--> Skip to main content

Suka duka memelihara mobil tua. Citroen GS

Suka duka memelihara mobil tua. Citroen GS
Mesin Citroen GS
Memelihara mobil tua memang mempunya sensasi sendiri, sedikit banyak akan mengerti luar dalam dan penanganan semua kendala yang dialami mobilnya. Sudah tidak adanya bengkel atau showroom tidak membuat pemiliknya putus asa untuk tetap bisa menikmati perjalanan dan kenyamanannya.

Salah satunya adalah mobil Citroen GS milik salah satu member motuba, mbah Budi yantoro. Beliau menuliskan dalam postingan di group motuba membeberkan kisahnya memelihara mobil citroen GS.  Cekidot..
Citroen punya cerita

Bagaimana kami bertahan
Merawat sebuah mobil tua yang yatim piatu(ga ada dealer/atom) butuh perjuangan agar fungsi dan kenyamanannya dpt kita rasakan. Tiap orang beda perlakuan, ada yg nuntut orisinalitas, ada juga yg penting jalan. Nahh ini gambaran bagaimana sebuah citroen GS bertahan
1. Mesin. Saya pertahankan aslinya, boxer engine air/oil cooled system. Kalo pun nanti jebol yaa diikilo n swap jepangan.
2. Rutin ganti oli. Biasa pake mesran murah meriah. Berhubung susah dpt Total 5000 ato elf. Filter oli purflux(murah), ga dapet yaa blazer GM, innova ato sakura.
3. Karburator. Aslinya weber, ganti kijang plug n play..
3. Alternator, ganti jepangan, pake ex futura jeroan xenia. Gak pake cut out lagi. Simple
4. Pompa bensin. Ganti pake rotax futura/TS120...aslinya masih nempel buat cadangan.
5. koil pake gtcoil aja murah meriah awet
6. oli hidrolik. Usahakan LHM spaya awet suspensi. Kalo gak ada yaa Turalik, oli 10..daruratnya minyak goreng.
7. Busi. pake busi champion C6y ato setara(15-20 rb sebiji). Kabel busi bikin sendiri coz ada 2 yg panjangnya hampir 1 m :D
8. Delco, 2 versi platina dan TCi. Pake yg TCi awet, rusak modul kanibal punya BX.
9. Selang selang...maaf saya pake selang kebon buat sementahun (dah 6 tahun)
10. Rutin dipakai. 
 Dan tambahan, turun mesin bukan hal tabu di motuba. Kalo saatnya overhaul yaa lakukan.

Intinya sih, mobil tua juga kalau dirawat sesuai waktu yang dianjurkan akan enak dan ga nyusahin. Saatnya ganti oli ya ganti, saatnya ganti busi ya ganti. Jangan karena melihat fisik maaih bagus ga diganti akhirnya pincang dijalan baru pusing kenapa mobilnya mogokan..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar