di Indomaret hanya menunjukan stnk asli dan ktp lalu membayarnya. Dan dalam 30 hari kedepan bisa mengambil cetak stnk di kantor samsat manapun, di Samsat Induk, Outlet, Drive-Thru, atau Samsat keliling.

Terobosan ini memang bagus untuk meminimalisir terjadinya antrian di kantor samsat. Namun tetap mempunyai potensi antrian Panjang ketika proses cetak stnk, tapi akan lebih cepat prosesnya dibandingkan dengan proses membayar pajak hingga cetakan STNK selesai.

Pembayaran pajak di Bank daerah juga sama saja prosedurnya tinggal membawa stnk dan ktp yang sesuai dengan nama yang tertera di STNK. Hanya saja untuk bank daerah sepertinya bias langsung cetak STNK di kantor Bank nya, jadi tidak usah kembali ke Samsat untuk cetak STNK lagi.
 

Langkah-langkah pembayaran pajak di Indomaret.

 
Untuk langkah-langkah pembayaran pajak di Indomaret yang saya kutip dari kumparan https://kumparan.com/@kumparanoto/cepat-mana-bayar-pajak-langsung-atau-via-indomaret-seperti-di-jabar-1546594979392195636
 
Pertama pemilik kendaran perlu terlebih dahulu mengunduh Sambara.

Baru kemudian setelah itu, buka aplikasinya dan menuju ke menu info PKB (Pajak Kendaraan Bermotor). Di sini pemilik kendaraan hanya tinggal memasukkan kombinasi angka dan huruf, sesuai yang tertera di Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), dan tekan ‘Cari’.
 
langkah-langkah menggunakan aplikasi Sambara
langkah-langkah menggunakan aplikasi Sambara
 
Kemudian akan muncul tampilan informasi terkait kendaraan yang akan kita bayarkan, termasuk besaran pajaknya.

Kedua, tengok ke sisi paling bawah ponsel, ada tulisan ‘Lanjut Daftar Online’ dan terdapat pilihan Ya atau Tidak. Bila ingin membayar PKB tentu pilih Ya.

Ketiga, adalah melakukan pendaftaran online. Pada halaman ini terdapat dua kolom, untuk mengisi nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP) pada bagian atas, dan di kolom bawahnya diisi Nomor Rangka (lima digit terakhir), kemudian langsung tekan ‘Proses’.

Keempat, setelah itu akan muncul kode pembayaran pada layar. Dan itulah yang nantinya akan ditunjukkan kepada kasir Alfamart atau Indomaret buat pembayaran. Bisa juga melalui Bukalapak dan Tokopedia, atau ATM BJB.
 
Kode Bayar pajak Aplikasi Sambara
Kode Bayar pajak Aplikasi Sambara
 
Mekanismenya dengan menggunakan Kode Bayar yang didapatkan dari aplikasi Sambara & Sipolin, lalu kode bayar tersebut di bawa ke Alfamart, Indomaret untuk dilakukan proses pembayaran PKB,” kata Wadirlantas Polda Jabar AKBP Faizal, Jumat (4/1/2019).

Kelima, setelah melakukan pembayaran, maka pemilik kendaraan bakal mendapat bukti pembayaran. Dan itulah yang nantinya dibawa untuk melakukan pengesahan STNK. Artinya pemilik kendaraan mesti kembali lagi ke Samsat untuk mendapatkan pengesahan STNK.
Untuk melakukan pengesahan STNK tahunan bisa dilakukan di semua layanan Samsat Provinsi Jabar (Samsat Induk, Outlet, Drive-Thru, Samling dll), layanan Samsat Teller Bank BJB dan Polsek Jajaran, terdapat 44 Polsek.
Artikel terkait, silahkan dibaca :

Comments

Informasi Penting

Aksesoris

Modifikasi

Tips

Bengkel