Skip to main content

Mengenal HLA pada opel chevrolet blazer dan permasalahannya.

HLA pada opel dan Chevrolet Blazer DOHC
HLA pada opel dan Chevrolet Blazer DOHC

HLA adalah salah satu komponen yang berkeja menekan Valve pada saat engine bekerja. HLA kependekan dari Hydraulic Lash Adjuster. Sesuai namanya yang mempunyai sistem kerja tekanan berasal dari Hydrolic. HLA ini letaknya dibawah Camshaft, dan tingkat kerapatannya 0,07-0,15mm. Pengembangan sistem HLA ini untuk mengantikan sistem pelatuk klep sebelumnya yang menyetel secara manual tingkat kerenggangannya.
ada perbedaan fisik pada HLA yang ada di mesin Blazer (lih.gambar) sekarang akan saya bahas satu persatu,
1. Blazer gen 96-99
gen pertama biasanya di tandai oleh bentu HL yang khas dengan sebutan "Mata Belo". Nah HLA pada blazer mata belo mempunyai Lift pegas yang pendek, jarak mainnya sekitar 20mm - 35 mm(max). ini cukup pendek dibandingkan gen 2. tetapi mempunyai diamter luar yang sama dengan gen 2. tetapi bagian center main nya lebih lebar dari gen 2(maaf belum sempat ukur diameternya.pada saat di bongkar ada beberapa bagian yaitu :
body HLA - Center main- spring- ball bearing
cukup sulit membongkarnya, bila tidak biasa mungkin kita perlu bawa ke bengkel teknik.
2. Blazer gen 99-06
Si "mata sipit" ini nampaknya mempunyai sedikit perubahan yang baik. pada engine si sipit ini HLA nya sedikit berbeda meski body HLA nya mempunyai diameter yang sama. HLA pada seri ini mempunyai lift pegas sekitar 45-60mm. hampir dua kali lipat dari si Belo, otomatis mempunyai daya redam kejut dan adjust yang lebih baik dari sebelumnya. HLA ini juga di usung oleh engine C20 (ecotech) yang kebetulan menjadi salah satu incaran para maniak FBI. nah isi dari HLA seri ini juga berbeda dengan yang sebelumnya, Body HLA- center main- main spring-secondary spring-ball bearing. ada secondary springnya disana juga center main yang lebih ramping dari sebelumnya.
KESIMPULAN, jadi mana yang lebih bagus???menurut saya untuk daily keduanya sama bagusnya, hanya tingkat responsible nya lebih baik yang lift pendek dari pada yang panjang. kenapa? karena main katup buka dan tutupnya lebih cepat dari pada yang panjang. tetapi dari sisi kehalusan suara lebih baik yang panjang, masalah FC saya kira hampir sama atau nyaris minim perubahan. jadi itu lah kelebihan dan kekurangan masing masing... 
salam semoga bermanfaat..

Bernard ,Gas Work's
Sumber : https://m.facebook.com/groups/482219841833728?view=permalink&id=1073629542692752
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar