--> Skip to main content

Inilah 2 cara untuk memperbaiki atau menghilangkan baret pada kaca mobil.

Mempunyai mobil tentu akan bertemu dengan yang namanya mobil terjemur dan berdebu terlebih debu pada kaca. Ternyata debu pada kaca mobil ini menjadi penyebab dari gores pada kaca apalagi ketika kita dengan tidak sengaja menyenggol panel wipper dan kipas wipper bergerak menyapu kaca mobil. Besar kemungkinan kaca mobil akan tergores. Dengan adanya goresan bisa mengganggu pandangan pengemudi maupun kenyamanan.

Inilah 2 cara untuk memperbaiki atau menghilangkan baret pada kaca mobil.
Mobil terparkir di luar bisa menjadi penyebab kaca mobil tergores

Bagaimana menghilangkan baret tersebut? seperti dikutip dari laman Suzuki, cara yang paling mudah adalah membawanya ke bengkel glass detailing, namun biayanya bisa membuat kantong bolong. Jika dana terbatas, untuk menghilangkan baret kaca mobil bisa dengan 2 cara berikut :

1. Memakai kompon mobil
Kompon bisa Anda beli dengan mudah di bengkel atau toko perlengkapan mobil. Tapi ingat, kita bisa menggunakannya hanya untuk menghilangkan baret yang tergolong ringan saja. Caranya oleskan kompon pada bagian kaca mobil yang baret, kemudian digosok secara perlahan memakai kain lembut.

Satu hal yang harus diingat, penggunaan kompon ini ada kekurangannya. Karena terbuat dari oil based maka bisa menyebabkan kaca menjadi buram ketika terkena air hujan. Namun, hal ini cuma akan berlangsung beberapa hari saja, dan setelahnya kaca mobil akan kembali bersih dan bening.

2. Memakai Cerium Oxide
Cerium Oxide adalah salah satu bubuk poles yang fungsinya adalah untuk membersihkan kaca dan membuatnya semakin mengkilap. Bubuk poles ini ternyata juga bisa kita pakai untuk menghilangkan baret kaca mobil. Caranya, bersihkan bagian kaca mobil yang baret dari debu dan kotoran lain, lalu amplas kaca sampai lapisannya menjadi rata. Yang penting diperhatikan saat mengaplikasikannya adalah pastikan kaca mobil dalam kondisi basah untuk meminimalisir gesekan ketika proses pengamplasan kaca. Setelahnya, bersihkan kaca dan tunggu sampai kondisi kaca mengering.

Selanjutnya adalah pembuatan campuran poles kaca yang terdiri dari Cerium Oxide yang sudah dicampur dengan air sampai bentuknya tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer. Bagian pinggiran kaca sebaiknya dikasih alas koran terlebih dahulu supaya tidak terkena campuran ini. Setelahnya, poles kaca yang baret memakai campuran ini dengan alat pemoles atau kain yang lembut. Gosokkan sedikit ditekan supaya cairan bisa masuk ke dalam kaca dan mengikis baret atau goresan, lalu bersihkan sisa cairan poles tersebut dengan kain lembut dan bersih.

Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai ketika kita memoles ternyata malah membuat baretan pada kaca semakin bertambah, usahakan memolesnya dengan hati-hati.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar