Skip to main content

Hati-hati shock palsu atau KW.

Hati-hati shock palsu atau KW.
Hati-hati shock palsu atau KW.
Dunia modifikasi tanah air tidak pernah sepi, selalu ada saja model dan cara untuk merubah tampilan kendaraan standarnya. Minimal modifikasi menggunakan stiker sehingga terlihat beda dan keren dari motor lainnya.

Salah satu modifikasi yang paling banyak saya lihat adalah mengganti shock bawaan pabrik dengan yang aftermarket, apapun mereknya dengan model warna warni dan berbagai bentuk.

Untuk motor standar memang biasanya kondisi shocknya juga sudah bagus, tapi karena penampilan standar motor ya gitu-gitu aja akhirnya ingin ganti dengan yang warna warni, model tabung dengan merek yang beraneka ragam dan dengan harga yang bermacam-macam. Mulai dari yang KW hingga original bermerek yang harganya bisa menyamai harga motornya itu sendiri.

Padahal, untuk shock bawaan pabrik sudah pasti lulus uji kelayakan sebelum dipasarkan. Ada test RND untuk kenyamanan dan keselamatan berkendara juga. Ada uji kelayakan berdasarkan bobot motor dan bobot maksimal yang sesuai typenya.

Berbeda dengan aftermarket, walaupun merek terkenal tentu analisa kelayakannya berbeda dengan pabrikan motornya. Apalagi sekarang banyak beredar shock aftermarket yang modelnya keren-keren dengan merek yang aneh-aneh.

Merek-merek lokal hingga yang import sekarang dengan mudah didapatkan, harga pun bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan.

Tapi awas, tingginya minat terhadap shock aftermarket menjadikan banyaknya juga model-model yang bagus ternyata di jiplak dengan merek yang sama alias dibuat versi murahnya alias barang KW model mirip dan stiker merek saja.

Contohnya adalah shock merek Ohlins yang harga aslinya muahal banget ternyata banyak versi KW nya yang berharga murah. Hal ini tentu menjadi pilihan bagi orang-orang yang mementingkan penampilan saja, sedangkan untuk masalah safetynya kurang. Dan yang penting ini menjadi pilihan bagi yang mempunyai isi dompetnya tipis.

Salah satu contoh akibat menggunakan shock KW adalah seperti foto diatas. Kejadian hanya mengandalkan modelnya keren tapi ternyata bisa patah, terpisah antara shock as dengan pernya.

Hal ini sangat berbahaya jika kejadian pas sedang riding atau jalan. Bisa menimbulkan kecelakaan dijalan raya. Dan kerugiannya juga belum tentuk dirasakan sendiri, bisa jadi merugikan orang lain.

Mulai sekarang, lebih baik pakai yang original saja tapi terjamin kualitasnya daripada menggunakan merek yang KW dan keselamatan hidup kita tergadaikan.

Salam safety.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar