Skip to main content

Fungsi Vital Sandaran Kepala pada Jok Mobil

Hello om bro, Sandaran kepala pada jok mobil atau head restrain yang banyak diketahui selama ini adalah berfungsi untuk sandaran kepala saat pengemudi terlalu lelah berkendara. Selain itu,  bisa juga digunakan sebagai tempat untuk perangkat audio atau monitor yang bisa dilihat dari belakang.


Fungsi Vital Sandaran Kepala pada Jok Mobil
Sandaran pada jok mobil

Padahal, sandaran kepala tersebut mempunyai fungsi yang sangat vital, yakni sebagai penahan leher saat terjadi kecelakaan. Terutama kecelakaan yang disebabkan kendaraan ditabrak dari arah belakang.
Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi menjelaskan, selama ini head restrain atau yang sering disebut headrest untuk menyangga bagian leher dan kepala agar tidak mengalami cedera parah.

Hal ini karena saat terjadi tabrakan atau benturan kepala akan terpengaruh daya dorong.

“Saat terjadi benturan, headrest ini berfungsi untuk menahan leher agar tidak mengalami cedera parah,” kata Anjar belum lama ini kepada Kompas.com.

Anjar menambahkan, dengan adanya headrest maka saat terjadi benturan dan ada daya dorong leher bisa lebih aman.

Hal ini karena ada penahan di belakangnya sehingga dampak dari terjadinya benturan bisa dikurangi atau diminimalisir.

“Kalau jok tidak ada sandarannya bisa tulang leher patah karena terjadi benturan. Cedera pada leher ini akibatnya cukup fatal, bisa cacat seumur hidup atau bahkan meninggal dunia,” ucapnya.

Hal yang sama disampaikan oleh Director Training The Real Driving Center, Marcell Kurniawan. Marcell menambahkan, saat terjadi tabrakan dari belakang atau kendaraan ditabrak dari belakang kepala akan terlempar ke belakang.

“Pada kondisi ini leher bisa mengalami whiplash,” ujarnya.

Whiplash adalah suatu cedera leher di mana leher dipaksa menjulur terlalu jauh ke belakang lalu secara cepat maju ke depan.

Whiplash
Whiplash, patah leher kerena guncangan pada kepala. image from SpineUniverse

Selain itu, Marcell menambahkan, adanya benturan juga bisa berakibat tulang leher mengalami dislokasi.

Untuk itu, Marcell pun menyarankan agar keberadaan headrest atau sandaran kepala pada jok mobil jangan dilepas. Hal ini karena saat sandaran kepala dilepas maka akibatnya bisa fatal bahkan sampai pada kematian.

“Ya jangan sampai dilepas, akibatnya akan bisa sangat fatal,” ucapnya.

Hal lainnya yang harus diperhatikan adalah memasang sabuk pengaman saat mengemudi atau sebagai penumpang, karena jelas manfaatnya mencegah benturan keras saat ada guncangan dari sisi luar mobil.

Manfaat lainnya adalah bisa sebagai alat untuk memecahkan kaca mobil jika dalam kondisi darurat.

sumber : otomotif.kompas.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar