Skip to main content

Mengenal filter oli mobil dan aneka jenis filter oli alternatif untuk Blazer.

Filter oli adalah sparepart consumable yang harus rutin di ganti mengikuti waktu ganti oli mesin dan biasanya 2 kali ganti oli mesin harus ganti filter olinya. Karena secara spesifikasi dari filter oli hanya bisa berfungsi secara maksimal di rentang jarak 5000-10000 km. Itulah alasan kenapa setiap 2x ganti oli mesin harus ganti filter oli.

Pelumasan mesin yang menjadi kunci utama daya tahan mesin sangat membutuhkan penyaring berkualitas bagus dan itu adalah salah satu fungsi paling penting untuk menjaga kualitas mesin kita. Bisa dibayangkan pelumas yang 'jalan-jalan' dari bak penampung alias karter oli hingga ke dinding piston, pastinya membawa kotoran seperti deposit sisa pembakaran hingga partikel logam mesin yang ikut terbawa ke karter oli.

Oli yang bekerja didalam mesin memiliki suhu tinggi saat mesin bekerja juga memberikan kontribusi endapan kotoran. Tak heran bila filter oli hanya memiliki masa pakai 10.000 km atau 500 jam kerja lewat dari itu, kemampuan filter oli tak bisa diandalkan lagi karena kotoran yang berhasil disaring sudah terlalu banyak.

Kemampuan menyaring pelumas sangat ditentukan dari besarnya elemen penyaring.
Semakin besar mesin dan pemakaian oli yang dikonsumsi, biasanya filter oli juga berdimensi besar. Sebaliknya bila pelumas yang digunakan hanya sedikit, besar filter oli juga kecil.
 
Filter oli mempunyai bagian2 yang terdiri dari metal end gap, spiral centre tub, pleated paper & adhesive. Bagian penting dari filter oli adalah kertas filter/penyaring…!!!

Bagian-bagian pada filter oli mesin
Bagian-bagian pada filter oli mesin

Mesin menggunakan sistem pelumasan bertekanan untuk mendistribusikan oli ke bagian yang bergerak. Yang ini adalah tugasnya pompa oli. Pompa oli dapat menghasilkan tekanan hingga 500 Psi sedangkan mesin hanya butuh 40-60 Psi untuk proses pelumasan & dapat meningkat menjadi 80-100 Psi untuk pendinginan.

Masalah-masalah yang muncul pada filter oli


Filter oli yang bekerja bukan berarti tidak mempunyai masalah yang akan kita hadapi. Dibawah ini adalah beberapa hal yang menjadi masalah pada filter oli mesin :

  • Excessive sludge, hal ini diakibatkan oleh kotoran yang tertahan sehingga menyebabkan tersumbatnya filter oli, bahan tambahan oli (detergent/aditif) dapat menyebabkan kotoran mesin terkuras & melekat pada filter oli.
  • Pembengkakan pada filter oli, filter oli didesain tahan menahan tekanan hingga 5 kali daripada tekanan normal pada sistem pelumasan. Pembengkakan terjadi karena pressure regulating valve tidak berfungsi sehingga filter menggelembung.
  • Exploded filters, filter meledak karena terbaliknya pemasangan saluran kembali oli ke dan dari filter ke housing.
  • Collapsed filters, filter terlipat karena tersumbatnya media oleh kotoran atau tidak berfungsinya by-pass valve.

Tips mengganti filter oli.


Ketika ingin mengganti filter oli, jangan lupa oleskan oli pada packing filter oli yang baru. Pastikan kondisi seal packing filter oli dalam kondisi baik (tidak putus, tidak melejit ato bergeser)..

Setiap pabrikan mobil juga mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda untuk menggunakan filter oli untuk mobilnya. Walaupun mempunyai bentuk yang sama tapi karakteristik dari setiap filter oli pasti berbeda, dari materialnya, ukuran filternya berapa mikron dan ulir lubang filternya. Nah ini yang harus kita ketahui speknya untuk mencari persamaan filter oli. Misalnya filter oli untuk mobil toyota bisa menggunakan merek apa, atau untuk mobil honda apakah bisa dipakai di mobil Daihatsu dan seterusnya.

Bahkan saat ini banyak  merek-merek EOM juga harus kita ketahui speknya apakah sesuai dengan mobil kita, hal ini untuk mengetahui merek apa saja yang cocok di mobil kita. Bisa juga untuk alternatif pilihan ketika kita tidak menemukan filter oli Originalnya.

Dibawah ini adalah aneka filter oli original dan alternatif brand untuk opel chevrolet blazer :





 
 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar