Skip to main content

Bikin motor irit dengan memperhatikan 4 hal berikut.

Konsumsi bahan bakar motor standar dari pabrikannya bisa mencapai 45km bahkan lebih untuk per 1 liternya. Namun banyak juga pengguna yang merasakan motornya lebih boros daripada milik temannya atau orang lain padahal sama-sama kondisi standar. Misalnya sama-sama motor yamaha mio atau sama-sama motor honda beat.
penyebab motor metik menjadi boros
motor Yamaha Nmax Boros

Sebenarnya ada banyak hal yang menyebabkan konsumsi bensin motor kita berbeda dengan motor orang lain. Entah dari kondisi motornya atau dari cara berkendaranya yang berbeda. Karena secara standar pabrikan, setingan konsumsi BBM setiap motor selalu sama mengikuti kubikasi dari mesin motornya itu sendiri.

Dibawah ini akan saya sebutkan hal-hal yang menyebabkan motor kita terasa lebih boros dibandingkan dengan motor orang lain :

1. Tekanan angin ban
Apabila tekanan ban kurang, maka roda akan lebih berat untuk berputar. Dan otomatis, tenaga yang dibutuhkan menjadi lebih besar, yang berujung pada bertambahnya pemakaian bensin. Hal ini sebenarnya bisa kita rasakan secara langsung saat membawa motor, karena motor terasa lebih berat dari normalnya dan harus dalam menarik gas agar laju motor lencar. Sering-seringlah cek tekanan angin dari ban kita. Selain membuat boros, ban motor yang kempes juga membuat ban menjadi lebih cepat rusak.
2. Pelumas mesin
Gunakan pelumas sesuai anjuran bengkel resmi. Jika memilih memakai oli yang lebih murah, efeknya bisa membuat putaran mesin lebih berat. Ujung-ujungnya, konsumsi BBM naik. Perhatikan oli sesuai peruntukannya. Walaupun sekarng banyak beredar informasi tentang oli sesat, yakni menggunakna oli mesin diesel tapi oli yang sesuai dengan jenis mesinnya adalah yang terbaik.
3. Cara berkendara
Buka tutup gas tanpa memperhitungkan jarak, menjadi faktor utama borosnya bahan bakar di skuter matik. Jangan tergoda berakselerasi cepat, karena untuk melakukan itu mesin butuh bensin lebih banyak. Biasanya hal ini disebabkan karena ingin lebih cepat sampai atau kondisi macet yang stop and go.
4. Beban motor
Mengendarai motor beramai-ramai membuat kinerja mesin jadi bertambah. Motor yang kerap membawa beban berat, juga berpotensi boros BBM-nya. Ini seperti grafik garis lurus, semakin berat beban yang dibawa makan semakin boros juga konsumsi bahan bakarnya.

Nah, diatas adalah 4 hal yang menjadi penyebab borosnya konsumsi bensin dari motor metik kamu.

Jangan lupa share dimedia sosial kamu jika dirasakan informasi mengenal hal-hal penyebab motor metik menjadi lebih boros. Agar teman-teman kalian juga mengetahui hal ini.
Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar